Etika Berkomunikasi yang Wajib Diketahui

0
327
Etika Berkomunikasi yang Wajib Diketahui

Berkomunikasi adalah kegiatan yang pasti kita lakukan setiap harinya. Interaksi yang melibatkan dua orang atau lebih ini seringkali tidak lagi diperhatikan karena sudah dianggap sebagai hal yang biasa dilakukan. Padahal, kita harus tetap memperhatikan etika berkomunikasi agar tidak menyinggung pihak lain. Supaya komunikasi berjalan dengan lancar, coba terapkan beberapa tips berikut ini.

1. Fokus

Kita harus fokus memperhatikan lawan bicara kita agar tidak terjadi miskomunikasi, kita harus dengarkan dengan seksama dan jangan pernah memotong pembicaraan.

2. Body Language

Gestur tubuh salah satu cara untuk menunjukan perasaan lawan bicara. Dengan gestur tubuh kita bisa melihat apakah lawan bicara kita nyaman dengan pembahasan atau tidak. Ekspresi sangat diperlukan ketika berbicara dengan lawan agar dinilai tertarik dengan pembicaraan.

3. Tidak Mendominasi

Berbicara bersifat dua arah maka dari itu kita harus menjauhkan fokus pada diri sendiri di tengah pembicaraan. Kita harus menanyakan kepada lawan bicara mulai dari perasaanya bagaimana dan perhatian lainnya.

4. Perhatikan Tata Bahasa

Tata bahasa merupakan hal yang perlu diperhatikan, bicara dengan teman sebaya dengan orang yang lebih tua sudah pasti berbeda tata bahasanya. Dengan ini sopan santun dan etika yang kita miliki akan membuat lawan komunikasi menjadi lebih nyaman dan merasa dihormati.

5. Intonasi Jelas

Untuk menghindari miskomunikasi kita harus berbicara dengan intonasi yang jelas, pendengar pun akan merasa tidak kesulitan untuk berbicara dengan kita. Intonasi yang menyenangkan ketika berkomunikasi akan membuat komunikasimu menjadi lebih baik.

 Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut