Mengatur Fokus Lebih Baik dengan Teknik Podomoro

0
356
Mengatur Fokus Lebih Baik dengan Teknik Podomoro

Mengatur fokus menjadi lebih baik bisa menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian besar orang, terutama dalam era informasi dan teknologi yang semakin berkembang pesat. Banyaknya informasi dan gangguan dari lingkungan sekitar dapat membuat kamu mudah teralihkan dan kehilangan fokus. Teknik Podomoro dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk membantu kamu mengatur fokus lebih baik.

Teknik Podomoro merupakan salah satu teknik manajemen waktu yang dikembangkan oleh Francesco Cirillo pada akhir tahun 1980-an. Pomodoro berasal dari bahasa Italia yang berarti tomat. Teknik ini didasarkan pada konsep bahwa waktu harus dipecah menjadi interval atau waktu yang terukur, sehingga dapat membantu mengatur fokus dan meningkatkan produktivitas. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatur fokus lebih baik dengan menggunakan teknik Podomoro.

1. Tentukan tugas utama yang ingin kamu selesaikan

Sebelum memulai teknik Podomoro, kamu perlu menentukan tugas utama yang ingin kamu selesaikan. Tugas ini harus merupakan tugas yang penting dan perlu diselesaikan pada hari itu. Pastikan juga tugas tersebut dapat dipecah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil.

2. Siapkan timer selama 25 menit

Setelah menentukan tugas utama, siapkan timer selama 25 menit. Waktu 25 menit merupakan waktu yang ideal untuk kamu fokus pada satu tugas tanpa merasa terlalu lelah atau terlalu lama. Timer ini akan membantu kamu mengatur fokus dan mengetahui berapa lama kamu sudah bekerja pada tugas tersebut.

3. Fokus pada satu tugas selama 25 menit

Saat timer mulai berjalan, fokuslah pada satu tugas yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Jangan biarkan dirimu terganggu oleh gangguan eksternal seperti pesan teks atau notifikasi dari media sosial.

4. Beristirahat selama 5 menit

Setelah 25 menit, beristirahatlah selama 5 menit. Istirahat ini penting untuk membantu otakmu mengembalikan energi dan siap untuk fokus pada tugas selanjutnya.

5. Ulangi langkah 2 sampai 4 selama 4 kali

Ulangi langkah 2 hingga 4 selama 4 kali, sehingga kamu akan bekerja pada tugas utama selama 2 jam dengan istirahat selama 5 menit setiap 25 menit. Setelah 2 jam, beristirahatlah selama 30 menit sebelum kembali bekerja.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut