Ini 4 Kompetensi Guru yang Wajib Dimiliki di Era Digital

0
1412
Kompetensi Guru

Para guru di era digital kini menghadapi tantangan yang berbeda. Mereka memiliki siswa yang notabene adalah generasi digital yang sejak lahir sudah akrab dengan teknologi internet. Oleh karenanya, para guru ini – terutama guru Sekolah Dasar – yang memberikan pendidikan dasar dituntut untuk menguasai skil tertentu. 

Guru dituntut memiliki kompetensi guru dengan penguasaan yang optimal guna mengimbangi para siswa digital dengan berbagai karakteristiknya. Tujuannya adalah agar proses belajar mengajar bisa berjalan lebih efektif dan efisien karena para guru mampu mengajar dengan lebih kreatif.

4 Kompetensi Guru 

Pada umumnya terdapat 4 kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.

  • Kompetensi pedagogik terkait dengan kemampuan yang dimiliki oleh para guru saat mengajar dan mengelola kelas. 
  • Kompetensi kepribadian terkait dengan pribadi sang guru yang pantas untuk digugu dan ditiru. 
  • Kompetensi sosial berhubungan dengan kemampuan guru dalam menjalin komunikasi baik dengan murid, sesama guru, pemimpin dan staf sekolah, serta orangtua murid. 
  • Kompetensi profesional adalah kemampuan guru terkait dengan bidang keilmuannya, seberapa jauh dia menguasai ilmunya.

Di era digital ini terutama keempat kompetensi guru utama tersebut memengaruhi keberhasilan belajar mengajar secara intensif. Sedangkan kompetensi pedagogik menjadi hal yang paling terkait dengan kemajuan teknologi, guna mendukung  kelancaran dan kualitas pembelajaran.

Hal ini terkait dengan istilah Pedagogic Cyber dalam dunia pendidikan, yaitu pembelajaran yang dilakukan di kelas yang menerapkan teknologi atau digital canggih. Para guru wajib memiliki kompetensi pedagogik digital ini yaitu kompetensi yang terkait dengan alat bantu digital seperti internet dari yang sederhana hingga yang rumit. Pembelajaran digital yang tidak terbatas ruang dan waktu inilah yang saat ini dianggap lebih memudahkan baik bagi guru maupun para siswa.

Ini 4 Kompetensi Guru di Era Digital

Seperti yang telah dibahas di atas, bahwa di era ini para guru dituntut meningkatkan kemampuan pedagogic digital. Mereka tidak hanya harus mampu membuat media pembelajaran yang menarik, melainkan harus dapat memanfaatkan  internet untuk materi pembelajaran serta menggunakan media sosial dalam belajar mengajar. Nah, berikut ini ulasan selengkapnya tentang kompetensi Pedagogic Cyber yang harus dikuasai para guru.

  • Game Based Learning

Para guru harus mampu berkreasi membuat Game Based Learning yaitu belajar sambil bermain sehingga siswa tidak merasa bosan selama belajar. Tidak hanya mengatasi rasa bosan, metode Game Based Learning dapat merangsang para siswa untuk mampu berpikir kreatif atau critical thinking yang penting untuk jenjang pendidikan mereka ke depannya.

Game Based Learning ini harus terkait dengan materi pembelajaran dan mampu mendorong para siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir sehingga bisa lebih memahami dan menguasai materi. Games ini dipilih dengan tujuan agar para siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam mengambil keputusan, mencari solusi masalah, melakukan kolaborasi, serta melatih daya kreativitas mereka.

Baca juga: 5 Pilihan Terbaik Investasi Untuk Pemula

  • Blended Learning (Hybrid)

Blended learning menggabungkan metode pembelajaran yang dilakukan secara online dengan offline atau tatap muka. Di masa pandemi, metode ini sering dilakukan yaitu dengan menerapkan pembelajaran dari rumah secara daring. 

Metode Hybrid ini menjadi solusi pembelajaran dengan adanya keterbatasan jarak Dengan penggunaan teknologi sepenuhnya dalam metode ini, para guru dituntut untuk selalu update dengan perkembangan teknologi terkini.

  • Collaborative Learning

Kompetensi guru selanjutnya adalah Collaborative Learning. Melalui pendekatan Collaborative & Blended Learning -yang menjadi ciri era digital industri 4.0 – ini, para guru dapat membuat para siswa lebih siap dan terbiasa dengan budaya kerja kolaboratif. Dengan demikian, para siswa akan dapat memiliki potensi saat berhubungan secara sosial dan berkomunikasi.

  • Discovery Learning

Metode pembelajaran ini dapat mendorong siswa mencari pengetahuan secara aktif dan  mandiri dengan cara self-learning, melalui pemanfaatan beragam sumber baik dari materi buku maupun internet. Mereka belajar dengan cara meneliti materi untuk mendapatkan sebuah konsep.  

Dengan demikian metode ini dapat meningkatkan potensi critical thinking dan problem solving siswa. Pada akhirnya Discovery Learning akan mendukung sebuah life-long learning yang dibutuhkan bagi kehidupan siswa selanjutnya.

Nah, itulah 4 kompetensi guru yang harus dimiliki di era digital seperti saat ini. Dengan adanya kompetensi tersebut, para guru dinilai mampu menghadirkan pendidikan dan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien dalam memanfaatkan teknologi. Apakah Anda sebagai guru sudah siap menghadapi tuntutan ini?

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]