Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga

0
484
Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Keuangan merupakan salah satu pondasi penting khususnya dalam berkeluarga. Sebab bagaimana kita dan pasangan kita dapat mengurus keuangan bersama dengan bijak akan mempengaruhi kehidupan saat ini dan masa depan. Berikut ini adalah tips mengatur keuangan rumah tangga yang bisa diterapkan bagi kamu yang sudah berkeluarga.

1. Susun budget dan evaluasi

Dalam membuat budgeting, kamu bisa memulai dengan menghitung pendapatan kamu dan pasangan setiap bulan. Kemudian buatlah pengeluaran, baik untuk operasional, utang, termasuk investasi, tabugan, dan asuransi. Pikirkan juga opsi berhemat apabila memang ada kebutuhan tambahan pada bulan itu. Kemudian di akhir bulan, evaluasi mana saja pos biaya yang perlu penyesuaian.

2. Tentukan tujuan keuangan

Buatlah daftar prioritas yang akan menjadi pengingat bahwa kebutuhan prioritas harus terpenuhi terlebih dahulu, tentunya selain kebutuhan primer. Kamu juga bisa membuat skala prioritas untuk tujuan keuanganmu, misalnya seperti tabungan dana pendidikan anak, atau dana pensiun.

3. Hindari berutang konsumtif

Jika kamu dan pasangan merasa ada selisih antara pendapatan dan pengeluaran keluarga, sebaiknya review ulang terlebih dahulu budgeting kamu dan mencari celah untuk dapat berhemat. Hindari mencari pinjaman apabila dilakukan dengan pertimbangan yang tidak matang karena hal ini justru akan mendatangkan masalah baru.

Itu lah beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Supaya pencatatan keuanganmu semakin rapi, kamu dan pasangan juga bisa membagi peran siapa yang mengatur alokasi dana, siapa yang mencatat dan siapa yang akan memegang uang. Tentunya, tidak ada aturan yang pasti siapa yang harus berperan sebagai siapa. Yang jelas, kamu harus saling berkomunikasi dan bekerja sama dengan pasangan.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut