Apa Itu VCC dan Apa Saja Manfaatnya?

0
170
Apa Itu VCC

Apa itu VCC (Virtual Credit Card)? VCC adalah kartu kredit yang berbentuk virtual dan dapat digunakan secara online. Ini berbeda dengan kartu kredit biasa yang bisa dilihat fisiknya. VCC pada umumnya tidak diterbitkan oleh penerbit kartu kredit biasa.

Tren penggunaan VCC terimbas dari makin banyaknya ecommerce yang bersedia menerima pembayaran kredit secara online. Sayangnya, tidak semua orang memiliki kartu kredit konvensional karena proses pembuatannya yang panjang. Untuk itu, kartu kredit virtual menjadi solusi yang paling tepat.

Cara Kerja VCC

Apa Itu VCC? Jika Anda harus melakukan transaksi online dengan kartu kredit, tetapi khawatir akan keamanan data, VCC adalah solusinya. Untuk mendapatkan kartu kredit virtual ini, langkah yang perlu Anda lakukan adalah membelinya di penyedia jasa VCC.

Proses pembelian VCC bisa diibaratkan seperti pembelian pulsa di ponsel. Jika ponsel tidak terisi pulsa, maka tidak bisa digunakan untuk beraktivitas. Demikian pula VCC tak bisa digunakan jika di dalamnya tidak ada saldo. Untuk mengisi saldo, Anda perlu menghubungi penyedia jasa, barulah transaksi bisa dilakukan.

Perlu diketahui, masa berlaku VCC tidak selama kartu kredit pada umumnya. Selain itu, penggunaannya pun tak lebih rentan daripada kartu kredit konvensional. Bukan saja lebih aman, tetapi Anda dapat mengontrol pembelanjaan dengan lebih baik.

Keunggulan VCC lain adalah tidak memiliki biaya bulanan. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya pada saat mengisi saldo saja. Sementara itu, kartu kredit konvensional mensyaratkan iuran yang harus dibayar secara rutin.

Fungsi dan Manfaat VCC

Lalu, apa itu VCC? dan apa saja fungsi serta manfaat yang dapat Anda nikmati? Berikut di antaranya:

  • Menggantikan Kartu Kredit Konvensional

Seperti tujuan awalnya, VCC memang ditargetkan untuk menggantikan kartu kredit yang diterbitkan oleh bank. Sebagian orang memang memandang kartu kredit konvensional dengan paradigma negatif karena mewajibkan bunga tagihan. Selain itu, pengajuan kartu kredit biasanya tak langsung disetujui.

Sebaliknya, membuat VCC terbilang mudah dan praktis. Untuk mendaftar, Anda hanya perlu mencari penjual jasa VCC yang menawarkan harga sesuai kebutuhan dan kemampuan. Setelah itu, kartu ini pun bisa dilakukan untuk bertransaksi secara online seperti kartu kredit pada umumnya.

Baca juga: Dibanding Apply Kartu Kredit, Lebih Baik Investasi Saja!

  • Memverifikasi Akun Paypal

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki VCC adalah memenuhi syarat verifikasi akun PayPal. Ini merupakan platform pembayaran yang memiliki sejumlah keunggulan. PayPal memungkinkan pengiriman dan penerimaan uang secara lintas negara dengan sangat mudah. Jumlah nominal transfer yang diperbolehkan juga lebih besar.

Bukan hanya PayPal, ada sejumlah akun online yang membutuhkan verifikasi kartu kredit virtual. Sebut saja, eBay, Google Adwords, Etsy, Amazon, dan sebagainya. Data kartu kredit yang dimiliki menjadi syarat untuk membuat akun dan menggunakannya.

  • Melakukan Pembayaran Internasional

Bukan hanya dapat digunakan untuk kelengkapan PayPal, VCC juga dapat menjadi alat pembayaran internasional. Seperti halnya kartu kredit, fungsi-fungsi yang ada di VCC juga sama, yaitu dapat bertransaksi di sejumlah website jual beli dengan logo Visa atau Mastercard.

Cara Memilih VCC

Meskipun terkesan aman, penting juga bagi Anda untuk tetap berhati-hati saat akan membuat kartu kredit virtual. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk ini. Pertama, menilai reputasi penyedia jasa VCC. Karena hanya bisa diakses secara online, Anda pun perlu menelusuri reputasinya melalui internet. Salah satu tandanya adalah lama situs website beroperasi.

Kedua, bandingkan fitur yang ditawarkan. Ada berbagai pilihan VCC yang tersedia saat ini. Masing-masing menawarkan fitur yang berbeda. Kenali terlebih dahulu fitur yang sesuai dengan kebutuhan sebelum memutuskan untuk membelinya.

Terakhir, pilih penyedia jasa yang bonafide dan bisa dihubungi dengan mudah. Di Indonesia, ada sejumlah penerbit VCC yang bisa Anda pilih. Makin mudah dihubungi, akan makin mudah bagi Anda untuk mencari solusi jika terjadi masalah pada VCC.

Jadi, inilah ulasan singkat mengenai apa itu VCC yang perlu Anda ketahui. Manfaatkan keunggulannya untuk aktivitas transaksi online yang lebih mudah dan praktis. Jangan lupa, tetap pastikan untuk mengontrol penggunaan kartu kredit sehingga pengelolaan keuangan tak terganggu.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]