Kehadiran Pusdafil Sebagai Early Warning System P2P Lending

0
651

Seiring meningkatnya penggunaan layanan P2P Lending, pengawasannya pun akan semakin meningkat. Hal ini terlihat dari rencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengembangkan Pusat Data Fintech Lending (Pusdafil). 

Kehadiran Pusdafil ini diharapkan berperan sebagai Early Warning System (EWS) dalam aktivitas pinjam-meminjam P2P Lending. Nantinya, melalui Pusdafil ini juga akan termuat informasi mengenai pinjaman bermasalah dari pengguna dengan pinjaman bermasalah pada penyelenggara Fintech Lending yang telah terdaftar/berizin di OJK. Dengan begitu, kasus-kasus nasabah yang meminjam di beberapa fintech sekaligus dan tidak bisa mengembalikan pinjamannya dapat diminimalisasi. 

Sistem peringatan dini ini dapat menjadikan pengawasan terhadap limit pinjaman, monitor TKB90, kepatuhan wilayah penyaluran pinjaman serta kinerja P2P Lending ke depannya semakin berkualitas. 

Berdasarkan data OJK, hingga 30 April 2021, sudah terdapat 71 platform yang telah terkoneksi dengan Pusdafil. Sebagai informasi, proses pengembangan Pusdafil ini sudah mulai dilakukan sejak kuartal IV tahun 2020. Nantinya, Pusdafil ini juga akan berkolaborasi dengan Fintech Data Center yang telah dimiliki oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Sekilas tentang Early Warning System

EWS  merupakan upaya pencegahan dini yang dilakukan lembaga keuangan (bank maupun non-bank) sehingga kredit yang disalurkan kepada debitur dapat berjalan sesuai peruntukannya. EWS mendeteksi tanda-tanda awal yang dapat menimbulkan kemungkinan terjadi gagal bayar oleh debitur sehingga sebelum kondisinya memburuk, sudah ada langkah penanganan awal yang dilakukan oleh penyedia jasa keuangan. 

Beberapa gejala dini kredit bermasalah yang bisa dipantau antara lain ketika debitur mengalami permasalahan finansial (kesulitan keuangan, likuiditas melemah) maupun non-finansial (keterlambatan penyampaian laporan keuangan, perubahan jenis usaha, perubahan pola komunikasi). 

Lembaga keuangan yang mampu mengelola risiko kredit bermasalah dengan EWS akan tetap dapat terus menyalurkan kredit baru yang berkualitas.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]