5 Faktor Terjadinya Middle Income Trap

0
1831
middle income trap

Middle income trap atau suatu jebakan pendapatan kelas menengah mengacu pada sebuah fenomena dimana ekonomi yang tumbuh dengan cepat mengalami stagnasi pada tingkat pendapatan menengah dan gagal untuk beralih ke tingkat ekonomi berpenghasilan tinggi. Beberapa faktor yang dapat membuat suatu negara jatuh ke dalam jebakan middle income trap yang merugikan.

Lalu, sebenarnya apa sih yang middle income trap itu? Selengkapnya akan kita baha di bawah ini!

Apa Itu Middle Income Trap?

Middle income trap adalah suatu situasi dimana banyak negara dengan pendapatan menengah ke bawah tidak dapat naik ke status negara dengan pendapatan lebih tinggi karena beberapa faktor. Untuk memahami jebakan pendapatan kelas menengah terlebih kamu harus memahami klasifikasi negara sesuai pendapatan per kapita yang sesuai dengan bank dunia. Negara dengan pendapatan per kapita kurang dari USD1.025 – USD3.995 disebut sebagai negara yang dengan penghasilan menengah ke bawah.

Sedangkan, untuk kategori menengah ke atas adalah negara yang pendapatan per kapitanya ada di angka USD3.996 – USD12.375. Middle income trap sendiri adalah sebuah fenomena ekonomi yang hingga saat ini terjadi dimana-mana karena sebuah negara mengalami suatu kondisi stagnasi pada tingkat pendapatan menengah ke bawah dan gagal naik kelas.

Negara dengan pendapatan menengah bisa menjadi kurang kompetitif di sektor industri yang bernilai tambah atau value added industries, contohnya seperti industri manufaktur. Beberapa industri padat karya kemudian akan mulai memindahkan operasinya ke negara lain yang memiliki pendapatan lebih rendah. Hal tersebut kemudian membuat pertumbuhan ekonomi pada negara tersebut cenderung stagnan bahkan dapat mengalami penurunan.

Baca juga: Cara Mudah Mendapatkan Passive Income

Pada negara yang memiliki penghasilan menengah ini kemudian mengalami kesulitan untuk bersaingan dengan negara yang berupah rendah terutama dengan proses ekspor produk manufaktur. Selain itu juga kesulitan dalam bersaingan dengan negara yang memiliki teknologi tinggi. Fenomena tersebut kemudian dikenal dengan sebutan perangkat pendapatan kelas menengah atau Middle Income Trap.

Faktor Terjadinya Middle Income Trap

Terjadinya memang bukan secara tiba-tiba namun ada faktor yang membuat suatu negara berada dalam middle income trap. Beberapa studi menyebutkan bahwa hal-hal seperti SDM dan infrastruktur yang lemah menjadi salah satu pemicu munculnya kondisi tersebut.

Lalu apalagi sih sebenarnya faktor lainnya?

  • Sektor Manufaktur

Alasan utama mengapa suatu negara masuk ke dalam situasi middle income trap adalah pada pengembangan di sektor seperti manufaktur. Hal tersebut dapat menciptakan kelompok-kelompok kepentingan yang kuat dan mencoba untuk menghalangi reformasi kebijakan yang dirancang untuk melanjutkan sebuah proses transformasi.

Mungkin dengan menentang penghapusan subsidi serta perlindungan. Perlawanan juga dapat datang dari pekerja serta serikat pekerja, negara-negara terkemuka yang mencoba serta mempertahankan sektor padat karya dengan biaya upah yang tinggi.

  • Transformasi Ekonomi

Transformasi ekonomi juga dapat memakan biaya yang cukup tinggi jika dipertahankan. Sektor manufaktur yang muncul dalam LIC cenderung dimulai sebagai pembeli bersih barang-barang setengah jadi yang diimpor. 

Apabila sektor ini tidak dapat bersaing secara kompetitif dalam internasional untuk ekspor atau negara tidak mengembangkan sumber barang setengah jadi domestik, maka transformasi ekonomi menjadi sangat mahal secara keseluruhan. Terlebih lagi adanya masalah dalam menjaga stabilitas makro-ekonomi. Karenanya negara berkembang begitu cepat terutama dalam peningkatan inflasi yang tinggi.

Ditambah lagi, gelembung kredit dapat berkembang di saat investasi spekulatif tengah berlangsung. Hal ini lah yang membuat banyak negara terjebak dalam Middle Income Trap dan tak kunjung bisa keluar dari situasi tersebut.

  • Kurangnya Dukungan Kebijakan dan SDM

Banyaknya negara yang sukses dengan pendapatan menengah menggunakan alat kebijakan industri khusus seperti subsidi. Negara-negara tersebut tidak mampu melakukan upaya yang cukup untuk membuat suatu kebijakan yang mampu meningkatkan pengetahuan serta inovasi.

Kemungkinan terjadinya kegagalan pada sebuah negara hingga terjebak dalam Middle Income Trap adalah gagalnya berinvestasi di sumber daya manusia. Pertumbuhan awal cenderung didorong oleh input dibandingkan dengan tingkat produktivitas. Selain itu, teknologi juga perlu menjadi lebih canggih.

  • Birokrasi

Seperti yang kita ketahui bahwa instansi pemerintahan yang tidak selalu berkembang dengan kecepatan yang sama dengan ekonomi yang semakin kompleks. Banyak negara dengan penghasilan menengah menghadapi permasalahan seperti korupsi dan akuntabilitas yang buruk terkait dengan inefisiensi birokrasi.

Akhirnya, banyak negara yang gagal melakukan beberapa reformasi dalam bentuk perjanjian internasional karena terjebak dalam Middle Income Trap. meskipun banyak dari negara-negara tersebut berpartisipasi dalam perjanjian perdagangan.

Hingga membuat suatu negara gagal dalam menciptakan komitmen kelembagaan dan kebijakan yang memberikan sinyal komitmen jangka panjang terhadap strategi transformasi.

  • Biaya Produksi dan Upah Meningkat

Meningkatnya upah atau biaya tenaga kerja per unit juga menjadi faktor mengapa sebuah negara terjebak dalam Middle Income Trap. Selain itu, pasokan surplus tenaga kerja juga mengalami keterbatasan.

Ditambah lagi adanya migrasi tenaga kerja dari desa ke kota besar untuk membuat lapangan kerja berkurang. Hingga penurunan pertumbuhan populasi alami serta keuntungan dalam pertumbuhan produktivitas juga terjadi perlambatan.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

https://www.simulasikredit.com/apa-itu-middle-income-trap/