Kiat Mengelola Keuangan untuk Pasangan Baru

0
251

Sobat Akseleran sedang merencanakan pernikahan atau baru saja menikah? Selamat, ya.  Sebagai pasangan baru, salah satu yang membutuhkan perhatian ketika mengawali kehidupan bersama adalah mengelola keuangan bersama. Apa saja yang perlu dicermati agar keuangan rumah tangga dapat terkelola dengan baik?

  1. Terbuka mengenai kondisi keuangan masing-masing

Ini mungkin sensitif tapi perlu dilakukan agar kamu dan pasangan punya gambaran yang jelas mengenai pemasukan dan pengeluaran masing-masing. 

  1. Membuat rincian pengeluaran rumah tangga

Sebagai langkah awal, Sobat Akseleran dapat merinci pengeluaran rutin bulanan dalam rumah tangga, misalkan, KPR, iuran listrik, internet, belanja dapur, dsb. Dari situ dapat terlihat minimal biaya yang harus disediakan setiap bulan oleh kamu dan pasangan.   

  1. Membuat rekening khusus rumah tangga

Setelah memilah antara pengeluaran pribadi dan rumah tangga, maka perlu juga dibuat rekening yang terpisah dari rekening pribadi, agar dana bersama tidak tercampur dengan dana pribadi. Misalkan, sudah diputuskan dengan pasangan jumlah yang harus dikelola bersama setiap bulan untuk rumah tangga, maka sebaiknya dana tersebut ditempatkan pada rekening tersendiri. Nah, segala hal yang berkaitan dengan anggaran rumah tangga disetorkan dan ditarik dari rekening tersebut. Termasuk, ketika kamu dan pasangan memutuskan untuk melakukan investasi maupun pengembangan dana bersama. 

  1. Membuat rencana dan target keuangan bersama

Komunikasikan dengan pasangan tentang rencana finansial dan target bersama yang ingin dicapai. Diskusikan bagaimana dan kapan kalian ingin target tersebut terealisasi. Misalkan, menyiapkan untuk dana persalinan, melunasi KPR, pendidikan anak, dana pensiun, dsb. Apakah ingin berinvestasi melalui pasar modal, reksa dana atau mengembangkan dana melalui platform P2P Lending. Gunakan aplikasi kalkulator finansial untuk membantu memudahkan penghitungan. Kalian bisa coba menggunakan kalkulator finansial dari Akseleran juga, lho.

  1. Anggarkan dana darurat

Selain menyiapkan tabungan, kalian juga perlu mempersiapkan dana darurat. Alokasikan dari budget rumah tanggamu untuk dicadangkan sebagai dana darurat yang sewaktu-waktu bisa diambil, jika sangat dibutuhkan. 

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]