Menyiasati Harga Kebutuhan yang Naik Ketika Penghasilan Belum Naik

0
137
Menyiasati Harga Kebutuhan yang Naik Ketika Penghasilan Belum Naik

Kenaikan BBM baru-baru ini tentu sangat berdampak pada kebutuhan pokok lainnya. Sayangnya, di tengah kenaikan harga kebutuhan ini tidak serta merta dengan kenaikan gaji. Tak sedikit dari kita yang justru memiliki gaji pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan harian. Meski dibayangi oleh gaji pas-pasan, jangan sampai kamu stres atau menyalahkan pemerintah karena membuat kehidupan menjadi sulit. Kamu tetap bisa hidup nyaman dengan menyiasati pengelolaan uang bulanan di tengah harga kebutuhan yang meningkat. Berikut beberapa cara yang bisa ditempuh dalam menyikapi pengeluaran yang semakin besar dan berat.

1. Periksa pengeluaran

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa pengeluaran. Kita harus mengetahui kemana saja pengeluaran kita biasanya dialokasikan. Dari sini kita bisa mengurangi atau bahkan menghentikan pengeluaran yang tidak penting seperti biaya langganan yang sudah tidak terpakai, ataupun biaya untuk jajan kopi. Kita juga bisa menunda pengeluaran besar yang belum terkumpul dananya.

2. Berhemat

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan di tengah gempuran naiknya harga kebutuhan adalah mengurangi pengeluaran konsumtif dengan hidup hemat. Misalkan dengan mengubah gaya hidup kita seperti yang terbiasa membeli makanan di luar menjadi memasak sendiri atau membawa bekal ke kantor. Bagi kamu yang sering menghabiskan waktu di cafe bersama teman, mungkin hal ini bisa dikurangi dengan mencari tempat yang lebih hemat, seperti piknik di taman kota atau berkumpul di rumah.

3. Cari yang lebih ekonomis

Kita tidak bisa memaksakan gaya hidup yang sama dengan sebelumnya terlebih di masa harga kebutuhan meningkat seperti sekarang. Maka dari itu kita perlu mencari alternatif agar keuangan tetap aman hingga akhir bulan. Misalnya saja memilih toko yang lebih murah atau tidak mementingkan merk saat berbelanja kebutuhan. Menggunakan moda transportasi umum untuk bepergian juga bisa menjadi alternatif supaya kamu lebih hemat.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut