Memanfaatkan Produk Layanan Buyer Financing dan Online Merchant Financing

0
135
Bisnis Online

Belanja barang modal merupakan hal yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis dan meningkatkan produktivitas. Barang modal bisa berupa alat tulis kantor, laptop, smartphone, furniture, aksesoris komputer, peralatan keamanan dan kebersihan, dan masih banyak lagi. Kendati diperlukan, kadang belanja modal tidak bisa dilakukan tanpa perencanaan yang matang dan kesiapan dana kas yang memadai. 

Nah, jika belanja modal dibutuhkan mendesak namun dana tidak tersedia apa yang dapat dilakukan? Sobat Akseleran tak perlu risau. Akseleran bersama Bhinneka telah menjalin kerja sama untuk membantu pelaku UMKM yang berjualan di Bhinneka.com mengakses pendanaan usaha secara digital.   

Tak hanya pelaku bisnis yang membutuhkan pendanaan. Buat Sobat Akseleran yang juga ingin berbelanja barang-barang kebutuhan kerja melalui Bhinneka juga bisa mendapatkan pembiayaan.    

“Akseleran dan Bhinneka bekerja sama untuk dua tipe pembiayaan, yaitu Buyer Financing dan Merchant Financing,” ungkap Faizal Faizal Purwanto – Head of Credit Analyst Akseleran dalam program Kata Akseleran x Bhinneka yang dipandu oleh Rimba Laut – SVP Corporate Communication Akseleran dan narasumber lainnya, yaitu Shri Prabu Adityawarman – Head of Growth Hack Bhinneka.

Buyer Financing

Shri Prabu menjelaskan, Buyer Financing diperuntukkan bagi customer Bhinneka yang ingin berbelanja produk di Bhinneka.com. Untuk mendapatkan pendanaan dari Akseleran, langkahnya sebagai berikut.

  1. Log in dan memilih produk di Bhinneka.com dengan modal mulai dari Rp25 juta hingga Rp2 miliar. 
  2. Pilih metode pembiayaan Akseleran.
  3. Mengisi formulir pengajuan pembiayaan yang akan diverifikasi terlebih dulu oleh tim Bhinneka dan Akseleran.
  4. Setelah pinjaman disetujui, customer akan mendapatkan platform pinjaman dari Akseleran.
  5. Customer membayar DP 20% dulu dari harga barang.
  6. Barang dikirim ke customer.
  7. Customer mencicil pinjaman ke Akseleran setiap bulan

Faizal menambahkan, Akseleran membantu pendanaan maksimal 80% dari harga barang yang dibeli customer. Tenor pinjaman rata-rata satu hingga empat bulan. 

“Bisa juga lebih, maksimal 12 bulan. Tenor bisa berubah tergantung analisa dari sisi cash flow buyer financing. Kalau buyer kan tujuannya untuk dijual lagi. Nanti kita lihat seberapa lama dia mampu menjual kembali barang tersebut,” kata Faizal. 

Adapun jaminan yang digunakan adalah barang yang dibeli di Bhinneka.com. Barang tersebut dijadikan sebagai fidusia sehingga nantinya hasil dari penjualan barang akan digunakan untuk membayar ke Akseleran. Bunga pinjaman bervariasi 1,12%-2.5% per bulan dan provisi 0.5% per bulan.

Merchant Financing/ Online Seller Financing

Merchant Financing adalah pinjaman kepada merchant yang berjualan di Bhinneka.com. Pinjaman ini dapat digunakan untuk meningkatkan modal kerja dan cash flow merchant serta meningkatkan kapabilitas penjualan. Tenor pinjaman maksimal hingga 12 bulan. Agunan tidak wajib, namun bisa berupa inventrory

Tahapannya sebagai berikut.

  1. Merchant log in di Bhinneka.com dan masuk ke halaman Merchant Financing Akseleran.
  2. Pilih pinjaman untuk kebutuhan usaha mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar. 
  3. Lihat syarat dan ketentuan lalu mengisi form di https://pinjam.akseleran.co.id/bhinneka/ 
  4. Form pengajuan akan diverifikasi oleh tim Bhinneka dan Akseleran. Lama proses verifikasi tergantung nominal pinjaman. Untuk pinjaman kurang dari Rp 250 juta membutuhkan 1-2 hari kerja. Sementara itu, untuk pinjaman senilai di atas Rp250 juta membutuhkan 3-5 hari kerja karena ada perbedaan dokumen yang dibutuhkan. 
  5. Penandatanganan dokumen kredit. 
  6. Penggalangan dana dimulai. 
  7. Jika sudah terkumpul, dana akan dicairkan ke rekening merchant.
Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]