5 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Hewan Qurban Online

1
473
Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Hewan Qurban Online

Menjelang hari raya Idul Adha, masyarakat Muslim berbondong-bondong mencari hewan untuk dijadikan qurban. Seiring berkembangnya jaman, saat ini banyak platform yang menyediakan hewan qurban secara online yang bisa menjadi alternatif. Tren membeli hewan qurban online ini sebenarnya sudah ada beberapa tahun ke belakang. Namun tren ini semakin meluas sejak pandemi berlangsung. Lalu apa saja tips untuk memilih hewan qurban online?

1. Pilih situs terpercaya

Pertama, kita harus cermat dan teliti dalam memilih platform penyedia layanan qurban online. Cari tahu informasi sebelum akhirnya kamu menentukan tempat pilihan. Pilihlah platform yang memiliki prosedur jelas, mulai dari proses pembelian hewan, pemotongan, hingga laporan penyaluran hewan qurban secara terperinci.

2. Perhatikan hewan yang dipilih

Selanjutnya, perhatikan hewan yang hendak dijadikan qurban, apakah memenuhi syariat atau tidak seperti adanya cacat tubuh, kesehatannya, dan kecukupan umur. Kamu juga bisa menanyakan langsung kepada penyedia layanan dan meminta foto dan video hewan qurban yang akan dibeli.

3. Sesuaikan dengan budget

Ketika membeli hewan qurban, sebaiknya kamu menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Biasanya penyedia layanan telah memasang harga hewan qurban yang dijual sesuai dengan jenis, bobot, dan kualitasnya.

4. Minta laporan perkembangan hewan qurban

Umumnya, penyedia layanan hewan qurban bekerja sama dengan mitra peternakan yang melakukan pemeliharaan dan perawatan hewan qurban. Kamu bisa meminta laporan secara berkala sebelum hewan disembelih agar kamu mengetahui kondisi hewan qurban yang terpantau dengan baik.

5. Pendistribusian yang jelas

Salah satu kelebihan qurban online adalah distribusi daging qurban yang lebih luas menjangkau masyarakat yang ada di daerah terpencil. Bahkan ada juga platform yang menyanggupi untuk membagikan hewan qurban sampai ke luar negeri. Pastikan proses distribusi daging qurban jelas dan sesuai dengan lokasi yang telah direncanakan agar pengiriman tepat waktu sesuai dengan kebutuhan. Kamu juga bisa meminta laporan atas pendistribusian hewan qurban tersebut.

Itulah beberapa tips yang harus diperhatikan ketika membeli qurban secara online. Selain menjalankan niat yang tulus dan ikhlas dalam menjalankan ibadah, kita juga perlu lebih teliti agar tidak tertipu oleh penjual yang tidak kredibel.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.