Peer to Peer Lending Artinya: Definisi, Cara Kerja hingga Contoh Perhitungannya

0
952
Peer to Peer Lending Artinya

Peer to peer lending artinya peminjam mengajukan permohonan pinjaman kepada pemberi pinjaman yang kemudian akan meninjau dan menentukan apakah permohonan tersebut diterima atau ditolak. 

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail tentang apa itu peer to peer lending. Termasuk definisi, cara kerja contoh perhitungan keuntungannya. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

Apa itu Peer to Peer (P2P) Lending?

Peer to peer lending adalah sistem pinjam-meminjam uang yang dilakukan langsung antara si pemberi pinjaman dan pemohon (peminjam) tanpa melalui perantara. Perantara tersebut bisa berbentuk bank atau lembaga keuangan lainnya. 

Dalam sistem ini, pemberi pinjaman bisa berupa individu atau perusahaan yang memberikan pinjaman kepada peminjam yang juga bisa berupa individu ataupun perusahaan. 

P2P lending memungkinkan pemberi pinjaman untuk mendapatkan bunga yang lebih tinggi daripada deposito bank sementara. Peminjam juga dapat mendapatkan bunga yang lebih rendah ketimbang kredit bank.

Bagaimana Cara Kerja P2P Lending?

Cara kerja P2P lending sangat sederhana, mulai dari awal pemohon melakukan permohonan pinjaman, melakukan proses verifikasi, hingga dana cair ke rekening pemohon. Sebagai gambaran, begini alur dan cara kerja fintech P2P lending di Indonesia. 

  • Seorang peminjam mengajukan permohonan pinjaman melalui platform P2P lending.
  • Platform P2P lending melakukan verifikasi data peminjam dan menilai kualitas pinjaman.
  • Setelah lolos verifikasi dan diterima, platform P2P lending akan menawarkan pinjaman kepada investor yang terdaftar di platform tersebut. 
  • Pemberi pinjaman dapat memilih untuk berinvestasi pada pinjaman yang mereka inginkan. Dengan menentukan jumlah yang ingin diinvestasikan dan tingkat suku bunga sesuai keinginan.
  • Platform P2P lending menyalurkan dana yang dikumpulkan dari para pemberi pinjaman kepada peminjam.
  • Peminjam membayar kembali pinjaman dalam jangka waktu yang ditentukan. Dengan suku bunga yang telah ditentukan oleh pemberi pinjaman.
  • Pemberi pinjaman menerima pembayaran bunga dari peminjam sesuai dengan tingkat suku bunga yang ditentukan saat berinvestasi.
  • Platform P2P lending mengambil komisi dari pemberi pinjaman dan peminjam untuk biaya operasional.

Satu hal yang perlu Anda garis bawahi adalah selalu ada risiko dalam berinvestasi dan melakukan pinjaman. Maka dari itu, sebelum melakukan aktivitas tersebut, Anda harus melakukan riset dan memperhatikan regulasi yang berlaku. 

Pemilihan platform P2P lending pun harus di tempat yang terpercaya seperti Akseleran. Sehingga Anda terhindar dari risiko gagal bayar dan yang lainnya. 

Apa Keunggulan Sistem P2P Lending?

Sistem Peer to Peer (P2P) lending menawarkan berbagai keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi para peminjam dan pemberi pinjaman. Berikut beberapa kelebihan P2P lending jika dibandingkan dibandingkan sistem pinjaman lainnya:

  • Suku Bunga Rendah

P2P lending memungkinkan pemberi pinjaman dan peminjam untuk menentukan tingkat suku bunga sendiri. Sehingga dapat menghasilkan suku bunga yang lebih rendah daripada dengan pinjaman lainnya. Suku bunga P2P lending cenderung lebih kecil dan lebih fleksibel. 

  • Biaya yang Lebih Rendah

Karena tidak ada perantara seperti bank, biaya yang dibutuhkan untuk meminjam atau memberikan pinjaman melalui P2P lending cenderung lebih rendah dibandingkan dengan pinjaman lainnya.

  • Diversifikasi Investasi

Pemberi pinjaman dapat menyebar risiko dengan menyalurkan dana ke berbagai peminjam. Hal ini tentu saja mengurangi risiko kegagalan pinjaman.

