Serba-serbi Investasi Saham Online untuk Pemula

1
284
Investasi saham online

Investasi saham online menjadi opsi yang cukup relevan bagi banyak orang untuk mulai belajar investasi. Namun, pastinya, harus mempelajari dasar-dasar tentang investasi agar dapat menunjang karier berinvestasi Anda.

Saham menjadi salah satu pilihan yang relevan karena potensi profitnya yang cukup menggiurkan. Walaupun, tentu ada level risiko yang patut Anda pikirkan matang-matang dalam setiap transaksi.

Apa itu Investasi Saham Online?

Sederhananya, investasi saham online adalah transaksi jual beli saham perusahaan tertentu yang teknisnya dilaksanakan secara online. Dengan cara ini, Anda dapat melakukan investasi dengan lebih fleksibel dari mana saja dan kapan saja.

Ini adalah evolusi positif yang terbilang signifikan. Dulu, para calon investor mesti ribet mengisi beberapa formulir dengan dokumen cetak yang cukup tebal. Sekarang, kemajuan teknologi membuat semuanya jadi lebih mudah dan efisien.

Jadi, sudah jelas bahwa perbedaan mendasar dengan transaksi jual beli saham pada umumnya ada pada teknisnya. Kalau dulu masih konvensional, sekarang jadi serba praktis.

Keuntungan Investasi Saham Online

Ada beberapa poin yang membuat Anda sadar bahwa investasi saham secara online menjadi pilihan yang tepat. Berikut uraian mengenai kelebihan ataupun keuntungan investasi saham secara online.

1. Jam Kerja Fleksibel

Dengan metode investasi online, Anda jadi lebih mudah saat mau transaksi. Hal ini akan membuat Anda lebih fleksibel dalam melakukan investasi. Tidak ada lagi keluhan mengenai kesibukan yang padat karena kapan saja Anda senggang, Anda bisa berinvestasi.

Anda juga tidak perlu repot berpakaian rapi dan bergegas menuju gedung-gedung tinggi untuk mendaftarkan diri sebagai investor. Cukup dengan sentuhan jari, Anda sudah bisa memulai berinvestasi saham.

2. Transparansi Setiap Saat

Adalah transparansi yang menjadi titik tawar dari segala relasi kerja sama yang sehat dan terbuka. Dengan saling bersikap transparan, kedua belah pihak bisa mempercayai satu sama lain. Meminimalisir kecurigaan dan saling tuduh yang bisa berdampak buruk nantinya.

Anda bisa memantau saham secara online setiap waktu. Menyimak pergerakan nilai pasar dari waktu ke waktu menjadi pekerjaan harian bagi seorang trader. Melatih insting Anda agar bisa menganalisis dan meracik strategi yang tepat berikutnya.

3. Modal Bersahabat

Jika dulu orang harus benar-benar kaya untuk bisa berinvestasi, kini hampir semua orang dapat berinvestasi. Besaran saldo awal minimal untuk investasi saham sekarang juga lebih “bersahabat”.

Sebenarnya, ini merupakan hal yang cukup relatif karena tergantung kebijakan masing-masing perusahaan. Namun, umumnya, sekarang Anda sudah bisa investasi dengan modal ratusan ribu rupiah saja.

Modal lainnya seperti alat penunjang investasi pun juga lebih akomodatif. Anda bisa melakukan investasi saham melalui ponsel pribadi dengan lebih nyaman. Tidak wajib memiliki perangkat laptop yang canggih karena dengan gawai pun sudah cukup memadai.

Risiko Investasi Saham Online

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda waspadai jika ingin terjun di dunia investasi saham. Hal ini wajib Anda perhatikan agar tidak mudah terlena dengan iming-iming profit besar yang tidak rasional.

1. Fluktuasi Pasar

Faktor pertama jelas adalah kondisi pasar yang fluktuatif. Di sinilah sebenarnya letak pertaruhan strategi dan kematangan bertindak Anda diuji. Ingat, risiko yang besar mendatangkan untung yang besar pula.

Kejelian membaca pergerakan nilai saham jadi modal pertama yang mesti Anda miliki. Kapan Anda harus menjual dan membeli saham akan berdampak secara langsung terhadap besar maupun kecilnya profit yang akan Anda dapatkan.

2. Keadaan Ekonomi Global

Hal ini sebenarnya terbilang relatif menyesuaikan karena berkaitan langsung dengan persinggungan perusahaan yang Anda beli sahamnya. Jika perusahaan Anda terdampak maka jelas potensi profit Anda juga akan guncang.

Kondisi makroekonomi dunia ini sungguh kompleks. Ada banyak hal yang mempengaruhinya. Jika Anda menaruh saham kepada perusahaan roti, bisa saja terdampak akibat invasi Rusia mengingat Ukraina sebagai salah satu poros produsen gandum dunia.

Hal-hal semacam itu jelas berada di luar kontrol Anda sebagai seorang investor. Yang dapat Anda upayakan adalah bersikap cermat dan rasional dalam membuat keputusan agar bisa mengatasi potensi kerugian yang ada.

3. Integritas Perusahaan

Faktor satu ini mungkin jarang mendapat sorotan, padahal pengaruhnya cukup signifikan. Seorang investor tentu akan sukar menaruh uangnya dalam saham perusahaan yang kurang kredibel.

Bisa juga integritas perusahaan yang sudah bertahun-tahun kokoh, bisa hancur karena kecerobohan satu-dua petingginya. Hal ini akan berdampak pada valuasi perusahaan tersebut.

Jika Anda berinvestasi cukup banyak, tentu akan menjadi kerugian yang cukup masif. Tetapi, investor saham yang bijak pastilah sudah pandai membaca tanda-tanda yang muncul.

Bagaimana Cara Memulai Investasi dan Apa yang Mesti Dipelajari

Setelah Anda belajar mengenai ilmu dasar seputar investasi saham, Anda bisa mulai berinvestasi dengan nominal kecil dulu. Jika masih takut merugi, bisa pakai akun demo dulu.

Namun, sebelum itu, pastikan Anda sudah memiliki rekening bank sendiri. Usahakan atas nama Anda sendiri agar memudahkan proses administrasi pendaftaran investasi saham.

Anda juga mesti mengukur kapasitas finansial diri Anda. Berinvestasilah sesuai dengan kemampuan keuangan yang ada. Tidak perlu terlalu menggebu ingin untung banyak, tapi berinvestasi secara serampangan.

Sebaliknya, mulailah dengan investasi dari nominal kecil dahulu. Seiring waktu, Anda bisa menambah besaran modal, tentunya barengi dengan belajar investasi saham secara lebih mendalam.

Takar profil risiko pilihan investasi saham Anda dengan saksama. Jika ingin hasil cepat, ya pilih investasi berjangka pendek seperti 1—2 tahun. Namun, jika ingin profit lebih dan Anda bersabar menunggu, investasi jangka Panjang (5—10 tahun) bisa jadi opsi yang tepat.

Pentingnya Konsistensi dan Kegigihan

Selain itu, Anda juga mesti memiliki daya tahan yang kuat. Investasi bukan dunia yang mudah maka bertahan jadi kunci utama jika Anda mau sukses. Ini menjadi tantangan pertama para investor pemula yang baru terjun ke dunia investasi.

Memang, profit menjadi tujuan utama seorang investor, tetapi Anda juga jangan menganggap kekalahan melulu sebagai kemunduran karier. Justru karena itu, Anda bisa belajar dan melakukan evaluasi secara lebih konkret.

Beda jika Anda jarang sekali mengalami kerugian di awal karier investasi Anda. Itu malah menjadi ancaman karena Anda terlalu yakin akan selalu menang dan mengesampingkan analisis mendalam dalam mengambil keputusan.

Jika tidak hati-hati, bisa-bisa Anda langsung merugi banyak dan kapok investasi. Inilah mengapa seorang investor mesti pandai membaca situasi dan tidak mudah jemawa. Keuntungan bisa datang tiba-tiba sebagaimana kerugian.

Segera mulai berinvestasi sekarang juga dengan berapapun modal yang Anda miliki. Pilih opsi investasi yang Anda minati dan cocok dengan analisis yang Anda lakukan.Jika Anda sedang merintis UMKM dan membutuhkan modal sebagai investasi, Anda bisa berkunjung ke laman Akseleran. Aplikasi Akseleran adalah platform P2P lending yang dapat membantu Anda dalam hal mencari modal investasi saham online.

BLOG100

1 COMMENT

Comments are closed.