Yuk! Berikan Self Reward Diri Dengan Cara Ini!

0
2379
Self Reward

Membersihkan langit-langit rumah dan menyapu lantai itu sangat melelahkan, bukan? Namun, kamu harus melakukannya agar rumah tetap bersih. Sayangnya, rasa letih dan malas bisa membuat siapa saja enggan melakukannya. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya motivasi karena kita merasa kurang dihargai. Itulah saatnya kamu mulai memberikan penghargaan pada diri sendiri.

Self reward adalah bentuk penghargaan bagi diri sendiri atas kerja keras yang telah dilakukan. Pemberian penghargaan ini bisa menjadi motivasi untuk terus melakukan hal baik, penghilang stres, dan salah satu cara mencintai hidup.

Nah, bagaimana cara untuk memberi penghargaan pada diri sendiri? Simak di bawah ini!

8 Cara Memberikan Self Reward Pada Diri!

  • Wisata Kuliner

Makan adalah hal paling dasar yang harus dilakukan manusia. Kamu juga butuh makan dan suka makan makanan enak dan belum dicoba, kan? Coba wisata kuliner saja.

Wisata kuliner tidak akan lengkap tanpa teman. Coba ajak teman kamu untuk berwisata kuliner akhir pekan nanti. Lokasinya tidak perlu jauh, cukup di kotamu saja. Cari lokasi kuliner baru yang sedang trending di media sosial. Kamu juga bisa tanya ke teman-temanmu. Selain kenyang dan senang, kamu dan temanmu juga akan semakin akrab.

  • Lakukan Mini Vacation

Sudah berapa lama tidak bepergian, nih? Liburan ke luar kota atau sekadar menginap di tempat yang nyaman juga bisa menjadi self reward, apalagi kalau kamu suka jalan-jalan.

Dengan bepergian ke luar kota atau menginap, kamu bisa menikmati suasana baru. Suasana baru bisa membantumu keluar dari zona stres dan terbuka pada ide baru. Selain itu, pastikan kamu mengontrol pengeluaran agar tetap dalam bujet. Jangan sampai suasana liburan langsung hancur saat melihat uang tabungan habis. Terakhir, jangan lupa bersenang-senang dan bahagia!

  • Jalan-Jalan ke Tempat Sejuk

Pikiran penat biasanya akan sembuh dengan relaksasi. Kamu bisa melakukan yoga, minum teh, atau mandi. Kalau ingin melakukan kegiatan di luar, kamu juga bisa naik gunung atau pergi ke tempat yang memiliki suasana asri. Hawa sejuk dan segar bisa membantu melenyapkan beban di pundak dan menyegarkan pikiran. Coba, deh!

  • Jalan-Jalan ke Taman

Tidak ada waktu untuk bepergian bukan berarti kamu tidak bisa melakukan self reward, lho. Kalau kamu bisa keluar ke alun-alun kota atau taman di sekitar kompleks, itu juga termasuk penghargaan.

Inti dari pemberian penghargaan adalah melepaskanmu dari penat karena fokus seharian mengerjakan hal melelahkan. Asal kamu bisa sejenak meninggalkan ruang kerja atau rumah, itu sudah cukup.

  • Mendengarkan Musik

Kalau kamu suka mendengarkan musik, itu juga bisa jadi hadiah terbaik bagi dirimu. Musik memang bisa menenangkan dan membangun suasana hati. Dengan memilih jenis musik yang sesuai, kamu bisa semangat lagi. 

Coba mendengarkan musik jazz untuk meringankan beban pikiran. Bisa juga mendengarkan musik yang ceria tatkala sedang tidak ingin melakukan apa pun. Kamu bahkan bisa memutar musik sambil melakukan pekerjaanmu kalau itu bisa membuatmu tetap semangat.

  • Membeli Sesuatu

Benda adalah bentuk self reward yang banyak dipikirkan orang dan itu benar. Memiliki barang baru tentu membuat siapa saja senang. Itulah salah satu tujuan dari pemberian penghargaan ini.

Cobalah untuk membeli barang yang selama ini kamu inginkan dan butuhkan. Jika harganya agak mahal, coba tabung sebagian uangmu. Dijamin deh, nanti ketika uangmu sudah terkumpul, barang itu akan menjadi hadiah yang istimewa.

Baca juga: 7 Fungsi Uang Selain untuk Melakukan Transaksi

  • Memanjakan Diri

Siapa bilang memanjakan bukan termasuk self reward? Selama sibuk di kantor atau membersihkan rumah, berapa kali kamu berpikir untuk minum jus buah sambil membaca majalah, berlama-lama di kamar mandi, dan memberikan seluruh tubuh dan kulitmu nutrisi yang dibutuhkan? Jarang, bukan? Perasaan segar seolah terlahir kembali akan kamu dapatkan setelah memanjakan diri.

  • Meluangkan Waktu Untuk Sendiri

Kamu mudah stres di tengah keramaian dan kesibukan? Luangkanlah waktu sejenak untuk menyendiri. Menyediakan waktu dalam keheningan di sore hari bisa jadi adalah self reward yang kamu butuhkan.

Kamu tidak perlu menyalakan musik jika terasa mengganggu. Kamu juga tidak perlu melakukan gerakan yoga jika terasa menyakitkan. Sandarkan saja kepalamu ke kursi dan nikmati suasana sore yang menenangkan beserta secangkir teh favorit.

Self reward adalah segala hal tentang menenangkan diri dan membuat batin bahagia. Selama bisa membuatmu bahagia, entah itu barang atau kegiatan, hal itu juga termasuk bentuk penghargaan diri.

Jangan lupa memberikan penghargaan pada dirimu, ya!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]