Menabung Biaya Haji dari Sekarang, Bagaimana Caranya?

0
308
Menabung Biaya Haji dari Sekarang, Bagaimana Caranya?

Setiap tahunnya, jutaan umat Muslim dari seluruh dunia berkumpul di Makkah untuk melaksanakan ibadah haji. Ibadah haji merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim yang mampu secara fisik dan finansial. Meski begitu, untuk bisa melaksanakan ibadah haji, diperlukan biaya yang tidak sedikit. Diperlukan perencanaan dan persiapan yang matang agar dapat menunaikan ibadah haji dengan tenang dan lancar tanpa harus memikirkan masalah finansial. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menabung untuk haji sejak saat ini.

Berikut adalah beberapa tips menabung untuk haji yang dapat dilakukan dari sekarang:

1. Jadikan tujuan keuangan

Jadikan menabung untuk haji sebagai tujuan keuangan jangka panjang. Hal ini akan membantu kamu untuk lebih fokus dalam mengelola keuangan sehari-hari. Selain itu, dengan memiliki tujuan keuangan yang jelas, kamu akan lebih mudah mengambil keputusan dalam pengelolaan keuanganmu.

2. Buat rencana anggaran

Membuat rencana anggaran merupakan langkah awal yang penting dalam menabung untuk haji. Buatlah daftar pengeluaran bulanan dan prioritaskan kebutuhan yang paling penting. Jika ada pengeluaran yang tidak perlu, kamu bisa menguranginya agar lebih banyak dana yang bisa dialokasikan untuk tabungan haji. Dengan membuat rencana anggaran, kamu dapat mengontrol pengeluaranmu dengan lebih baik dan menabung untuk haji dengan lebih efektif.

3. Alokasikan dana untuk tabungan haji

Setelah membuat rencana anggaran dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, alokasikan sebagian dana untuk tabungan haji. Tentukan jumlah yang ingin kamu tabung setiap bulannya dan pastikan kamu disiplin dalam menabung. Kamu juga bisa memilih produk tabungan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu.

4. Buat tabungan khusus haji

Untuk memudahkan pengelolaan keuanganmu, buatlah tabungan khusus haji yang terpisah dari tabungan lainnya. Hal ini akan membantu kamu untuk lebih disiplin dalam menabung untuk haji. Selain itu, dengan memisahkan tabungan khusus haji, kamu dapat memantau dan mengontrol pengeluaranmu dengan lebih baik.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut