Pentingnya Memiliki Mystery Shopper dalam Bisnis!

0
521
mystery shopper

Dengan evaluasi mystery shopping kinerja karyawan serta operasional bisnis akan menghasilkan hasil yang lebih optimal. Evaluasi tersebut juga dapat dimulai dengan menggunakan jasa seorang mystery shopper atau seseorang yang memiliki peran sebagai konsumen untuk melakukan pembelian barang maupun jasa. 

Identitas dari seorang mystery shopper juga tidak diketahui oleh karyawan kamu yang sedang bertugas, sehingga data evaluasi yang mereka hasilkan juga akan lebih akurat. Selain itu dengan menggunakan mystery shopping ini juga tentu akan membuat bisnis kamu menjadi lebih baik.

Mengapa Mystery Shopping dapat Membuat Bisnis Menjadi Lebih Meningkat?

Meski kamu telah menetapkan aturan atau SOP untuk para karyawan, belum tentu SOP tersebut dijalankan dengan baik. Apabila tidak dijalankan atau diterapkan dengan baik maka kepuasan konsumen tidak akan tercapai. Sebenarnya kamu dapat mengontrol operasional dari bisnismu dengan memastikan apakah SOP tersebut dijalankan dengan baik atau tidak, namun kamu dapat mengevaluasinya menggunakan Mystery Shopper.

Evaluasi dari Mystery Shopper ini adalah hasil yang nyata jika dibandingkan denganmu yang harus terjun langsung untuk mengevaluasinya. Pastinya apabila kita langsung turun untuk melakukan pengawasan kepada para karyawan tentu akan memberikan kinerja ekstra pada mereka. Lain halnya, jika seorang Mystery Shopper yang tidak diketahui identitasnya dan melakukan evaluasinya tentu para karyawan akan memberikan performa keseharian yang lebih tulus dan jujur sehingga dapat dirasakan oleh konsumen.

Kamu dapat menggunakan jasa Mystery Shopper untuk mengetahui apakah customer service dan prosedur komplain bisnismu berjalan dengan baik di berbagai skenario yang bisa dialami oleh seorang konsumen.

Hasil evaluasi yang bisa didapatkan dari seorang Myster Shopper bukanlah hasil observasi individu semata. Seorang Mystery Shopper sudah dibekali dengan pengetahuan terkait perilaku berbelanja konsumen sesuai kategori demografisnya, jadi mereka sudah memahami bagaimana bisnisnya tersebut berjalan lebih optimal.

Memungkinkan Untuk Melakukan Evaluasi Secara Lebih Menyeluruh

Dengan adanya seorang Mystery Shopper, maka segalanya bisa dilakukan evaluasi mulai dari evaluasi kinerja, evaluasi kompetitor hingga evaluasi produk baru secara lebih objektif. Ketika digunakan untuk melihat bagaimana pelayanan bisnis kompetitor, maka kamu akan mendapatkan berbagai data yang nantinya dapat bermanfaat untuk meningkatkan performa bisnis yang lebih baik dibandingkan dari kompetitor lainnya.

Selain itu, Mystery Shopper juga memudahkan kamu untuk melakukan evaluasi produk agar produk tersebut mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan. Mereka juga dapat memberikan insight yang nyata terkait produk atau prosedur baru tersebut.

Baca juga: Ritel: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Mencari Karyawan yang Potensial Hingga Lokasi yang Strategis

Mystery Shopper tersebut tidak hanya mendeteksi apa yang perlu ditingkatkan dari operasional bisnis ritel, namun juga mengenali layanan apa yang telah dilakukannya. Ditengah segala permasalahan dari operasional perusahaan yang membuat layanan pelanggan yang efektif sulit dicapai, sehingga perusahaan perlu memberikan apresiasi bagi karyawan atau lokasi yang berhasil memberikan layanan pelanggan cepat serta efektif.

Penghargaan tersebut dapat memotivasi karyawan di lokasi lainnya untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan setiap harinya. Karenanya dengan data evaluasi yang diberikan oleh Mystery Shopper, kamu dapat mengambil keputusan yang tepat untuk mengoptimalkan bisnis kamu untuk lebih baik lagi. 

Jadi, bagaimana? Apakah kamu sudah mempertimbangkan untuk menggunakan Mystery Shopper?

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]