Perbedaan Marketing dengan Sales

0
343
Perbedaan Marketing dengan Sales

Peran sales dan marketing bukanlah hal yang baru di kalangan masyarakat. Meski begitu, masih banyak orang yang mengira bahwa sales dan marketing adalah dua hal yang sama ataupun tidak mengerti tentang konsep keduanya. Padahal kedua hal ini cukup berbeda dari segi definisi, tugas, dan tanggung jawab yang dijalankan. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui lebih jelasnya.

Marketing

Selain untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan, marketing juga bertugas untuk memperkenalkan produk atau jasanya kepada calon pelanggan sesuai target pasar. Marketing tidak hanya menjual produk, tapi juga membangun brand awareness.

Marketing harus selalu menjaga hubungan baik dengan pelanggannya untuk menciptakan relasi yang lebih luas. Seorang marketing juga memiliki tanggung jawab untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan  serta merancang strategi marketing perusahaan

Marketing terdiri dari beberapa jenis. Mulai dari Viral Marketing, Digital Marketing, Multi-Level Marketing, hingga Direct Mail Marketing.

Sales

Masih berkaitan dengan marketing, sales lebih berfokus pada target penjualan. Biasanya, sales terdiri dari beberapa orang yang membentuk tim. Sales memiliki target khusus penjualan, seperti target penjualan produk, persentase distribusi, hingga target promosi.

Seorang sales biasanya terjun langsung ke lapangan untuk menjual produk atau jasa serta menyarankan kebutuhan pelanggan. Sama seperti marketing, sales juga perlu menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Sales bertanggung jawab untuk meyakinkan calon pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

 Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut