Jadwal Tes CPNS 2021: Sesi Tes, Syarat, hingga Kisi-Kisinya!

0
359
Jadwal Tes CPNS 2021

Apakah kamu menunggu momen seleksi CPNS 2021? Jika dilihat dari antusiasmenya di tahun 2019, tercatat sebanyak 5.021.071 akun telah dibuat untuk melakukan pendaftaran di website http://sscasn.bkn.go.id. Animo pendaftaran cenderung meningkat tiap tahunnya. Tidak heran kalau jadwal tes CPNS 2021 sangat dinanti.

Apakah kamu berminat menjadi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN)? Simak beberapa informasi penting mengenai proses seleksi CPNS 2021 di bawah ini!

Sesi Tes CPNS 2021

Pada tahun 2021, CASN melalui proses administrasi mulai dari tanggal 30 Juni sampai 21 Juli 2021. Waktu tersebut cukup singkat, jadi persiapan pengumpulan dokumen harus cepat. Pengumuman peserta yang lolos tahap ini dilakukan dalam dua hari, yaitu tanggal 28 dan 29 Juli 2021.

Tahap seleksi yang berikutnya dilakukan adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Masa pelaksanaannya adalah dari tanggal 25 Agustus sampai 4 Oktober 2021. Kemudian, ada Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Jadwal SKB CPNS 2021 adalah dari 15 sampai 28 November 2021 (tahap 1) dan 27 November  sampai 18 Desember 2021 (tahap 2).

Kamu wajib mengetahui pelaksanaan seleksi sesuai instansi yang kamu pilih karena masing-masing instansi memiliki jadwal tes CPNS 2021 masing-masing. Pengumuman CPNS 2021 pun juga sangat tergantung dari instansi yang kamu pilih. Karena itu, CASN harus rajin untuk mengecek progres pendaftarannya.

Syarat Pendaftaran CPNS 2021

Seorang CPNS harus memenuhi syarat tertentu untuk melakukan pendaftaran. Berikut adalah syarat-syarat dasar yang kamu wajib dipenuhi saat mendaftar:

  • Memiliki kewarganegaraan Indonesia.
  • Usia pelamar setidaknya 18 tahun dan maksimal 35 tahun (pada saat jadwal tes CPNS 2021).
  • Peraturan berbeda berlaku untuk posisi tertentu seperti dokter spesialis, dosen atau lektor, peneliti yang sudah menempuh doktoral dengan maksimal usia 40 tahun (hal ini tertuang di Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2019).

Ada juga ketentuan tambahan yang perlu dipenuhi saat mendaftar, selain persyaratan dasar seperti yang disebutkan di atas:

  • Tidak pernah menjalani hukum pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih;
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atau tidak atas permintaan sendiri atau dengan hormat sebagai PNS/Prajurit TNI/Kepolisian Negara RI;
  • Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat dari perusahaan swasta;
  • Bukan seseorang yang menjabat sebagai C/PNS, anggota TNI, maupun anggota Polri;
  • Bukan anggota partai politik maupun terlibat di politik;
  • Berkualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan posisi; 
  • Sehat jasmani dan rohani;
  • Bersedia menjalani penempatan di berbagai wilayah NKRI atau negara lain sesuai pengaturan instansi.

Baca juga: Daftar Lengkap Biaya Tes DNA di Rumah Sakit!

Kisi-Kisi Tes CPNS 2021

Selain persyaratan di atas, seorang CPNS wajib untuk mempersiapkan materi belajar tes kalau sudah lolos administrasi. Sepanjang jadwal tes CPNS 2021, akan ada tes sebagai berikut:

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Materi yang akan dibahas menyangkut kemampuan bahasa Indonesia, nasionalisme, integritas diri, bela dan pilar negara. Seorang PNS haruslah mengabdi kepada nusa dan bangsanya. Karena itu, ia harus memiliki pengetahuan yang menyeluruh mengenai negara Indonesia.

2. Tes Inteligensi Umum (TIU)

Tes ini meliputi kemampuan verbal (seperti analogi dan silogisme), kemampuan numerik (seperti deret angka dan soal cerita), serta kemampuan figural (seperti perbandingan). Tujuan dari tes ini adalah mengetahui kemampuan kognitif dari CASN agar mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Ada beberapa topik yang dibahas di dalam tes ini seperti sosial budaya, teknologi informasi, anti-radikalisme, profesionalisme, networking dan pelayanan publik. Tujuan dari tes ini adalah melihat kualitas calon dari segi kepribadiannya. Seorang PNS harus memiliki kemampuan untuk beradaptasi dan bekerja sama di lingkungan kerja.

Masing-masing tes memiliki passing grade. Berikut ini merupakan passing grade tergantung formasinya:

  • Formasi umum TWK 65, TIU 80, TWK 166; 
  • Formasi kebutuhan khusus Cumlaude dan DIASPORA TIU 85, total SKD 311; 
  • Formasi kebutuhan dokter TIU 80, total SKD 311; 
  • Formasi kebutuhan disabilitas dan kebutuhan khusus CASN dari Papua dan Papua Barat TIU 60, total SKD 286; 
  • Formasi ABK, Rescuer & Pengamat Gunung TIU 70, total SKD 286.

Seleksi CPNS memang bukan proses yang mudah untuk dijalani, tetapi bukan juga hal yang mustahil untuk dicapai. Begitu jadwal tes CPNS 2021 diumumkan, pelamar harus berpacu dengan waktu untuk menyiapkan berkas dan latihan agar mendapatkan hasil maksimal saat tes.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]