Asal Mula Lahirnya Bank

0
805
Asal Mula Lahirnya Bank

Bank merupakan institusi keuangan yang menjadi bagian penting dalam kehidupan modern saat ini. Bank pertama kali muncul di Mesir kuno pada abad ke-3 SM. Bank ini dikenal sebagai bank harta karun dan bertugas menyimpan harta karun milik para raja dan firaun. Setelah itu, bank mulai muncul di Yunani kuno dan Romawi. Bank pada masa itu terutama berfungsi sebagai tempat penyimpanan uang dan peminjaman uang dengan bunga.

Pada abad ke-15, bank mulai berkembang di Eropa. Bank-bank seperti Bank of Barcelona dan Bank of Genoa menjadi salah satu bank terbesar pada masa itu. Pada abad ke-17, bank sentral mulai muncul di Inggris dan Prancis. Bank sentral berfungsi untuk mengendalikan mata uang dan menjaga stabilitas ekonomi suatu negara.

Di Indonesia sendiri, dunia perbankan diawali dengan kehadiran bank pertama di Indonesia, yaitu De Javasche Bank (DJB) yang didirikan oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1828. Bank ini bertugas untuk mengatur ekonomi kolonial Belanda di Indonesia dan mengeluarkan uang kertas.

Setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, DJB kemudian berganti nama menjadi Bank Indonesia pada tahun 1953. Bank Indonesia bertugas sebagai bank sentral yang mengatur sistem keuangan dan menjaga stabilitas harga di Indonesia. Selain itu, pada tahun 1955, muncul juga bank swasta pertama di Indonesia yaitu Bank Negara Indonesia (BNI).

Dalam beberapa tahun terakhir, industri perbankan di Indonesia semakin berkembang dan maju. Saat ini terdapat banyak bank di Indonesia baik bank swasta maupun bank milik pemerintah. Bank-bank tersebut tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan uang dan pemberian kredit, namun juga memberikan layanan-layanan perbankan modern seperti mobile banking dan internet banking.

Selain itu, Bank Indonesia juga terus melakukan inovasi dalam menjaga stabilitas harga dan keuangan di Indonesia. Pada tahun 2016, Bank Indonesia mulai mengeluarkan uang kertas dan logam baru dengan desain yang lebih modern. Bank Indonesia juga terus melakukan peningkatan dalam hal regulasi dan supervisi terhadap perbankan di Indonesia.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut