Apa itu FIRE Movement?

0
346
Apa itu FIRE Movement?

Pensiun bukan lagi hanya tentang mencapai usia tertentu, melainkan juga tentang mencapai kebebasan finansial. FIRE Movement, singkatan dari Financial Independence, Retire Early, adalah gerakan finansial yang bertujuan untuk mencapai mandiri secara finansial dan pensiun dini.

FIRE Movement pertama kali digagas oleh Vicky Robin dan Joe Dominguez dalam buku mereka yang berjudul “Your Money or Your Life” pada tahun 1992. Namun, gerakan ini mulai populer pada tahun 2010 melalui berbagai blog dan forum diskusi. Dari situ, komunitas orang-orang yang menerapkan FIRE di kehidupan sehari-hari mulai terbentuk.

Tujuan utama dari FIRE Movement adalah mencapai kebebasan finansial sesegera mungkin dengan cara meningkatkan pemasukan dan menekan pengeluaran. Semakin tinggi pendapatan dan semakin rendah pengeluaran, maka semakin cepat pula mencapai kemandirian finansial.

Menurut para penggiat FIRE, untuk mencapai kebebasan finansial, kita perlu memiliki tabungan minimal 25 kali penghasilan tahunan. Misalnya, jika kamu memiliki penghasilan sebesar Rp 5 juta per bulan atau sekitar Rp 60 juta per tahun, maka kamu perlu memiliki tabungan minimal sebesar Rp 1,5 miliar.

Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk membuat target FIRE mu terlebih dahulu, yaitu kapan kamu ingin mencapai kebebasan finansial atau pensiun dini. Setelah itu, mulai hitung target tabungan yang kamu butuhkan setiap bulan dan tahun. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu coba.

1. Meningkatkan Pemasukan

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemasukan, seperti mencari sumber penghasilan tambahan dari pekerjaan paruh waktu, atau memulai bisnis sampingan.

2. Menekan Pengeluaran

Pengeluaran yang lebih rendah dari pendapatan dapat membantumu mencapai kebebasan finansial lebih cepat. Maka dari itu, perlu melakukan penghematan dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

3. Menabung dan Investasi

Tabungan merupakan salah satu kunci utama untuk mencapai FIRE. Selain menabung, kamu juga perlu melakukan investasi untuk memperoleh penghasilan pasif yang dapat menambah penghasilan dan mencapai FIRE lebih cepat.

4. Menentukan Gaya Hidup

Menentukan gaya hidup yang sesuai dengan kondisi keuangan adalah hal penting dalam mencapai FIRE. Kamu perlu mengatur pengeluaran dan menyesuaikan gaya hidupmu agar dapat mencapai target FIRE yang sudah ditetapkan.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut