Yakin Kamu Paling Pintar? Tes IQ Kamu Di Sini!

0
698
Tes IQ

Inteligensi atau kecerdasan biasanya jadi persyaratan pertama yang harus dipenuhi kalau kamu ingin melanjutkan studi atau bekerja di institusi tertentu. Kamu akan mengikuti tes IQ untuk tahu kemampuanmu. Namun, kamu sebaiknya membiasakan diri terlebih dahulu dengan bentuk tes yang disajikan supaya performanya maksimal.

Apa Saja Bentuk Tes Inteligensi Itu?

Cara mengetahui IQ kita dilakukan dengan melalui tes khusus yang memang dirancang untuk melihat skor IQ. Tesnya sendiri punya berbagai macam bentuk, bukan cuma satu saja. Berikut adalah beberapa bentuk tes ini yang wajib kamu kenal:

1. Tes Verbal

Indikator utama yang dinilai dalam bagian tes ini adalah komprehensi atau pemahaman terhadap teks. Selain itu, inteligensi verbal juga mencakup kekayaan kosa kata yang dimiliki oleh individu. Tes verbal ini bisa menunjukkan apakah kamu bisa memanfaatkan bahasa untuk menyelesaikan masalah-masalah.

2. Penalaran Spasial

Ini adalah sebuah kemampuan yang tidak perlu diajarkan, tetapi bukan berarti bahwa latihan tes IQ tidak akan membantu. Pada bagian penalaran spasial, kamu akan dites mengenai kemampuan orientasi arah dan objek di dalam suatu ruang, melengkapi gambar, maupun menyusun gambar.

3. Kemampuan Matematika

Kemampuan matematis kamu ternyata juga menjadi penentu dari skor IQ yang didapatkan. Biasanya hitungan matematika yang disajikan simpel, tetapi kamu harus punya kemampuan numerik yang baik untuk bisa menebak apa yang diharapkan dari soal itu.

4. Kemampuan Persepsi

Kamu juga akan diberi tes untuk mengukur kemampuan persepsi atau visual. Tes ini bisa mendeteksi bagaimana kamu memahami informasi yang bentuknya visual. Contoh soalnya adalah mendeteksi persamaan dan perbedaan dari dua gambar. Kamu bisa latihan dengan tes IQ gambar dan jawabannya.

5. Logika

Bagian tes ini bisa dibilang yang paling menantang dibandingkan bagian lainnya. Pada intinya, kamu akan diberi beberapa informasi. Dari informasi itu, kamu harus melakukan deduksi. Kamu perlu benar-benar paham koneksi informasi yang diberikan supaya bisa menerka efek kausalnya.

6. Pengenalan Pola

Sebuah tes inteligensi juga akan memberikan kamu pola untuk dianalisis. Pola ini bisa berupa kata, angka, maupun gambar. Ketika menghadapi soal semacam ini, kamu harus menangkap pola yang disajikan. Seiring dengan bertambahnya soal, tingkat kesulitannya akan bertambah.

Tempat untuk Tes IQ Kamu

Tes untuk mengukur IQ yang resmi adalah yang dikeluarkan oleh badan khusus dan hasilnya akan dianalisis oleh ahli, misalnya psikolog. Akan tetapi, kamu juga tetap bisa mengambil tes online sebagai sarana latihan supaya lebih siap saat di situasi yang sebenarnya. 

Di bawah ini adalah beberapa platform yang sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin latihan tes:

1. International IQ Test

Di platform ini, kamu dapat mengetes inteligensi dengan praktis. Terdapat tes yang disajikan dalam bahasa Indonesia jadi tidak akan terjadi bias bahasa waktu kamu mengerjakan soal. Satu set inteligensi di sini terdiri dari 40 soal yang mengukur berbagai bentuk kemampuan intelektualmu.

2. TreningMozga

Website ini tidak cuma menyediakan tes inteligensi buat kamu. Ada banyak bentuk game yang memang didesain untuk melatih otak. Tes inteligensi yang ditawarkan di sini ada pilihan tingkat kesulitannya, jadi kamu bisa latihan sebelum menghadapi soal yang lebih berat.

Baca juga: Daftar Lengkap Biaya Tes DNA di Rumah Sakit!

3. Quick IQ Test

Tes IQ yang disajikan bentuknya adalah yang nonverbal. Pengunjung website akan diberikan 15 soal yang berupa gambar dan mereka harus menyelesaikan tes dalam waktu yang sudah ditentukan. Meskipun jenis soalnya cuma satu macam, kamu tetap bisa dapat sedikit gambaran tentang IQ.

4. Memorado

Memorado adalah platform lain yang menyediakan kesempatan kamu untuk mengetes inteligensi dengan praktis. Bentuk tes yang disajikan lumayan lengkap. Kamu akan menjumpai soal asosiasi kata, matematika, hingga pola gambar. Tidak ada batas waktu untuk mengerjakan soal di platform ini.

5. Mensa IQ Challenge

Mensa adalah sebuah organisasi yang mewadahi orang-orang dengan skor IQ tinggi di dunia. Di websitenya, orang awam bisa mengikuti tes yang biasanya diberikan untuk calon anggotanya. Tes ini diberikan sesuai dengan kategori umur kamu. Dibandingkan di platform lain, tes yang ada di sini lumayan susah.

Menantang diri sendiri dengan ikut tes IQ merupakan sebuah hal yang mengasyikkan. Anggap saja hal ini sebagai latihan untuk membuat kognitif kamu lebih segar. Penting untuk tahu apa saja sih bentuk-bentuk soal yang disajikan di dalam tes. Dengan begitu, kamu akan lebih siap menghadapinya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]