Ferrari: Sejarah, Model, dan Harga Mobil Sport Mewah dari Italia yang Legendaris

0
2494
Mobil Ferrari

Ferrari merupakan salah satu merek mobil sport mewah dunia yang terkenal dengan kemewahan serta desainnya yang unik dan keren. Mobil Ferrari bagi kalangan tertentu menjadi koleksi mobil mewah, sekaligus untuk keperluan transportasi sehari-hari.

Jika Anda penasaran mengenai salah satu brand supercar terkenal di dunia ini, simak informasi lengkapnya melalui artikel di bawah!

Sejarah Ferrari

Enzo Ferrari merupakan pendiri dari Scuderia Ferrari di akhir tahun 1929. Pendiriannya waktu itu adalah untuk menjadi sponsor bagi beberapa pembalap amatir pada berbagai ajang.

Pada tanggal 16 November 1929 di Blogna, Enzo dengan dua bersaudara Caniato (Agusto Caniato dan Alfredo Caniato), serta Mario Tadini mengadakan makan malam.

Mereka kemudian memutuskan membentuk sebuah tim dengan mobil produksi dari Alfa Romeo. Enzo yang juga merupakan pembalap, kemudian melanjutkan kariernya dengan tim tersebut.

Lalu di tahun 1932, tim Ferrari mencoba ikut balapan besar menggunakan Alfa Romeo 8C 2300 Spiders sejumlah dua unit. Hasil dari perlombaan tersebut juga cukup bagus, karena mendapatkan kemenangan 1-2.

Setelah itu, Enzo pn menjadi manajer bagi beberapa pembalap sekaligus mencari bibit pembalap muda. Lalu Alfa Romeo menjadikan Enzo sebagai manajer divisi balap mereka, “Alfa Corse”.

Di tahun 1939, Enzo kemudian keluar dari Alfa Romeo dan mendirikan perusahaan balap sendiri bernama Auto Avio Costruzioni Ferrari. Ia membangun perusahaan ini menggunakan alat bekas dari Alfa Romeo.

Dia lantas membuat beberapa mobil balap, yaitu mobil Ferrari pertama bernama Tipo 815 (v8 1500cc). Karena adanya Perang Dunia II produksi mobil berhenti dan akhirnya beralih memproduksi suku cadang mobil.

Setelah usai perang, Ferrari membuat mobil baru bernama Tipo 124 (V12, 1500cc) untuk Grand Prix World Championship. Mobil tersebut pun debut di tahun 1948 pada GP Italia dengan pembalap Raymond Sommer dan meraih kemenangan pertamanya.

Dengan sejarah Ferrari yang panjang tersebut, hingga sekarang produk Ferrari telah menempati hati para pencinta mobil sport mewah di dunia.

Lalu, siapa bos Ferrari saat ini? Yang memimpin Ferrari sekarang ini adalah Frederic Vasseur, seorang insinyur ahli aeronautikal dan permesinan asal Prancis.

Baca juga: 10 Daftar Mobil Terlaris hingga Agustus 2022

Mobil-Mobil Ferrari yang Populer di Dunia

Bagi masyarakat awam, mobil Ferrari merah selalu lekat di ingatan untuk menggambarkan merek satu ini. Tidak salah memang, karena produknya di dunia maupun untuk Ferrari Indonesia memang identik dengan warna merah.

Dari sekian banyaknya produk keluaran Ferrari, beberapa tipe berikut cukup populer di dunia, antara lain:

1. Ferrari Portofino

Daripada jenis lainnya, harga mobil Ferrari Portofino termasuk murah, terutama di Indonesia, yaitu sekitar Rp3,09 miliar.

Mesinnya menggunakan V8 90 yang berkapasitas 3855 cc dan tenaga 441 kW pada putaran 7500 rpm.

2. California T

Mobil ini mempunyai atap yang dapat terbuka, sehingga cocok dibawa berlibur sambil merasakan embusan angin di jalan. Harganya dibanderol sekitar Rp8,8 miliar dan memiliki mesin V8 dengan kapasitas 4.297cc dengan tenaga 412 kw di 7.500 rpm.

3. Ferrari 458 Italia

Bagi pecinta supercar yang senang berkendara dalam kecepatan tinggi ketika berkendara, tipe ini dapat menjadi opsi. Ini mengingat kemampuan larinya dapat meningkat dari 0 hingga 100 jam selama 3.4 detik saja. Mesinnya berupa V8 dengan kapasitas 4.499cc dengan tenaga 562 horsepower.

Harga tipe ini berada pada kisaran Rp10,3 miliar.

4. Ferrari 458 Spider

Tipe mobil ini dilengkapi dengan mesin V8 yang kapasitasnya sebesar 4.499cc dan sanggup mengeluarkan tenaga 562 horsepower.

Cukup mirip dengan 485 Italia, bukan?

Namun jenis satu ini juga memiliki teknologi fuel injection dan berbagai teknologi canggih lain untuk meningkatkan performanya. Mobil ini sedikit lebih mahal daripada tipe sebelumnya, yaitu sekitar Rp11,1 miliar per unit.

5. F12 Berlinetta

Dengan harga sekitar Rp12,5 miliar, mobil ini juga menawarkan mesin dengan kekuatan mumpuni. Mesinnya menggunakan V12 dengan kapasitas 6, liter dan dapat mengeluarkan tenaga hinggi 730 horsepower. Bodinya juga bagus karena mengusung bentuk aerodinamis.

6. LaFerrari

Tipe ini merupakan salah satu yang terpopuler dan termasuk ke dalam jajaran paling mahal di dunia. Harga mobil Ferrari ini sekitar USD 1 juta atau setara Rp14 miliaran. Walaupun harganya sudah tinggi, namun berpotensi dapat melambung tinggi juga karena jumlahnya terbatas.

Seperti kebanyakan barang langka di dunia, ketika unitnya terbatas namun memiliki banyak peminat, harga mobil ini bisa melonjak berkali lipat lebih mahal. Apalagi jika menyasar pada kolektor.

Kisaran Harga Mobil Ferrari Terbaru dan Faktor Penentu Harga

Untuk saat ini, kisaran harga mobil Ferrari terbaru cukup beragam, di mana untuk yang paling murah, Anda bisa membeli Ferrari Portofino sekitar Rp3 miliar. Sementara untuk yang tergolong mahal, ada Ferrari 488 GTB yang berharga Rp12,5 miliar serta LaFerrari (Rp14 miliaran). 

Jika melihat beberapa contoh harga dan spesifikasi supercar ini, kebanyakan orang akan menganggap harganya begitu mahal. Namun tentu ada alasan atau faktor yang menentukan harganya bisa semahal itu.

Nah, beberapa alasannya antara lain: 

1. Performa dan Proses Pembuatan Spesial

Anda tentu tahu bahwa pemilik mobil ini biasanya adalah orang-orang dari kelas ekonomi tinggi yang menyukai kendaraan dengan kecepatan super untuk memacu adrenalin. Selain itu supercar juga menjadi pilihan karena memiliki performa dan akselerasi yang bagus.   

Semua hal di atas dapat Anda peroleh karena produsennya menggunakan material, teknologi, hingga proses pembuatan yang spesial.

Berbeda dengan mobil yang diproduksi secara massal menggunakan robot, supercar Ferrari dibuat oleh tangan manusia.

2. Desain

Mobil-mobil mewah ini juga memiliki desain yang unik, keren, dan berbeda dari kebanyakan mobil. Penggunanya bisa terlihat lebih bergaya jika mengendarai Ferrari. Selain itu, desainnya juga menyesuaikan dengan tujuan agar bisa menunjang performa cepat mobil.

3. Eksklusif

Dengan jumlah yang terbatas, sekitar ratusan unik untuk jumlah maksimal, maka ini akan membuat penggunanya memiliki kebanggaan tersendiri. Dengan nilai jual mereknya, maka tidak heran harganya dapat melambung tinggi.

Tips Membeli Ferrari

Sebagai kendaraan mewah dengan harga relatif mahal, maka Anda dapat mempertimbangkan hal-hal berikut sebelum memutuskan membeli supercar ini, yaitu:

1. Kenali Kebutuhan

Jika telah memutuskan membeli merek ini, maka Anda harus memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan, agar bisa mendapatkan fungsinya, Setelah itu lakukan riset untuk menemukan mobil yang tepat.

2. Kumpulkan Informasi

Setelah melakukan riset dan membandingkan kendaraan yang paling cocok, Anda bisa mengunjungi dealer atau showroom untuk melakukan survei mengenai harga, fasilitas, hingga potongan harga, atau diskon jika memungkinkan.

3. Beli Mobil Bekas

Jika ingin menghemat dana, maka membeli supercar bekas bisa menjadi pilihan. Selisih harga yang baru dan bekas pun cukup lumayan, bisa sampai miliaran.

Risiko membeli mobil bekas dari Ferrari juga kecil, karena biasanya pemilik sebelumnya hanya menyimpan atau sesekali menggunakannya.

Kesimpulan

Dengan melihat informasi mengenai Ferrari di atas, Anda tentu sudah tahu dan mampu mengukur kebutuhan dan kemampuan dalam membeli kendaraan ini. Bekas atau baru tidak masalah. Jika berniat membeli yang baru, pertimbangkan juga nilai investasinya, ya!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Akseleran memberikan kesempatan untuk kamu yang ingin membantu mengembangkan bisnis kecil dan menengah di Indonesia. Dapatkan keuntungan dari suku bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan serta perlindungan proteksi asuransi 99% terhadap pinjaman. Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar dan mulailah pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Selain itu, kamu juga bisa melihat info Akseleran sebagai grup usaha di halaman Grup Akseleran.

BLOG100

Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].