  • Transparansi yang Lebih Tinggi

P2P lending menyediakan informasi lengkap tentang peminjam dan proyek pinjaman yang akan mereka biayai.  Ini memungkinkan pemberi pinjaman dapat membuat keputusan investasi yang lebih informatif.

  • Pilihan yang Lebih Luas

Peminjam memiliki lebih banyak pilihan dari berbagai pemberi pinjaman. Mereka dapat memilih pinjaman yang paling cocok dengan kebutuhan.

Dengan menghilangkan perantara seperti bank, P2P lending dapat menawarkan suku bunga yang lebih rendah dan biaya yang lebih rendah. Serta memberikan akses yang lebih mudah dan pilihan yang lebih luas bagi para peminjam dan pemberi pinjaman. 

Simulasi Perhitungan P2P Lending

Simulasi perhitungan P2P lending meliputi beberapa faktor seperti jumlah pinjaman, jangka waktu pinjaman, dan tingkat suku bunga. 

Untuk menghitung jumlah pembayaran per bulan dan jumlah pembayaran total, kita dapat menggunakan rumus sebagai berikut:

  • Jumlah pembayaran per bulan = Jumlah pinjaman x (Tingkat suku bunga per bulan)
  • Jumlah pembayaran total = Jumlah pembayaran per bulan x Jangka waktu pinjaman (dalam bulan)

Sebagai contoh, katakanlah seorang peminjam ingin meminjam sebesar Rp10.000.000 dengan jangka waktu pinjaman selama 12 bulan. Platform P2P lending menawarkan tingkat suku bunga sebesar 10% per tahun. Berikut ini adalah simulasi perhitungan P2P lending:

  • Jumlah pinjaman: Rp10.000.000
  • Jangka waktu pinjaman: 12 bulan
  • Tingkat suku bunga: 10% per tahun (atau 0.833% per bulan)
  • Jumlah pembayaran bunga per bulan: Rp10.000.000 x (0.833/100) = Rp83.333
  • Jumlah pembayaran total: Rp83.333 x 12 bulan = Rp1.000.000

Jadi, dalam contoh kasus ini, peminjam harus membayar bunga Rp83.333 per bulan selama 12 bulan atau Rp1.000.000 totalnya. Pemberi pinjaman akan menerima bunga sebesar Rp1.000.000 (10% dari jumlah pinjaman) selama jangka waktu pinjaman. 

Platform P2P lending akan mengambil komisi dari pemberi pinjaman dan peminjam untuk biaya operasional. Namun ini hanyalah simulasi dan suku bunga yang ditawarkan dapat berbeda-beda di tiap platform dan setiap negara.

Akseleran Sebagai Platform Peer to Peer Lending Tepercaya

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi atau meminjam melalui platform P2P lending, sangat penting untuk melakukan riset dan membandingkan berbagai platform yang tersedia untuk menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Akseleran adalah solusi untuk Anda bisa melakukan transaksi yang aman dan tepercaya. Karena platform menggunakan asuransi kredit yang melindungi hingga 99% dari pokok pinjaman tertunggak. Tak hanya itu, Akseleran juga punya agunan di lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya. 

Akseleran bisa jadi penghubung antara pemberi pinjaman dengan peminjam secara langsung. Pemberi pinjaman dapat menentukan tingkat suku bunga yang diinginkan, sementara peminjam dapat memilih dari berbagai pilihan pinjaman yang tersedia. 

Adanya fitur Auto Lending dari Akseleran membuat proses pinjaman lebih hemat waktu dengan hasil yang optimal. Fitur ini bisa memberikan pinjaman secara otomatis untuk memudahkan lender tanpa harus menghabiskan waktu dalam mencari peluang pemberian pinjaman yang sesuai preferensi. 

Satu hal yang terpenting adalah penting untuk mencari peer to peer lending OJK. Akseleran saat ini telah resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sebagai: Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 77/POJK.01/2016.

Kesimpulan

Secara garis besar, peer to peer lending artinya sebuah sistem yang menghubungkan peminjam dengan pemberi pinjaman secara langsung, tanpa perantara seperti bank. Namun ingat, Anda harus memilih P2P lending yang sudah berizin OJK agar terbebas dari risiko gagal bayar dan lainnya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].