3 Skill Utama dalam Mengelola Uang

1
819
3 Skill Utama dalam Mengelola Uang

Kemampuan mengelola keuangan adalah hal penting agar kita bisa mencapai tujuan keuangan. Tanpa pengelolaan keuangan yang baik, kita cenderung bisa menghabiskan berapapun uang yang kita miliki ataupun mengalokasikan uang secara tidak optimal. Lalu apa saja skill utama dalam mengelola keuangan yang penting untuk kita miliki?

1. Menghasilkan Uang

Dalam mengelola keuangan, tentunya kamu membutuhkan skill menghasilkan uang terlebih dahulu. Menghasilkan uang bisa dengan bekerja, berwirausaha, freelance, ataupun profesi lainnya yang dapat menjadi pemasukan untukmu. Besarnya pemasukan dan pengeluaran bisa menjadi tolak ukur kesehatan keuangan kamu, termasuk menentukan porsi pengeluaran yang seimbang dengan pemasukan kamu.

Kamu bisa membuat laporan arus kas pribadi secara sederhana. Caranya adalah dengan rutin mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap harinya. Kamu bisa kurangkan pemasukanmu dengan pengeluaran yang dicatat secara rutin itu. Jika masih ada dana yang tersisa, uang tersebut bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan lain. Jika pengeluaranmu lebih besar dari pemasukan, kamu bisa mulai menentukan skala prioritas pada pengeluaran. Tentukan mana yang penting dan mana yang bisa ditunda.

2. Punya Tujuan

Rencana keuangan butuh tujuan. Tujuan inilah yang memberikan jalan dan cara untuk kamu mencapainya. Dengan tujuan keuangan berbeda, maka perencanaan keuangannya juga bisa berbeda. Begitu pula dengan profil risiko dan portofolio investasinya. Nah, kamu juga bisa menentukan tujuan keuangan untuk jangka waktu yang lebih panjang. Misalnya kamu berencana menikah dengan pasangan. Kamu bisa tentukan jangka waktu yang dibutuhkan untuk mewujudkan itu semua. Dengan adanya tujuan tersebut, kamu akan terdorong untuk menyisihkan dan itu membuat kamu lebih disiplin dan mawas diri.

3. Berinvestasi

Menabung memang penting, namun tidak ada orang yang kaya hanya karena menabung. Menabung saja membuat uangmu tidur dan tidak produktif, bahkan terus berkurang nilainya karena inflasi. Hampir setiap orang yang mampu mengelola keuangan dan memiliki dana berlebih akan menginvestasikan uangnya agar uangnya itu menghasilkan uang lagi.

Perlu dicatat, setiap orang memiliki profil risiko investasi yang berbeda sehingga instrumennya juga akan berbeda. Ketahui profil risiko kamu sebelum berinvestasi. Kamu bisa lihat bahwa hasil investasi jauh lebih tinggi dibandingkan jika uangnya hanya kamu tabung.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.