Lancar Interview Kerja dengan Metode “STAR”

0
677
Lancar Interview Kerja dengan Metode

Interview merupakan salah satu rangkaian seleksi rekrutmen yang wajib dilakukan untuk menentukan kompetensi seorang calon pegawai. Tahap ini merupakan salah satu tahap yang penting dan cukup krusial untuk memastikan bahwa kandidat memang layak untuk diterima bekerja di perusahaan. Banyak hal yang dapat mempengaruhi poin penilaian kita bagi para interviewer. Tapi kamu tak perlu khawatir, sebab hal ini dapat disiasati dengan metode STAR. Apa itu metode STAR?

Metode Star dalam Interview adalah salah satu cara dalam menjawab pertanyaan yang terkait dengan tingkah laku. Pertanyaan ini terkait dengan langkahmu menyikapi sesuatu dalam suasana kerja. Dengan metode ini, cara menjawab terkait pengalaman yang ada dengan lengkap dimana di dalamnya terkandung informasi terkait Situation (situasi), Task (tugas), Action (tindakan) dan Result (hasil)

Situation

Metode yang pertama yaitu Situation, dimana kamu bisa menjelaskan terkait suatu peristiwa / situasi yang telah dilalui sesuai dengan pertanyaan. Hal ini seperti kondisi kerjamu, serta komunikasimu dengan rekan kerja, atau yang lainnya

Task

Setelah kamu menjelaskan situasi atau permasalahan yang kamu hadapi, kamu bisa menjelaskan tugas atau job desc apa saja yang menjadi tanggung jawab pribadi mu pada situasi tersebut.

Action

Pada metode ini, kamu bisa menjelaskan sejauh mana dan sejauh apa tindakan yang sudah kamu lakukan untuk mengatasi situasi atau permasalahan tersebut. Sebaiknya kamu menjelaskan dengan detail bagaimana kontribusi mu.

Result

Terakhir, kamu bisa menjelaskan hasil atau output apa saja yang sudah kamu capai atas hal-hal yang telah kamu lakukan sebelumnya. Kamu bisa menjelaskan data-data pencapaian, sehingga interviewer mendapat gambaran secara konkret.

Pertanyaan yang akan diajukan oleh interviewer terkadang memang tidak dapat diprediksi. Meskipun begitu, umumnya pertanyaan tersebut seputar tantangan yang dihadapi kala bekerja dan bagaimana kamu menghadapi situasi tertentu. Dengan menjawab pertanyaan secara terstruktur dengan metode ini, para interviewer pasti merasa yakin dengan jawaban kamu.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut