Universal Basic Income: Eksperimen Menggaji Rakyat Cuma-cuma!

0
354
Universal Basic Income

Apa jadinya jika semua orang diberi gaji secara cuma-cuma untuk memenuhi kebutuhan pokoknya? Bukan tidak mungkin, sebab ada konsep yang dinamakan UBI atau Universal Basic Income.  Gagasan dasar dari program ini sangat sederhana. Pemerintah hanya perlu memberikan sejumlah uang secara cuma-cuma kepada setiap warga negara, terlepas dari berapapun jumlah pendapatan mereka.

Nyatanya, pernah ada eksperimen di satu kota yang semua penduduknya digaji oleh pemerintah. Hal ini dilakukan sebagai eksperimen pemerintah untuk melihat bagaimana kehidupan manusia jika konsep UBI ini diberlakukan.

Eksperimen ini disebut sebagai Mincome, singkatan dari The Manitoba Basic Annual Income Experiment atau eksperimen gaji pokok tahunan Manitoba. Eksperimen ini dilakukan di wilayah Manitoba, Kanada, pada tahun 1975 – 1978. Daerah Manitoba pun dipilih karena merupakan wilayah paling miskin di Kanada setelah tahun 60an.

Untuk meningkatkan taraf hidup masyarakatnya, pemerintah setuju untuk membiayai kebutuhan pokok dari 10.000 penduduk Manitoba. Pemerintah menggaji penduduk Kanada rata-rata sebesar 16.000 CAD (Rp180 juta) per tahun atau Rp15 juta per bulan. Namun gaji dari pemerintah ini semakin kecil untuk mereka yang berpenghasilan besar.

Setelah digaji oleh pemerintah, para subjek di daerah Manitoba juga membayar pajak dengan skema Negative Income Tax. Artinya, saat pendapatan seseorang di bawah minimum, maka saat pelaporan pajak atau diaudit keuangannya, mereka akan mendapatkan tambahan tunjangan dari pemerintah. Mereka baru akan dikenakan pajak jika pendapatan mereka sudah naik ke atas melewati batas minimum.

Namun di luar dugaan, ternyata hasil eksperimen ini dilupakan begitu saja. Pemerintahan Kanada mengalami perubahan kabinet di tahun 1979 dan memilih untuk tidak melanjutkan eksperimen ini karena terlalu boros anggaran. Eksperimen ini hanya meninggalkan 1.800 kotak yang menyimpan berbagai data selama eksperimen Mincome.

Setelah lama dilupakan, wacana ini muncul kembali setelah dunia dihadapkan pada pandemi, krisis pangan, dan juga energi. Beberapa peneliti ekonomi, sosial, dan kesejahteraan masyarakat kemudian membuka kembali data-data penelitian Mincome 40 tahun yang lalu. Jika mau diulang kembali sistem gaji dari pemerintah seperti ini, peneliti memperkirakan uang yang harus dikeluarkan pemerintah minimal Rp2.375 triliun per tahun.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut