Peluang Investasi Setelah Idul Fitri: Mencari Investasi yang Menjanjikan

    0
    273
    mencari peluang investasi yang menjanjikan setelah Idul Fitri

    Momen Idul Fitri bukan hanya momen perayaan umat Islam yang bersifat religius saja. Selain itu juga mempengaruhi aspek-aspek lain, termasuk di sektor ekonomi. Momen ini bisa menjadi waktu terbaik untuk Anda dalam mencari peluang investasi yang menjanjikan setelah Idul Fitri. 

    Beberapa aspek ekonomi seperti harga barang yang naik, inflasi, dan juga kenaikan bahan bakar minyak seringkali terjadi di momen menjelang dan setelah lebaran. Apabila Anda tertarik untuk membuka usaha di momen ini, ada banyak peluang yang bisa Anda maksimalkan dan coba.

    Di daftar peluang investasi berikut ini, Anda bisa memilih salah satu dari peluang investasi yang ada di bulan Ramadan dan Idul Fitri.

    Peluang Investasi Setelah Idul Fitri

    Ada beberapa peluang investasi setelah idul Fitri yang bisa Anda maksimalkan untuk menghasilkan keuntungan.

    1. Membeli Emas Antam

    Sebelum momen Ramadan atau Idul Fitri, Anda bisa membeli emas Antam. Emas batangan memiliki nilai investasi jangka panjang yang tinggi. Namun meskipun bukan jangka panjang, Anda juga bisa menjual emas dengan keuntungan jika tepat dalam membeli dan menjualnya.

    Untuk bisa mendapatkan keuntungan kedepannya, beli emas batangan saat harga emas turun. Harga emas akan turun sebelum Ramadan dan setelah Idul Fitri. Jangan membeli saat harga naik terutama menjelang Idul Fitri karena harga bisa turun lagi setelahnya.

    Pantau terus harga emas secara berkala untuk mencari peluang investasi yang menjanjikan setelah Idul Fitri dari waktu ke waktu. Selanjutnya beli saat harga paling rendah. Jangan jual langsung setelah lebaran karena biasanya harga masih turun. Anda bisa menjual kembali emas di momentum saat harga emas naik kembali.

    2. Membeli Properti 

    Salah satu bentuk investasi lainnya adalah membeli properti baik rumah, apartemen, tanah, dan lain-lain. Harga properti hampir tidak pernah turun dan selalu naik. Jadi, mempunyai properti adalah salah satu instrumen investasi yang menjanjikan.

    Akan tetapi agar bisa menjanjikan, Anda tetap perlu perhitungan yang matang agar bisa mendapatkan untung yang besar di masa depan. Harga properti biasanya naik menjelang Ramadan dan menjelang Idul Fitri. Seiring dengan menurunkannya animo masyarakat setelah Idul Fitri biasanya harga-harga juga akan turun.

    Anda bisa membeli properti saat Idul Fitri di momen ketika harga barang sedang turun dan juga permintaan akan properti sedang tidak terlalu tinggi. Dengan melakukan survei terlebih dahulu, Anda bisa mendapatkan penawaran properti yang ideal.

    Adapun untuk aspek-aspek yang perlu kamu perhatikan antara lain lokasi properti, harga properti, fungsi dan lain-lain.

    3. Membeli Saham Perusahaan

    Langkah investasi selanjutnya adalah membeli saham perusahaan. Membeli perusahaan bisa jadi merupakan langkah terakhir Anda dalam memutuskan sebuah investasi jangka panjang. Untuk saham perusahaan sendiri harus melihat tipe perusahaan dan tipe saham.

    Beli saham pada bursa efek ketika harga saham sedang turun. Membeli saham saat harga saham turun akan menjadi tabungan jika sewaktu-waktu membutuhkan menjual saham ke pihak ketiga.

    Yang menarik dari membeli dan menjual saham adalah harganya yang fluktuatif. Anda tidak bisa menebak apakah suatu saham akan terus murah atau naik. Cari saham perusahaan yang cukup stabil dan cenderung naik serta mencari peluang investasi yang menjanjikan setelah Idul Fitri agar tidak mendapatkan kerugian di masa mendatang.

    4. Membeli Obligasi dan Reksadana

    Instrumen investasi lainnya yang bisa kamu beli pasca Idul Fitri adalah obligasi dan reksadana. Dua instrumen investasi yang satu ini lebih aman dibandingkan saham, namun dengan hasil yang cenderung lebih kecil. Membeli obligasi dan reksadana juga bisa menjadi solusi bagi pemula yang baru saja ingin memulai investasi.

