Optimalkan Profil LinkedIn agar Dilirik oleh Recruiter

0
150
Optimalkan Profil LinkedIn agar Dilirik oleh Recruiter

Di zaman serba canggih ini sudah menjadi hal yang lumrah bagi masyarakat untuk menggunakan platform internet untuk memperluas jaringan dan mencari lowongan kerja, salah satunya melalui platform Linkedin.

Tak hanya sekadar platform untuk mencari pekerjaan, LinkedIn juga memberikan keuntungan lain bagi penggunanya,seperti dapat terhubung secara global dengan pengguna lain dari seluruh dunia, update tren yang sedang terjadi dan juga untuk menambah skill penggunanya.

Saat ini banyak recruiter menggunakan LinkedIn sebagai salah satu platform untuk mendapatkan talent yang dibutuhkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk melengkapi profil LinkedIn-mu agar dapat menarik perhatian recruiter.

Pada dasarnya, kamu harus mengisi semua bagian yang ada di dalam profil untuk mengoptimalkan profil Linkedin mu. Hal ini berguna untuk memudahkan recruiter agar lebih mudah menemukanmu apabila kamu cocok dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar profil mu lebih optimal.

1. Headline

Headline merupakan ringkasan yang berisi mengenai diri kita saat ini.  Buatlah headline profilmu dengan efektif dan informatif. Hal ini cukup penting mengingat headline merupakan bagian yang pertama kali dilihat oleh recruiter sebelum melihat bagian yang lainnya.

2. Summary

Selanjutnya, kamu dapat menuliskan summary yang menarik perhatian recruiter. Summary di sini menjelaskan mengenai personality-mu, apa saja yang telah kamu capai selama ini, serta informasi lainnya yang menonjolkan kualitas dirimu. Gunakan keyword yang berkaitan dengan industri agar masuk di dalam pencarian recruiter.

3. Foto profil

Untuk foto profil, kamu dapat memasang foto yang profesional namun masih terlihat casual untuk memberi impresi yang baik pada recruiter. Hindari memasang foto selfie, pas foto, ataupun foto beramai-ramai. Melalui foto profil, recruiter bisa melihat seberapa profesionalkah kamu dalam pekerjaan.

4. Riwayat pendidikan

Mengisi riwayat pendidikan juga bagian yang tak kalah penting dengan bagian lainnya. Tuliskan nama universitas mu, jurusan dan tahun lulus dengan detail dan akurat. Jika kamu saat ini masih menjalani kuliah, kamu bisa menuliskan nama universitas dan perkiraan tahun lulus. Namun jika kamu masih menduduki bangku SMA, kamu dapat menuliskan nama sekolahmu saat ini.

Jangan lupa menuliskan pengalaman organisasi, magang, atau proyek saat kuliah, di dalam profil LinkedIn. Pengalaman tersebut dapat menjadi nilai plus di mata recruiter.

5. Skill dan portofolio

Cantumkan skill mu selengkap-lengkapnya di profil Linkedin mu agar recruiter dapat mencari skill yang lebih spesifik dalam suatu posisi. Selain itu, apabila kamu mempunyai portfolio kamu dapat mencantumkannya juga. Hal ini akan sangat berguna untuk memberi gambaran recruiter terkait pengalaman dalam proyek yang pernah kamu kerjakan.

6. Mengumpulkan rekomendasi

Salah satu hal terpenting lainnya adalah fitur rekomendasi yang ada di Linkedin. Kamu bisa meminta rekomendasi dari kolega, rekan kerja, teman, atasan atau dosen yang pernah berinteraksi dengan mu. Rekomendasi ini penting agar recruiter dapat melihat kredibilitas mu di mata orang lain

Itu dia tips mengoptimalkan profil LinkedIn. Kamu juga dapat memperluas koneksi baru dan membuat konten yang menarik untuk memperbesar peluang recruiter menemukan profil mu.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut