Berapa Biaya yang Diperlukan untuk Membesarkan Anak?

0
548
Berapa Biaya yang Diperlukan untuk Membesarkan Anak?

Jagat maya dalam negeri baru-baru ini diramaikan dengan kontroversi childfree yang dicetuskan oleh seorang Youtuber yang memutuskan untuk tidak memiliki anak. Ini merupakan isu yang sensitif sehingga menuai pro kontra netizen. Pada dasarnya, setiap orang berhak memutuskan apakah mereka ingin memiliki keturunan atau tidak. Ketika kita memutuskan untuk memiliki seorang anak, pastikan bahwa kita sanggup memberikan penghidupan yang layak bagi mereka. Lalu, berapa sebenarnya biaya yang diperlukan untuk melahirkan dan membesarkan seorang anak?

Dilansir dari Washington Post, riset dari Brookings Institution, sebuah economic think tank di Amerika Serikat, pernah menghitung bahwa sebuah keluarga di Amerika Serikat akan menghabiskan $310,605 (sekitar Rp4,7 miliar) dari mulai seorang bayi dilahirkan hingga dia berumur 18 tahun. Biaya ini tentu akan berubah tergantung besaran penghasilan keluarga dan lokasi di mana mereka tinggal. Ini berarti sebuah keluarga akan menghabiskan rata-rata sekitar $17,000 (Rp256 juta) per tahun untuk satu orang anak. Estimasi biaya ini mencakup housing, biaya pendidikan, biaya makanan, biaya transportasi, kesehatan, pakaian dan biaya lain-lain.

Untuk mempersiapkan masa depan sang buah hati, sebenarnya ada dua biaya penting yang harus kita persiapkan, yaitu biaya melahirkan dan biaya pendidikan. Sebagai gambaran, biaya melahirkan di Jakarta dan kota besar lainnya berkisar di angka Rp5 juta hingga Rp23 juta dengan asumsi melahirkan normal. Sementara untuk kelahiran yang membutuhkan tindakan tertentu seperti operasi Cesar misalnya, rata-rata membutuhkan biaya sekitar Rp10 juta sampai Rp48 juta. Untuk biaya yang satu ini kamu bisa memanfaatkan fasilitas BPJS Kesehatan agar bisa menghemat biaya.

Sementara untuk dana pendidikan, setiap tahun terdapat kenaikan biaya pendidikan sekitar 10%. Sebagai contoh, biaya masuk Taman Kanak-Kanak (TK) swasta di Jakarta saat ini berkisar di angka Rp9 juta. Jika si anak saat ini berusia 1 tahun, maka biaya yang dibutuhkan untuk masuk ke TK tersebut mencapai Rp11,7 juta di 3 tahun mendatang.  Biaya pendidikan memang menjadi biaya yang terbesar dalam menjaga keberlangsungan tumbuh kembang anak, oleh karena itu kita perlu mempersiapkannya dari jauh-jauh hari. Kamu bisa mulai mencari tahu biaya sekolah yang menjadi preferensi di daerah masing-masing untuk mendapat harganya dengan memperkirakan kenaikan harga di masa yang akan datang. 

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut