8 Contoh Surat MOU Kerjasama

0
5684
Contoh MOU Kerjasama

Dalam proses persetujuan sebuah kerja sama, perlu adanya hitam di atas putih, alias tertulis dalam sebuah perjanjian. Terutama untuk sebuah kerja sama formal dan melibatkan banyak risiko di dalamnya. Surat perjanjian ini kemudian disebut dengan MOU. Anda membutuhkan contoh MoU kerjasama?

Sebelum mencari tahu bagaimana membuat MoU dan standar apa yang harus ada pada surat perjanjian ini, alangkah baiknya mengerti pengertiannya terlebih dahulu.

Definisi MOU

MoU merupakan singkatan dari Memorandum of Understanding. Di dalam bahasa Indonesia, secara harfiah pengertian MoU adalah nota kesepahaman atau kesepakatan.

Adapun menurut Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), pengertian MoU kerjasama adalah nota kesepakatan, nota kesepahaman, perjanjian kerja sama, atau perjanjian pendahuluan yang mengikat.

Dengan begitu, apa yang ada pada isi MoU merupakan kesepakatan yang tidak bisa berubah jika kedua belah pihak yang terlibat sudah sepakat.

Selain itu, MoU banyak perusahaan pakai saat mengadakan kerja sama dengan perusahaan lain dalam urusan bisnis. Ada juga contoh MoU kerjasama perusahaan yang mengatur keterikatan karyawan dengan perusahaan.

Adanya MoU bukan tanpa sebab, ada manfaat pengadaan surat kesepakatan sebagai berikut.

Manfaat Surat Kesepahaman (MoU)

Dengan adanya MoU, kedua belah pihak akan mendapatkan manfaat MoU kerjasama sebagai berikut.

Menandakan Kesepakatan Bersama

Dengan adanya MoU, kedua belah pihak yang sama-sama menyetujui telah sepakat untuk menjalankan kerja sama. Sebelum kesepakatan tentunya sudah ada diskusi dan juga pertimbangan baik dan buruknya terlebih dahulu.

Apabila suatu kerja sama masih belum pasti, maka tidak ada salah satu pihak yang bisa menerbitkan MoU. Dengan begitu, MoU menjadi bukti kedua belah pihak telah mencapai kesepakatan.

Mencatat Perjanjian dengan Lebih Aman

Perjanjian dan kerja sama antara dua pihak yang berbeda memiliki risiko kerugian di kemudian hari. Jika tidak ada bukti tertulis, maka sangat rawan untuk pihak lain menggunakan celah atau melawan isi perjanjian.

Ini sebabnya, dalam contoh MoU kerjasama sederhana sekalipun, harus ada perjanjian tertulis di mana di dalamnya mengatur hak dan kewajiban kedua belah pihak. Dengan begini, maka keberlangsungan kerja sama menjadi lebih aman dan terlindungi badan hukum.

Menghindari Risiko di Masa Depan

Mirip dengan poin sebelumnya, adanya surat kesepakatan akan menghindari risiko di masa depan. Jika tidak ada bukti dan penanda kedua belah pihak tunduk dengan kesepakatan, satu pihak bisa saja lalai dan melanggar perjanjian karena tidak ada bukti.

Oleh karena itu, penting bagi kedua belah pihak untuk membaca dan menandatangani MoU yang memang sudah menjadi kesepakatan bersama.

Menjadi Gambaran Aksi Kerja Sama

Dalam sebuah contoh MoU kerjasama antarlembaga, isinya tidak hanya menunjukan kesepakatan, namun juga ada penjelasan dan poin apa saja yang menjadi persetujuan pihak pertama dan pihak kedua.

Oleh karena itu, setelah adanya MoU, maka yang bekerja sama sudah tahu apa yang perlu dilakukan dan apa yang tidak boleh untuk kedua belah pihak laksanakan.

Setelah mengetahui manfaat dan pentingnya membuat MoU, saatnya mengetahui contoh yang baik.

Berikut beberapa contoh MoU kerjasama beserta dengan kerangkanya.

Struktur MoU Kerjasama

Untuk bisa membuat MoU yang sah dan profesional, perlu mengikuti kerangka berikut.

Judul

Judul wajib ada pada MoU karena judul menunjukkan jenis kerja sama apa yang kedua belah pihak akan lakukan. 

Pembukaan

Setelah judul, wajib ada pembukaan. Pembukaan berisi kapan waktu kesepakatan MoU, nama, jabatan, hingga alamat dari pihak yang menandatangani kerja sama.

Isi

Setelah pembukaan yang menjelaskan dua belah pihak setuju dengan kesepakatan, diikuti dengan isi dan detail dari perjanjian itu sendiri.

Penutup

Untuk tata bahasa surat MoU, wajib menggunakan bahasa formal. Ini sebabnya, harus ada kalimat penutup. Kalimat penutup biasanya berisi penegasan  bahwa kedua belah pihak sudah setuju dengan kerja sama yang akan mereka lakukan.

Ruang Tanda Tangan

Setelah penutup, sisakan ruang pada surat untuk tanda tangan semua pihak yang terlibat dalam perjanjian. Sebelum tanda tangan ada penyebutan kota dan tanggal. Tambahan, harus ada nama terang, jabatan dan juga materai jika perlu.

Contoh MoU Kerjasama

Berikut contoh langsung pembuatannya.

Contoh Mou Perusahaan dengan Perorangan

Contoh pertama adalah perjanjian antara perusahaan dengan perorangan.

Pada Jumat, 3 Februari 2023, telah ditandatangani nota kesepahaman secara sah. Berikut adalah pihak-pihak yang terlibat dalam perjanjian kerja sama:

Nama      : Ayu Winarsih, SE
Jabatan  : Direktur CV Berkah Mandiri
Alamat   : Jalan Kenanga 5, Ungaran Barat, Semarang
Dalam hal ini selaku pimpinan perusahaan dan pemegang kuasa dari CV Berkah Mandiri yang kemudian disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

Nama     :  Faras Abilah
No. KTP : 12900148393940
Alamat   : Jalan Kolonel Suprapto 5 Semarang 

Dalam hal ini selaku karyawan yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA.

PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA telah menyatakan sepakat untuk melaksanakan penandatanganan perjanjian berdasarkan syarat atau ketentuan yang sudah ditetapkan.

Semarang, 3 Februari 2023

Pihak Pertama.                          Pihak Kedua

Contoh MoU Kerjasama Antarperusahaan

Setelah dengan perseorangan, ini contoh surat MoU antar perusahaan.

SURAT PERJANJIAN KERJA SAMA

Nomor: (tulis nomor surat sesuai ketentuan dan nomor urut terakhir surat yang diterbitkan perusahaan)
 
Pada hari ini, Jumat tanggal tiga bulan Februari, tahun dua ribu dua puluh tiga (3 Februari 2023) bertempat di Kota Semarang, telah ditandatangani perjanjian kerja sama antara :
 
Nama               : Faras Abilah
No KTP            : 12900148393940
Alamat             : Jalan Kolonel Suprapto 5 Semarang 
                         
Bertindak atas nama pribadi, selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA.
 
Nama               : Madya Rakarsa
No KTP            : 17283938494849
Alamat             : Jalan Kedawung 14 Ungaran Semarang 
 
Bertindak atas nama pribadi, selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA.
 
PIHAK PERTAMA adalah pribadi yang bermaksud untuk berinvestasi kepada PIHAK KEDUA. PIHAK KEDUA adalah pengrajin mebel kayu. PIHAK KEDUA mempunyai merek dagang MEBEl SEJAHTERA.
 
PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA dengan ini mengikat suatu perjanjian kerja sama dengan kondisi sebagai berikut:

ISI PASAL

Semarang, 3 Februari 2023 
 
PIHAK PERTAMA                                                                  PIHAK KEDUA
 
 
 (Faras Abilah)                                                                      (Madya Rakarsa)
 
Saksi-saksi:
 
1.  Nama
2. Nama

Baca juga: 10 Contoh Surat Riwayat Hidup yang Lengkap

Contoh MoU Kerjasama Berbahasa Inggris

Jika Anda akan bekerja sama dengan klien dari luar negeri, maka MoU dalam bahasa Inggris wajib ada seperti pada contoh berikut.

On Friday, 3 February 2023, a memorandum of understanding was legally signed. The following are the parties involved in the cooperation agreement: 

Name : Ayu Winarsih, SE
 Position : Director of CV Berkah Mandiri 
Address : Jalan Kenanga 5, West Ungaran, Semarang 
In this case, as the head of the company and the holder of power of attorney from CV Berkah Mandiri, which is then referred to as the FIRST PARTY. 

Name: Faras Abilah 
ID Number : 12900148393940 
Address : Jalan Colonel Suprapto 5 Semarang 
In this case, as an employee hereinafter referred to as the SECOND PARTY. 
THE FIRST PARTY and THE SECOND PARTY have stated a prohibition to carry out the agreement based on the terms or conditions that have been set.

Semarang, 3rd February 2023



FIRST PARTY                         SECOND PARTY

Untuk referensi MoU kerjasama lain, selanjutnya bisa juga dengan melihat contoh pada gambar-gambar berikut.

Untuk referensi MoU kerjasama lain, selanjutnya bisa juga dengan melihat contoh pada gambar-gambar berikut.


7.


Itulah beberapa contoh MoU kerjasama dengan berbagai jenisnya. Setelah mengetahui contohnya, Anda bisa memulai membuat MoU yang sah.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

New-BLOG50-banner

Yuk! Gunakan kode promo BLOG50 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].