    Pembelian obligasi dan reksadana kini bisa dengan mudah dibeli melalui online. Ada beberapa aplikasi khusus investasi online dari berbagai perusahaan. Selain itu, Anda juga bisa menggabungkan pembelian saham, obligasi, dan reksadana secara bersamaan untuk mencari peluang investasi yang menjanjikan setelah Idul Fitri mendapatkan hasil yang menguntungkan sekaligus aman.

    Baca juga: Keuntungan dan Risiko Investasi dalam Obligasi Korporasi

    5. Membuka Usaha 

    Cara lain untuk berinvestasi saat momentum Ramadan dan hari raya Idul Fitri adalah dengan membuka usaha. Di bulan ini, banyak orang yang menjadi konsumtif dengan membeli banyak barang dan makanan.

    Sebagai contoh, kue kering menjadi idaman menjelang lebaran. Anda bisa membuka jasa pemesanan kue kering untuk orang-orang yang ingin mempersiapkan sajian saat lebaran. Ada juga usaha pembuatan dan pemesanan pakaian khusus hari raya bagi yang ingin tampil berbeda dan menarik di hari raya Idul Fitri.

    Semua usaha tersebut memang terlihat hanya bersifat sementara, namun bisa menjadi peluang bisnis yang besar jika berhasil membangun portofolio yang baik dan mencari peluang investasi yang menjanjikan setelah Idul Fitri. Jika kemudian Anda teruskan bisa menjadi usaha berkelanjutan yang menghasilkan dan juga membuka peluang lapangan kerja juga untuk orang lain.

    Berinvestasi di momen yang krusial memang terlihat begitu menggiurkan. Namun tentu ada banyak faktor yang perlu Anda pertimbangkan agar tidak mengarah ke kerugian. Simak tips berinvestasi pasca Idul Fitri berikut ini.

    Tips Berinvestasi Pasca Idul Fitri

    Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti sebelum memulai berinvestasi.

    1. Perhatikan Fluktuasi Harga

    Momen bulan Ramadan dan Idul Fitri adalah momen yang sangat menarik namun juga fluktuatif. Harga barang akan naik menjelang Ramadan dan menjelang lebaran. Namun biasanya diikuti dengan penurunan harga setelah lebaran.

    Inflasi dan juga fluktuasi harga yang berubah-ubah harus menjadi patokan untuk Anda pantau agar tidak salah mengambil langkah. Terlebih jika ini adalah investasi pertama Anda. Gunakan aplikasi atau ahli investasi untuk membimbing Anda mana yang harus menjadi pilihan terbaik dengan resiko seminimal mungkin. 

    2. Perhatikan Detail Properti

    Jika Anda memilih properti sebagai jenis investasi Anda, sebelum membeli harus mempertimbangkan banyak aspek. Beberapa aspek tersebut antara lain harga properti, lokasi properti, dan kondisinya.

    Harga properti yang murah tidak menjamin untung. Anda harus menelusuri riwayat penggunaannya terlebih dahulu sebelum mencari peluang investasi yang menjanjikan setelah Idul Fitri. 

    Properti dengan riwayat yang bersih biasanya lebih mudah untuk laku. Selain histori dari properti, lokasi juga menentukan nilai jual sebuah bangunan. 

    Properti yang terletak di lokasi strategis atau yang berpotensi strategis adalah pilihan yang lebih baik. Pilih harga di tengah-tengah antara murah dan mahal agar kedepannya saat menjual kembali properti tersebut, harganya tidak turun dan masih menghasilkan untung.

    3. Perhatikan Prospek Jangka Panjang

    Satu lagi hal yang perlu Anda perhitungkan saat memulai investasi atau usaha adalah memperhatikan prospek jangka panjang. Bulan Ramadan dan Idul Fitri akan banyak peluang yang sifatnya musiman. 

    Tidak masalah jika ingin mengikuti tren pasar, karena keuntungannya di kemudian hari bisa untuk memulai bisnis kembali. Akan tetapi jika menginginkan usaha yang bersifat jangka panjang, maka Anda bisa memilih peluang usaha dengan tren pasar yang tidak sebentar.

    Kesimpulan

    Ada beberapa pilihan dan tips mencari peluang investasi yang menjanjikan setelah Idul Fitri untuk Anda yang ingin membangun keuntungan jangka panjang. 

    Ingat! Pastikan untuk selalu memantau dan menganalisis tren pasar investasi agar bisa menghasilkan keuntungan di masa depan. Manfaatkan peluangnya dan terapkan tipsnya, ya!

    Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

    Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

    BLOG100

    Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].