Resep Ketupat Lebaran Enak Anti Gagal

0
302
Resep Ketupat Lebaran Enak Anti Gagal

Ketupat adalah salah satu menu wajib saat menyambut Hari Raya Lebaran bagi umat Islam. Makanan yang terbuat dari beras yang diawetkan dalam anyaman daun kelapa ini menjadi sajian yang pas untuk disantap bersama dengan lauk pauk seperti opor dan rendang.

Ketupat memiliki makna yang mendalam dalam budaya masyarakat Indonesia. Nama “ketupat” berasal dari kata “ngaku lepat” yang berarti meminta maaf atau mengakui kesalahan. Hal ini menggambarkan bagaimana ketupat merupakan simbol kerendahan hati dan permohonan maaf di hadapan Tuhan.

Selain itu, bentuk ketupat yang terbuat dari pola anyaman dimaknai sebagai kerumitan akan kesalahan yang pernah diperbuat. Ketupat juga melambangkan kebulatan dan keutuhan keluarga yang harus dijaga, sehingga bisa menjadi benteng bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah dan kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah resep ketupat anti gagal yang bisa kamu coba untuk sajian hari raya.

Bahan-Bahan Membuat Ketupat

  • 1 kg beras
  • Air matang secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Daun pandan 2-3 helai

10 buah selongsong ketupat

Cara Membuat Ketupat yang Enak dan Tahan Lama

  1. Cuci beras sampai bersih.
  2. Rendam beras dalam satu wadah yang terisi air bersih dan daun pandan hingga 60 menit. Hal ini bertujuan untuk memberikan aroma yang harum pada beras.
  3. Setelah 60 menit, tambahkan garam secukupnya dan aduk hingga merata.
  4. Tiriskan beras selama 15 menit agar garam meresap dengan sempurna.
  5. Masukkan beras dan daun pandan ke dalam selongsong ketupat hingga setengahnya penuh.
  6. Rapatkan selongsong ketupat dengan cara meremas daun kelapa hingga beras terkemas dengan sempurna dan tak mudah lepas.
  7. Rebus air dalam panci besar. Setelah air mendidih, masukkan ketupat yang sudah diisi beras dan pastikan ketupat terendam air.
  8. Rebus ketupat selama 4-5 jam. Pada awal merebus, api harus dalam keadaan besar. Setelah itu, perlahan-lahan kecilkan api agar ketupat tidak pecah.
  9. Jika sudah, angkat ketupat dan siram dengan air dingin untuk membersihkan lendir yang menempel pada daun kelapa.
  10. Diamkan beberapa saat dan gantung ketupat agar ketupat kering. Setelah itu ketupat siap dihidangkan.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut