Mengenal Paradox of Thrift

0
1086
Mengenal Paradox of Thrift

Menabung merupakan pilihan yang baik bagi siapapun. Tapi siapa sangka, jika semua orang berlomba-lomba untuk menabung khususnya ketika kondisi ekonomi sedang lemah, maka perekonomian bisa semakin terpuruk dan menyebabkan resesi. Pasalnya pada kondisi ekonomi yang melemah, perilaku tersebut akan menambah tekanan dan memperburuk kondisi ekonomi yang ada. Ketika konsumsi turun, otomatis ekonomi melambat. Inilah yang dikenal sebagai paradox of thrift. Apa saja dampak dari paradox of thrift ini?

1. PHK Massal

Ketika semua orang memutuskan untuk menabung sebagian besar pendapatan mereka, maka pengeluaran pasti berkurang. Hal ini membuat demand terganggu dan berpengaruh pada supply sehingga produktivitas menurun. Produktivitas menurun, kinerja perusahaan pun ikut turun. Maka perusahaan terpaksa untuk beradaptasi dan melakukan efisiensi dengan memotong gaji karyawan bahkan PHK massal karyawan.

2. Kehilangan Aset

Pemasukan karyawan yang menurun, bahkan hilang akan mengurangi jatah konsumsi dari sebelumnya. Masalah semakin rumit ketika ada utang yang harus dibayar. Segala cara dilakukan untuk membayar utang mulai dari gali lubang, tutup lubang hingga menjual aset yang ada.

3. Angka Kemiskinan Meningkat

PHK akan membuat orang kehilangan sumber pendapatan sehingga daya beli melemah dan kualitas hidup berkurang, kemiskinan pun meningkat. Kondisi ini menjadi bumerang terhadap ekonomi rumah tangga yang akan semakin memburuk. Mau tidak mau masyarakat harus meningkatkan konsumsi rumah tangga agar perekonomian kembali pulih.

 Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut