Kelola 5 Bisnis Ini Agar Mendapatkan Penghasilan Tambahan

0
1154
Penghasilan Tambahan

Ada kalanya gaji bulanan yang didapatkan terasa kurang mencukupi kebutuhan sehari-hari. Kendala lainnya adalah gaji yang sekadar cukup, tetapi tidak pernah tersisa untuk ditabung. Padahal, menabung ataupun investasi merupakan salah satu poin penting yang tidak boleh terlewatkan dalam hal pengaturan keuangan. Jika Anda mengalami hal ini, sudah saatnya mempertimbangkan untuk mencari penghasilan tambahan.

Tidak pernah ada yang tahu kemungkinan yang terjadi di masa mendatang. Tanpa adanya dana cadangan, Anda sendiri yang akan kebingungan ketika tiba-tiba terjadi suatu musibah. Itulah mengapa menabung perlu dilakukan sejak dini untuk mencapai kenyamanan dan keamanan keuangan dari sekarang hingga nanti.

Untuk mengatasi masalah penghasilan yang kurang mencukupi, salah satu langkah yang bisa ditempuh adalah dengan menjalankan bisnis sampingan. Ada berbagai macam bisnis yang bisa dikelola di luar jam kerja rutin Anda. Berikut ini beberapa ide bisnis yang bisa dicoba:

  • Menjual Produk yang Berkaitan dengan Hobi

Hobi tidak hanya baik untuk melepaskan rasa penat dari rutinitas, tetapi bisa menjadi lahan penghasilan tambahan jika Anda jeli melihat peluang. Bahkan, banyak bisnis yang sukses berawal dari hobi dan kejelian melihat peluang yang ada dari hobi tersebut. 

Contohnya, bagi yang hobi bermain musik, Anda bisa melakukan hobi tersebut sekaligus menjual jenis alat musik tersebut ke komunitas tertentu atau market lainnya. Untuk mereka yang hobi memainkan gitar listrik, misalnya, bisa sekalian menjual efek pedal gitar, senar, atau gitar itu sendiri.

Jika hobi membaca buku, manfaatkan dengan turut serta berjualan buku. Masih banyak peminat buku fisik di luaran sana yang akan sangat tertarik membeli buku, baik masih baru ataupun buku bekas. Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan membeli buku bekas, turut serta membacanya, kemudian menjualnya kembali setelah puas membaca. Selain bisa menjadi lahan penghasilan tambahan, Anda juga bisa sekalian menekuni hobi.

  • Menjadi Penerjemah

Jika Anda menguasai bahasa asing, manfaatkan hal ini dengan menawarkan jasa penerjemah. Hingga saat ini, pekerjaan ini masih banyak dibutuhkan oleh banyak orang, bahkan instansi. Lakukan kerja sama dengan para penerjemah lain untuk memperluas jangkauan klien sekaligus sebagai tambahan tenaga ketika datang banyak pesanan. Dengan demikian bisnis penerjemahan Anda tetap berjalan lancar.

Usaha ini relatif tidak memerlukan modal yang besar, apalagi jika Anda sudah memiliki laptop dan koneksi internet di rumah. Selain itu, uang yang dihasilkan juga cukup menjanjikan. Apalagi dengan banyaknya situs pekerja freelance yang bisa digunakan sebagai tempat menawarkan jasa Anda.

  • Menjual Pulsa Elektrik

Telepon seluler menjadi perangkat penting yang dibutuhkan masyarakat. Hampir semua orang memiliki perangkat komunikasi ini. Itu sebabnya kebutuhan akan pulsa elektrik selalu ada, bahkan cenderung meningkat. Ini bisa menjadi peluang bagus yang sayang untuk dilewatkan. Jangan ragu untuk bekerja sampingan dengan berjualan pulsa karena omset pendapatannya cukup menjanjikan.

Usaha pulsa elektrik tidaklah merepotkan karena hanya memerlukan telepon genggam untuk proses penjualannya. Jadi, Anda bisa berjualan di mana saja, bahkan ketika sedang berada di kantor. 

Baca juga: 7 Peluang Usaha yang Paling Menjanjikan di 2020

  • Membuka Toko Online

Bisnis lain yang bisa dicoba di luar pekerjaan utama adalah membuka toko online. Untuk pekerjaan sampingan ini memang dibutuhkan modal, namun Anda bisa mengelolanya dengan leluasa di waktu luang saat berada di rumah. Jika tidak bisa membuat situs sendiri untuk berjualan, cobalah jual produk Anda di berbagai marketplace online yang kini telah banyak tersedia.

Jika tidak ingin direpotkan dengan kegiatan membungkus dan mengirim produk ke pembeli, ada sistem dropship yang bisa dimanfaatkan. Dengan sistem ini, Anda hanya perlu memasarkan dan bertindak sebagaimana layaknya seorang penjual, namun nanti para dropshipper yang akan mengirim barang tersebut. 

  • Menyewakan perlengkapan bayi

Apakah Anda memiliki anak yang sudah mulai besar dan tidak lagi membutuhkan peralatan bayi seperti kereta dorong, baby walker, atau mainan bayi lainnya? Jika jawabannya adalah iya, maka manfaatkan peralatan ini dengan menyewakannya kepada para orang tua baru. 

Seperti yang sudah banyak diketahui, peralatan bayi yang berkualitas tidaklah murah. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menyewakan peralatan bayi yang sudah tidak terpakai lagi. Untuk itu, pastikan Anda merawat perlengkapan bayi dengan baik agar bisa menjalankan usaha ini. 

Dari uraian di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa berjualan produk-produk yang disukai, menawarkan jasa, hingga menyewakan barang-barang yang tidak terpakai ternyata bisa menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda hanya perlu lebih kreatif memanfaatkan segala potensi yang ada. Ingatlah dengan tujuan utama yaitu menabung atau investasi. Dengan berinvestasi, keuangan akan lebih terjamin di masa depan. Anda pun tidak perlu kebingungan ketika waktu pensiun tiba.

Bantu UKM di Indonesia dan Dapatkan Bunga Hingga 21% per Tahun!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, sekaligus mencari penghasilan tambahan P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Dengan bunga hingga 21% per tahun, kamu dapat mulai mengembangkan dana di platform P2P Lending Akseleran hanya dengan dari Rp100 ribu saja.

voucher promo akseleran blog blog100

Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]