Panduan Lengkap Menjelajahi Eropa dengan Anggaran Terbatas

0
224
Panduan Lengkap Menjelajahi Eropa dengan Anggaran Terbatas

Eropa adalah benua yang kaya akan sejarah, budaya, dan keindahan alam yang menakjubkan. Menjelajahi Eropa bisa menjadi impian banyak orang, tetapi seringkali dianggap sebagai perjalanan mewah yang memerlukan anggaran besar. Namun, dengan perencanaan yang matang dan tips hemat, kamu dapat menjelajahi Eropa dengan anggaran terbatas dan tetap mengalami pengalaman yang tak terlupakan.

Rencanakan Perjalanan dengan Cermat

Langkah pertama untuk menjelajahi Eropa dengan anggaran terbatas adalah merencanakan perjalanan dengan cermat. Tentukan tujuan dan durasi perjalanan, serta daftar tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi. Cari tahu tentang waktu terbaik untuk mengunjungi setiap tempat, termasuk cuaca dan festival-festival khusus yang mungkin berlangsung. Selain itu, hindari musim liburan atau musim tinggi untuk menghindari harga yang lebih tinggi.

Pilih Transportasi yang Ekonomis

Transportasi sering menjadi salah satu biaya terbesar dalam perjalanan ke Eropa. Untuk menghemat uang, pertimbangkan untuk menggunakan penerbangan berbiaya rendah atau mencari tiket pesawat dengan diskon. Selain itu, pertimbangkan juga menggunakan kereta api atau bus untuk perjalanan antar kota, karena seringkali lebih murah daripada penerbangan. Selama di kota, manfaatkan transportasi umum seperti metro atau bus daripada menggunakan taksi.

Pilih Akomodasi yang Terjangkau

Akomodasi adalah salah satu aspek perjalanan yang dapat menguras anggaran dengan cepat. Untuk menghemat uang, pertimbangkan untuk menginap di hostel atau apartemen sewaan daripada hotel berbintang. Hostel biasanya lebih terjangkau dan bisa menjadi kesempatan untuk bertemu dengan para backpacker dari seluruh dunia. Selain itu, pilih akomodasi yang dekat dengan pusat kota atau tempat wisata utama agar menghemat biaya transportasi.

Manfaatkan Makanan Lokal dan Pasar

Mengunjungi restoran mewah setiap kali makan bisa menjadi beban besar bagi anggaran perjalanan. Coba manfaatkan makanan lokal, seperti makanan jajanan dan makanan dari pedagang pinggir jalan, yang seringkali lebih murah dan menggugah selera. Selain itu, cari pasar lokal di setiap kota yang kamu kunjungi untuk membeli makanan segar dan makanan ringan dengan harga yang terjangkau.

Kunjungi Tempat Wisata Gratis atau Murah

Eropa memiliki banyak tempat wisata yang gratis atau dengan harga masuk yang terjangkau. Manfaatkan kesempatan untuk mengunjungi museum, galeri seni, dan monumen bersejarah yang menawarkan hari-hari tertentu dengan harga masuk gratis atau diskon. Selain itu, jelajahi juga taman-taman dan area hijau yang indah, serta nikmati pemandangan kota yang menakjubkan dari atas bukit atau menara dengan harga yang terjangkau.

Gunakan Kartu Wisata atau City Pass

Beberapa kota di Eropa menawarkan kartu wisata atau city pass yang memberikan akses ke berbagai tempat wisata dan transportasi umum dengan harga yang lebih terjangkau. Kartu semacam ini biasanya mencakup museum, galeri seni, taman hiburan, dan penggunaan transportasi umum. Pertimbangkan untuk membeli kartu ini sebelum perjalanan atau setibanya di kota tujuan.

Tetapkan Anggaran Harian

Agar lebih disiplin dalam pengeluaran, tetapkan anggaran harian selama perjalanan. Usahakan untuk tidak melebihi batas anggaran yang sudah ditentukan, dan catat pengeluaran harian untuk memastikan kamu tetap dalam kendali. Mengatur anggaran secara bijaksana akan membantu menghindari kelebihan pengeluaran yang tidak terduga.

TERUS IKUTI PERKEMBANGAN IPO GRUP AKSELERAN

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut