5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengajukan Kredit Tanpa Agunan

0
1073
Kredit Tanpa Agunan

Membutuhkan uang dalam jumlah banyak dan waktu yang singkat bukanlah sebuah hal yang mudah, namun untuk kamu yang ingin mendapatkannya mungkin dapat mempertimbangkan kredit tanpa agunan. Kredit yang satu ini sifatnya pinjaman perseorangan (personal loan) atau pinjaman tanpa perlindungan.

Seperti yang diketahui bahwa apabila menggunakan pinjaman yang aman, maka kamu artinya mengizinkan pemberi hutang untuk dapat menggunakan salah satu aset yang kamu miliki seperti mobil atau rumah untuk menutupi kerugian apabila mereka tidak dapat membayarkan pinjaman yang telah dipinjamnya. 

Kredit Tanpa Agunan

Kredit tanpa agunan merupakan kredit yang terbilang mudah didapatkan, tanpa perlu menunjukkan aset yang bernilai saat mengajukan permohonan kreditnya. Karena biasanya pemberi kredit percaya kamu dapat membayarkan kembali uangnya sesuai dengan pinjaman yang telah diajukan sesuai dengan waktu dan bunganya.

Walaupun suku bunga tergantung dengan ketentuan yang diatur oleh pemberi kredit, kredit tanpa agunan ini memiliki suku bunga yang relatif lebih tinggi dibandingkan kredit tradisional yang menggunakan properti sebagai jaminannya. 

Umumnya mereka yang mengajukan Kredit Tanpa Agunan atau KTA ini diajukan oleh para pemilik usaha kecil untuk biaya operasional usahanya, tetapi tidak menutup kemungkinan juga untuk kebutuhan pribadi. Seperti contohnya renovasi rumah, penambahan perabotan baru dan lainnya. Selain itu pengeluaran yang sifatnya tidak terduga seperti untuk kesehatan atau untuk perbaikan kendaraan yang biayanya tidak sedikit juga menjadi alasan untuk mereka mengajukan pinjaman melalui kredit tanpa agunan.

Selain itu, keperluan yang non-produktif seperti masalah pendidikan, pernikahan, liburan juga dapat memanfaatkan KTA. karena itu manfaat dari KTA ini cukup beragam mulai dari kebutuhan yang produktif hingga yang non-produktif.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

  • Melihat Penilaian Kredit

Meningkatkan penilaian kredit dengan membayarkan kartu kredit atau tagihan yang dimiliki secara tepat waktu. Dengan membayarkan segala kredit yang dimiliki, maka ini akan meningkatkan faktor kamu untuk mendapatkan KTA karena hal tersebut dianggap kamu cukup reliabel untuk membayarkan segala tagihan yang dimiliki.

  • Membuat Daftar Seluruh Pinjaman Saat Ini

Mengumpulkan semua bukti terkait seluruh pinjaman, hal ini dapat dimulai dari rekening kamu terutama saldo dan aset lainnya seperti mobil yang sudah dibayarkan secara lunas. Lalu, kumpulkan tagihan-tagihan dalam beberapa waktu terakhir, untuk kamu yang bekerja sebagai karyawan, maka kamu dapat menyiapkan bukti bahwa kamu memiliki penghasilan yang tetap.

  • Mengajukan KTA ke Bank yang Kamu Miliki

Memberikan informasi yang dibutuhkan terkait berapa banyak pengajuan KTA yang kamu butuhkan, untuk kebutuhan apa digunakan nantinya dan berapa lama waktu pembayarannya. Berikan semua bukti terkait pemasukan apabila kamu meminjam dalam waktu yang relatif lebih pendek sehingga dapat membayarkan kembali hutang tersebut.

  • Memberikan Informasi Terkait Berapa Nominal yang Sanggup Dibayarkan

Periksa opsi pembayaran mengingat beberapa pinjaman perorangan harus membayarkan secara bulanan, namun beberapa juga ada yang perlu membayarkan bunganya saja setiap bulannya, hal ini tergantung dari setiap pinjaman perorangan yang dipilihnya.

  • Mencari Pilihan KTA Lainnya

Pastikan untuk menghindari menggunakan kredit tanpa agunan yang belum memiliki nama dan menjanjikan kecepatan serta kemudahan proses pencairannya, biasanya mereka memberikan KTA dengan tenor yang lebih singkat namun dengan bunga yang tinggi. Selain itu ada juga yang cepat bertindak melalui jalur hukum apabila pembayarannya tidak dilakukan dengan kesepakatan yang telah dibuat.

Karena itu kamu dapat mencari pilihan sebanyak-banyaknya yang sekiranya cocok dan sesuai dengan kebutuhanmu. Ingatlah untuk terus selalu mempertimbangkan segala hal seperti persyaratannya, biayanya serta risikonya di dalam pengajuan tersebut.

Selain KTA, kamu juga dapat mengajukan pinjaman melalui salah satu platform Peer-to-Peer (P2P) Lending yaitu Akseleran. Di platform ini kamu dapat mengajukan pinjaman dengan proses yang relatif lebih mudah.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

voucher promo akseleran blog blog100

Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]