Tips Menghabiskan Stok Lama di Gudang

0
413
Tips Menghabiskan Stok Lama di Gudang

Stok barang yang terus menumpuk di gudang bisa menjadi masalah yang mengganggu bisnis. Bukan hanya karena stok yang terlalu banyak dapat mengambil tempat yang seharusnya bisa digunakan untuk keperluan lain, tetapi juga akan mempengaruhi cash flow bisnis jika barang tersebut tidak terjual dalam waktu yang lama. Hal ini bisa berakibat pada kerugian yang tidak diinginkan. Untuk itu, perlu adanya strategi dalam menghabiskan stok lama di gudang agar tidak berdampak buruk pada bisnis.

1. Cuci Gudang

Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan clearance sale atau cuci gudang. Dalam strategi ini, stok barang lama dijual dengan harga di bawah rata-rata untuk menarik pembeli. Disarankan untuk memanfaatkan momen besar seperti lebaran, natal, atau tahun baru untuk menarik perhatian pembeli agar stok barang lama cepat habis terjual.

2. Bundling dengan Produk Best Seller

Selain itu, produk lama juga bisa dijadikan satu paket dengan produk best seller dalam bentuk bundling. Dengan menjual kedua produk tersebut dalam satu paket dengan harga yang lebih murah dibandingkan jika dibeli secara terpisah, pelanggan akan lebih tertarik untuk membeli. Selain itu, strategi bundling juga bisa memperkenalkan produk lama kepada pelanggan yang mungkin belum pernah mengetahui keberadaannya.

3. Jadikan Bonus atau Giveaway

Terakhir, produk lama bisa dimanfaatkan sebagai bonus atau giveaway. Sebagai contoh, pelanggan yang membeli produk baru bisa diberikan bonus produk lama secara gratis atau diskon khusus. Strategi ini bisa mempercepat penjualan produk lama, serta meningkatkan kepuasan pelanggan yang mendapatkan bonus produk gratisan.

Dalam bisnis, stok barang lama bukanlah masalah besar jika ditangani dengan tepat. Strategi-strategi di atas bisa membantu menghabiskan stok lama di gudang dan meningkatkan cash flow bisnis. Selain itu, pengelolaan stok yang baik juga bisa membantu dalam perencanaan keuangan bisnis secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan dan mengelola stok barang dengan baik agar bisnis dapat berkembang dan bertahan dalam jangka panjang.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut