Apa Saja Fungsi NFC di Ponsel?

0
199
Apa Saja Fungsi NFC di Ponsel?

Mungkin kamu sering melihat fitur NFC yang dipasangkan pada ponsel. NFC sendiri merupakan kependekan dari near field communication, suatu teknologi yang memungkinkan ponselmu berinteraksi dengan sesuatu alat elektronik lain yang dekat. Tidak banyak yang mengetahui bahwa NFC memiliki banyak fungsi tidak sekadar cek dan isi ulang uang elektronik. Ada sejumlah kegunaan lain yang bisa dilakukan. Berikut empat fungsi NFC di ponsel.

1. Transaksi pembayaran

Untuk bisa menggunakan NFC sebagai transaksi pembayaran, kamu memerlukan sebuah aplikasi pembayaran dari Google terlebih dahulu yang biasanya sudah jadi aplikasi bawaan di smartphone-smartphone Android yang beredar. Dari sini, kamu harus melakukan pemindaian dengan mendekatkan smartphone ke perangkat pembayaran, lalu tekan tombol Bayar.

2. Berbagi data dengan Android Beam

Android Beam merupakan fitur yang ada di setiap smartphone Android yang dilengkapi dengan NFC. Fitur ini memungkinkan kita berbagi data, termasuk kontak yang ada di ponsel hanya dengan mendekatkan kedua perangkat untuk berbagi data tersebut.

Ini merupakan teknologi berbagi data yang cukup menyenangkan karena hanya membutuhkan sedikit daya, bahkan tanpa daya sekalipun. Caranya cukup mudah. Tinggal pilih file yang ingin dibagikan, lalu pilih Android Beam sebagai pilihan teknologi pengiriman.

3. Berbagi koneksi WiFi

Kamu juga bisa berbagi koneksi WiFi antar perangkat smartphone hanya dengan mendekatkan kedua perangkat dan melakukan pemindaian. Contoh lainnya, di hotel, kerap menyediakan alat yang disebut sebagai WiFi Porter. 

Nah di sini pengguna smartphone berbasis NFC bisa langsung mengakses WiFi tanpa kata sandi, cukup menempelkan smartphone ke tempat yang disediakan maka WiFi akan otomatis tersambung.

4. Speaker Bluetooth

Menyalakan speaker berbasis bluetooth juga bisa dilakukan dengan NFC di smartphone. Bahkan hanya sekali sentuh. Cara ini diklaim lebih cepat dan tidak melibatkan banyak langkah seperti koneksi bluetooth biasanya.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut