Ini Manfaat Laporan Keuangan untuk Bisnismu!

0
297
Ini Manfaat Laporan Keuangan untuk Bisnismu!

Bisnis merupakan sebuah entitas yang memiliki banyak aktivitas finansial yang terjadi sehari-hari. Mulai dari pembelian bahan baku, produksi barang, penjualan, pembayaran karyawan, hingga pembayaran utang. Semua aktivitas tersebut memiliki nilai ekonomi dan moneter yang mempengaruhi keuangan bisnis. Oleh karena itu, sebagai seorang pengusaha, penting bagi kamu untuk memiliki catatan keuangan atau laporan keuangan bisnis yang jelas dan akurat.

Laporan keuangan bisnis merupakan catatan yang merekam pergerakan transaksi pembelian, penjualan, serta jenis transaksi lainnya yang memiliki nilai ekonomi dan moneter dalam sebuah bisnis. Dalam setiap catatan tersebut, kamu bisa mengetahui bagaimana arus keuangan berjalan, berapa jumlah piutang, berapa jumlah utang, serta berapa margin dan keuntungan yang dihasilkan.

Ada setidaknya 3 laporan keuangan yang perlu kamu miliki dalam bisnismu, yaitu laporan laba rugi, arus kas, dan neraca. Ketiga laporan ini akan memberikan gambaran yang lengkap mengenai kondisi keuangan bisnismu.

1. Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah laporan yang merekam semua pendapatan dan pengeluaran bisnismu dalam satu periode waktu tertentu. Dalam laporan ini, kamu bisa mengetahui berapa pendapatan dan biaya yang dihasilkan, sehingga kamu bisa menghitung margin dan nilai keuntungan yang didapatkan.

2. Laporan Arus Kas

Laporan arus kas mencatat semua aliran kas masuk dan keluar dalam bisnismu selama satu periode waktu tertentu. Laporan ini penting untuk memantau arus kas keuangan, sehingga kamu bisa mengelola keuangan bisnis dengan lebih efektif.

3. Neraca

Neraca merupakan laporan yang merekam semua aktiva, hutang, dan ekuitas bisnismu pada satu titik waktu tertentu. Dalam laporan ini, kamu bisa mengetahui nilai aset bisnismu, jumlah utang, dan ekuitas bisnismu, sehingga kamu bisa memantau keseimbangan keuangan bisnis.

Pentingnya laporan keuangan dalam bisnis sangat besar, beberapa di antaranya adalah:

  • Mengetahui margin dan nilai keuntungan yang dihasilkan bisnismu dalam satu periode waktu tertentu.
  • Menganalisis perputaran piutang dan utang, sehingga kamu bisa mengontrol pengeluaran dan penerimaan kas.
  • Memantau arus kas keuangan, sehingga kamu bisa mengelola keuangan bisnis dengan efektif.
  • Sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan strategi bisnis ke depan.
  • Aspek yang diperhitungkan dalam mengajukan pinjaman atau mendapatkan investor.

Dengan adanya laporan keuangan, kamu bisa mengevaluasi kinerja keuangan bisnismu, mengetahui di mana posisi keuangan bisnismu saat ini, dan menentukan langkah selanjutnya untuk mengembangkan bisnismu. Tanpa laporan keuangan, akan sulit untuk mengetahui perkembangan bisnismu dan hal ini bisa menjadi sebuah masalah besar di masa depan.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut