Mengenal Doomscrolling dan Dampaknya

0
330
Mengenal Doomscrolling dan Dampaknya

Dalam kehidupan modern yang penuh dengan teknologi, kita seringkali merasa tergoda untuk terus-menerus menggulirkan layar ponsel kita untuk membaca berita, bahkan jika beritanya sangat buruk dan mempengaruhi emosi kita. Fenomena ini disebut doomscrolling, yang didefinisikan oleh Merriam-Webster sebagai kecenderungan seseorang untuk terus menjelajahi atau menelusuri berita buruk, meskipun berita itu sangat menyedihkan, mengiris hati, atau membuat depresi.

Ternyata kebiasaan doomscrolling ini dapat berdampak buruk pada kesehatan mental kita. Psikolog telah mengamati dampak negatif media terhadap kesehatan mental sebelumnya, tetapi dengan adanya teknologi dan politik yang semakin kacau, doomscrolling menjadi sesuatu yang berbeda karena dapat membuat seseorang mengalami stres yang lebih tinggi.

Sebuah studi yang dilakukan oleh National Academy of Sciences pada tahun 2014 menunjukkan bahwa liputan media tentang suatu peristiwa dapat lebih mempengaruhi stres seseorang daripada peristiwa itu sendiri. Sebuah studi lain di Psychological Science menunjukkan bahwa paparan gambar perang selama empat jam sehari dapat memperburuk gejala stres akut hingga tiga tahun setelah peristiwa 9/11 di World Trade Center.

Dalam pandemi COVID-19, banyak orang menjadi terobsesi dengan laporan berita COVID-19 yang justru menyebabkan stres dan kecemasan lebih bagi banyak orang. Sebuah studi baru pada bulan Agustus 2022 menunjukkan bahwa sisi kompulsif dari berita ini dianggap sebagai masalah utama. Penyerapan dalam narasi berita, keasyikan kita membaca berita, terobsesi untuk mengikuti perkembangannya, misregulation dan underregulation dalam menyaring berita, hingga ketika obsesi berita ini merusak hubungan sosial dan aktivitas sehari-hari lainnya dapat mengakibatkan seseorang mengalami kecanduan.

Doomscrolling dapat memengaruhi kesehatan mental kita, dan perlu diwaspadai. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecenderungan doomscrolling, seperti membatasi waktu yang dihabiskan untuk membaca berita, mencari sumber berita yang dapat dipercaya, dan mengatur konten yang kita konsumsi di media sosial. Dalam situasi di mana berita negatif memang tidak bisa dihindari, ada baiknya untuk mengatur waktu dan konteks dalam mengonsumsi berita tersebut.

Dalam dunia yang semakin penuh dengan teknologi dan informasi, menjaga kesehatan mental menjadi semakin penting. Dengan memahami dampak doomscrolling dan upaya untuk mengatasinya, kita dapat menjaga keseimbangan dalam penggunaan teknologi dan media untuk kesehatan mental yang lebih baik.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut