Tips Mengatasi Filler Words Saat Public Speaking

0
1452
Tips Mengatasi Filler Words Saat Public Speaking

Pernahkah kamu merasa gugup dan kesulitan saat harus melakukan public speaking? Apakah kamu sering menggunakan kata seperti “eee” dan “hmmm” ketika sedang memikirkan kata selanjutnya? Kata “eee” dan “hmmm” biasa disebut filler words, atau kata-kata pengisi. Filler words umumnya terpaksa dilakukan karena karena kecepatan berpikir tidak sesuai dengan kecepatan membuka mulut untuk melanjutkan kalimat. Jangan khawatir, kamu dapat mengatasi hal tersebut dengan beberapa tips berikut ini.

1. Melambatkan Tempo

Ketika kamu merasa gugup, kamu mungkin akan berbicara dengan cepat dan sulit untuk mengontrol kecepatan bicaramu. Namun, cobalah untuk melambatkan tempo bicaramu. Ini akan membantumu untuk mengontrol diri, memberikan kesempatan untuk bernafas, dan mengurangi penggunaan filler words. Ingatlah bahwa audiensmu lebih suka mendengar pembicaraan yang terstruktur dan mudah dimengerti, bukan kecepatan bicara yang cepat dan terburu-buru.

2. Ganti Kata Filler Words Menjadi Diam

Ketika kamu merasa kesulitan mencari kata yang tepat, hindarilah penggunaan kata-kata filler seperti “eee” dan “hmmm”. Sebaliknya, biarkan dirimu diam untuk beberapa saat. Ini akan membantumu untuk berkonsentrasi dan memikirkan kata yang tepat. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan waktu diam tersebut untuk menenangkan diri dan mengontrol pernapasan.

3. Sering Berlatih

Seiring dengan latihan, kamu akan semakin terbiasa dan lebih percaya diri dalam melakukan public speaking. Cobalah untuk mempraktikkan pidatomu di depan teman atau keluarga. Dengan demikian, kamu dapat memperoleh umpan balik yang berguna dan memperbaiki kekuranganmu. Selain itu, kamu juga dapat merekam pidato yang kamu buat, sehingga kamu dapat melihat kelemahan dan kelebihanmu secara jelas.

4. Buat Materi Dengan Poin-poin

Sebelum melakukan pidato, buatlah materi dengan poin-poin yang jelas dan terstruktur. Dengan demikian, kamu dapat lebih mudah mengatur ide-ide dan mengurangi penggunaan filler words. Selain itu, materi yang terstruktur juga akan membantumu untuk memperoleh pandangan yang jelas tentang topik yang akan kamu bicarakan.

Mengatasi penggunaan filler words membutuhkan waktu dan latihan yang konsisten. Cobalah untuk selalu mempraktikkan tips di atas dan jangan mudah menyerah. 

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut