Pentingnya Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

0
251
Manfaat puasa bagi kesehatan fisik dan mental

Puasa menjadi salah satu aktivitas kaum muslim yang ternyata memiliki banyak manfaat. Tidak hanya sebagai bentuk ibadah, kini banyak juga yang melakukan puasa baik muslim maupun non-muslim untuk alasan kesehatan. Ternyata ada banyak manfaat puasa bagi kesehatan fisik dan mental.

Adapun puasa sendiri adalah kegiatan tidak makan dan minum di waktu-waktu tertentu. Untuk kaum muslim, puasa biasanya mulai dari waktu sahur sebelum Subuh hingga adzan Maghrib. Bukan semata-mata untuk menahan lapar atau haus, puasa juga memiliki banyak manfaat.

Pengertian Puasa

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian puasa adalah menghindari makan, minum, dan sebagainya dengan sengaja (terutama berkaitan dengan keagamaan. 

Dalam konteks agama Islam, puasa wajib dilaksanakan pada bulan Ramadhan setiap tahunnya. Sedangkan puasa Sunnah atau tidak wajib namun bisa mendatangkan pahala pada puasa Senin dan Kamis, puasa Syawal dan lain-lain.

Namun saat ini puasa tidak hanya berkaitan dengan ibadah, melainkan juga untuk alasan kesehatan. Banyak yang merasakan manfaat puasa bagi kesehatan fisik dan mental. Kegiatan yang awalnya terdengar cukup menantang bagi yang belum terbiasa ternyata banyak membawa kelebihan.

Jenis-Jenis Puasa dalam Bidang Medis

Ada beberapa jenis puasa dalam bidang medis yang bisa membantu kesehatan:

Puasa OMAD

Puasa OMAD atau One Meal A Day adalah puasa dengan hanya makan satu kali dalam sehari.

Puasa 16/8 atau Puasa Intermiten 

Jenis puasa ini adalah berpuasa dalam waktu 16 jam dan sisa 8 jamnya untuk makan. Contoh, Anda bisa makan dari pukul 2 siang hingga 8 malam, setelahnya Anda puasa hingga jam 2 siang di hari berikutnya.

Puasa Malam

Saat puasa malam, Anda berpuasa dengan membatasi makan hanya sampai pukul 7 malam, lalu dilanjutkan makan kembali besoknya pukul 7 pagi.

Puasa 12/12

Puasa 12/12 adalah puasa dengan membatasi makan selama 12 jam dan 12 jam berikutnya tidak makan apa-apa.

Puasa Ganti Hari

Untuk jenis puasa ini, Anda bisa melakukan puasa dengan melewati 1 hari. Contoh, puasa di hari Senin, tidak puasa di hari Rabu, lanjut puasa kembali di hari Rabu.

Puasa-puasa tersebut memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan fisik maupun mental sebagai berikut.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Fisik

Ada beberapa manfaat puasa bagi kesehatan fisik, antara lain sebagai berikut:

Melawan Peradangan Lambung

Tanpa disadari, manusia banyak memasukkan makanan dan minuman dengan kandungan yang tidak diketahui setiap hari ke dalam lambung. 

Terlebih jika makanan tersebut adalah makanan cepat saji atau yang tidak mengandung cukup gizi dan vitamin. Makan sembarang makanan dapat menyebabkan peradangan lambung, maag, GERD, atau luka pada lambung.

Dengan berpuasa, Anda mengistirahatkan lambung sejenak dari memproses makanan-makanan yang tidak sehat dan memberatkan. Secara tidak langsung, lambung menjadi lebih sehat dan juga bersih kembali setelah berpuasa.

Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Gula menjadi salah satu penyebab terbesar berbagai penyakit seperti diabetes, kolesterol, dan darah tinggi. Terlebih jika terus menerus memasukkan makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi, maka tubuh bisa semakin tidak sehat.

Dengan berpuasa, Anda mengurangi asupan glukosa ke dalam tubuh. Ditambah jika Anda tidak makan berlebihan saat buka puasa, maka kadar gula dalam darah bisa sangat terkontrol.

Meningkatkan Fungsi Otak dan Menghindari Neurodegeneratif

Salah satu manfaat puasa bagi kesehatan fisik dan mental adalah meningkatkan fungsi otak dan menghindari kerusakan pada syaraf otak. Kerusakan-kerusakan ini bisa terjadi karena asupan makanan yang mengandung banyak zat karsinogenik dan juga toksin.

Dengan berpuasa, terutama puasa intermiten, Anda bisa merasakan otak kembali lebih mudah fokus dan prima dibandingkan saat tidak sedang berpuasa.

Mencegah Kanker dan Penuaan Dini

Saat berpuasa, Anda akan lebih mengatur asupan yang masuk ke dalam tubuh. Beberapa studi pada hewan bahkan membuktikan puasa dapat mencegah pertumbuhan tumor pada tikus.

Selain itu, berpuasa memberikan waktu bagi sel kulit untuk tidak terlalu bekerja keras dan lebih banyak menghasilkan kolagen. Kandungan kolagen yang cukup dalam kulit yang bisa membantu mencegah penuaan dini.

Mengontrol Berat Badan

Manfaat lain dari berpuasa adalah untuk mengontrol berat badan. Banyak yang berpuasa dengan harapan bisa menurunkan berat badan. Jika menjalaninya dengan sehat, puasa terbukti bisa membantu menurunkan berat badan. 

Terlebih jika Anda juga mengimbangi dengan olahraga dan konsumsi makanan berserat, maka puasa menjadi cara sederhana untuk menurunkan berat badan.

Selain untuk kesehatan fisik, berpuasa juga sangat bisa membantu menjaga kesehatan mental. Untuk manfaatnya antara lain adalah sebagai berikut.

Baca juga: Cara Menjaga Gaya Hidup Sehat dengan Anggaran Terbatas

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Mental

Manfaat puasa bagi kesehatan fisik dan mental juga signifikan untuk mengurangi efek gangguan mental.

Mengurangi Stres

Menurut psikiater UGM dalam jurnal Discovering the Advantages of Fasting for Mental Health, berpuasa mampu membantu mengurangi stres. Orang yang berpuasa cenderung memiliki pola makan yang lebih teratur. Otak bekerja lebih teratur untuk membuat jadwal dan pola rutin sehingga mengasah pikiran yang kurang jernih.

Selain itu, mengurangi makanan-makanan yang mengandung banyak toksin juga mengurangi stres dan mengontrol hormon kortisol. 

Menaikkan Mood Harian

Suasana hati bisa berubah-ubah setiap saat. Terlebih jika tidak dibantu dengan asupan makanan bergizi. Berpuasa secara tidak langsung dapat meningkatkan suasana hati harian.

Dengan mood yang lebih stabil, Anda menjadi lebih mudah menjalani aktivitas sehari-hari tanpa perlu merasakan emosi yang berubah-ubah.

Memperbaiki Kualitas Berpikir

Berhubungan dengan manfaat puasa bagi kesehatan fisik dan mental sebelumnya, puasa membantu agar otak tidak mengalami kerusakan syaraf. Hubungannya dengan kesehatan mental merujuk pada kemampuan berpikir yang lebih baik.

Seseorang yang berpuasa menjadi lebih jernih dalam berpikir, mampu membuat keputusan dengan baik, dan tidak mudah panik.

Meningkatkan Memori Otak

Masalah memori jangka pendek yang buruk dan menjadi pelupa berhubungan dengan tingkat stres yang tinggi dan asupan makanan yang kurang bergizi. Dengan mengatur pola makan dan menurunkan stres, maka masalah mudah lupa bisa Anda atasi.

Anda bisa merasakan manfaat puasa untuk kesehatan mental dengan jadi lebih mudah mengingat peristiwa baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan memori yang baik juga bisa membantu mengurangi kesalahan dalam bekerja maupun dalam kegiatan sosial pada umumnya.

Mengurangi Kecemasan

Gangguan kecemasan seringkali berhubungan dengan tingkat asam lambung yang tinggi. Jika keadaan lambung sudah stabil karena terbiasa dengan pola makan teratur, maka kecemasan juga bisa berkurang.

Dengan membiasakan diri puasa rutin dan teratur, maka Anda bisa mengurangi kecemasan dan hidup lebih tenang.Itulah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan fisik dan mental. Dengan memilih pola yang sesuai, maka Anda bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].