8 Pilihan Investasi Paling Mudah untuk Pemula

0
480
Investasi untuk Pemula

Investasi penting untuk melindungi masa depan. Ada banyak pilihan investasi yang tersedia. Jika Anda pemula dalam investasi, berikut delapan investasi untuk pemula yang perlu Anda tahu.

1. Investasi Saham

Saham adalah penanaman modal di perusahaan tertentu. Dengan membeli saham, seorang investor pada dasarnya membeli sebagian kecil pendapatan dan aset perusahaan yang telah dipilih berdasarkan portofolio perusahaan tersebut.

Saham ditawarkan oleh perusahaan sebagai sarana untuk mengumpulkan uang investor. Investor sendiri pada gilirannya, dapat membeli dan menjual saham tersebut di antara mereka sendiri.

Saham termasuk dalam investasi dengan risiko sedang hingga tinggi karena meskipun ada potensi pengembalian yang tinggi, nasib saham sepenuhnya bergantung pada kinerja perusahaan dan tidak menutup kemungkinan bisa gulung tikar.

Bagaimana investor bisa menghasilkan uang dari pembelian saham?

Investor saham menghasilkan uang ketika nilai saham yang mereka miliki naik dan mereka dapat menjual saham itu untuk mendapatkan keuntungan. Beberapa saham juga membayar dividen, yang merupakan pembagian rutin pendapatan perusahaan kepada investor.

Saham sendiri terdiri dari berbagai macam, salah satunya “Blue Chip”. Istilah “Blue Chip” berasal dari permainan Poker, di mana setiap warna chip sesuai dengan nilai, dengan warna biru yang paling berharga. Saham “Blue Chip” mengacu pada perusahaan besar dengan reputasi yang sangat baik. 

Dalam hal kinerja, “Blue Chip” dipandang sebagai saham yang termasuk stabil di pasar. Dengan begitu, siapapun dapat berinvestasi dalam saham blue chip, termasuk pemula dan mereka yang berencana berinvestasi untuk jangka panjang.

2. Obligasi

Obligasi adalah pinjaman yang Anda berikan kepada perusahaan atau pemerintah. Saat Anda membeli obligasi, Anda mengizinkan penerbit obligasi untuk meminjam uang Anda dan membayar Anda kembali dengan bunga.

Obligasi merupakan investasi pendapatan tetap karena investor akan mendapatkan pembayaran secara reguler. Pembayaran in berupa pokok utang dan bunga. Pembayaran bunga umumnya secara angsuran reguler — biasanya sekali atau dua kali setahun — dan pembayaran total pokok pada tanggal jatuh tempo obligasi.

Dibandingkan dengan sebagian besar investasi, obligasi umumnya dianggap paling kurang berisiko. Namun karena ini mereka cenderung menawarkan pengembalian yang lebih rendah. Risiko utama yang harus dipertimbangkan investor adalah kemungkinan emiten bisa gagal bayar.

3. Kriptokurensi

Kripto adalah investasi yang banyak tergantung pada seberapa besar Anda secara pribadi mempercayainya sebagai masa depan uang dan sejauh mana Anda siap untuk menunggu melalui semua volatilitas dan musim dingin kripto. 

Holding dan perdagangan bukan satu-satunya cara untuk menghasilkan uang dari kripto. Anda dapat membeli stablecoin seperti USDT atau USDC yang biasanya terikat dengan dolar dan tidak berfluktuasi seperti mata uang kripto lainnya. 

Berinvestasi dalam kriptokurensi memang sangat menguntungkan. Namun, ini juga sangat berisiko karena Anda bisa kehilangan semua uang Anda karena satu pilihan yang salah. Karenanya, kriptokurensi adalah jalur investasi terbaik bagi mereka yang memiliki selera risiko dan pengembalian tinggi.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Cryptocurrency dalam Dunia Finansial

4. Emas

Sepanjang sejarah, emas selalu mendapat pengakuan sebagai aset berharga. Beberapa catatan sejarah menggambarkan emas sebagai sesuatu yang berharga, baik sebagai bentuk seni juga sebagai bentuk mata uang.

Banyak investor yang memilih emas untuk memulai investasi dengan resiko yang relatif kecil sekaligus menambah keragaman portofolio mereka. Secara tradisional, emas dipandang sebagai investasi ‘safe-haven‘ karenakan harga emas yang harganya relatif stabil. 

Investasi emas juga memungkinkan keuntungan finansial, terlebih bila Anda ingin berinvestasi dalam jangka waktu panjang. Dengan kata lain, jika Anda membelinya dan menunggu hingga harganya naik, Anda bisa mendapatkan keuntungan.

5. Reksa Dana

Reksa dana adalah kumpulan uang dari banyak investor yang diinvestasikan secara luas di sejumlah perusahaan. Reksa dana dapat dikelola oleh manajer dana secara aktif atau dikelola secara pasif. 

Dana yang dikelola secara aktif  yaitu manajer dana akan mencoba untuk mengalahkan indeks pasar yang ditunjuk dengan memilih investasi yang akan mengungguli indeks tersebut. 

Dana yang dikelola secara pasif, juga dikenal sebagai dana indeks, hanya melacak indeks pasar saham utama. Reksa dana dapat berinvestasi dalam beragam sekuritas: ekuitas, obligasi, komoditas, mata uang, dan derivatif.

Reksa dana memiliki banyak risiko yang sama seperti saham dan obligasi, tergantung pada apa yang mereka investasikan. Namun, resikonya seringkali lebih kecil, karena investasinya terdiversifikasi secara inheren.

Investasi ini cocok untuk pemula yang ingin berinvestasi tetapi tidak tahu saham mana yang harus dibeli. Investor menghasilkan uang dari reksa dana ketika nilai saham, obligasi, dan sekuritas bundel lainnya yang diinvestasikan oleh dana tersebut naik. 

Anda dapat membelinya langsung melalui perusahaan pengelola dan broker diskon. Tetapi penting untuk Anda catat bahwa biasanya ada investasi minimum dan Anda akan dikenakan biaya tahunan.

6. Asuransi Jiwa

Pada dasarnya, asuransi jiwa adalah investasi yang Anda dapatkan bukan untuk diri Anda sendiri tetapi untuk orang lain yang bergantung pada Anda. 

Konsepnya sederhana: Ketika sesuatu terjadi pada Anda, penerima manfaat yang disebutkan akan menerima manfaat dari rencana tersebut. Biasanya penerima manfaat adalah anggota keluarga terdekat.

7. Properti

Berinvestasi dalam properti bisa menjadi cara yang bagus untuk menumbuhkan kekayaan Anda jika Anda melakukannya secara bertanggung jawab dan dengan pemahaman tentang risiko dan keuntungannya.

Sederhananya, Anda membeli properti dan menyewakannya secara bulanan atau tahunan. Properti cenderung meningkat nilainya, seringkali karena perubahan pasar yang meningkatkan permintaan properti di wilayahnya atau karena pengaruh inflasi. 

Anda harus memiliki banyak uang cadangan, pengetahuan dasar di bidang properti, dan kesabaran lantaran investasi ini merupakan investasi jangka panjang. 

8. Deposito Berjangka

Pada dasarnya, investasi jenis ini memberi Anda keuntungan berupa bunga karena Anda menyimpan uang di bank untuk jangka waktu tertentu. Bank menawarkan berbagai jangka waktu deposito, mulai dari semalam hingga 364 hari untuk deposito jangka pendek, dan lebih dari satu tahun untuk deposito jangka panjang.

Bank yang berbeda menawarkan tingkat deposito berjangka yang berbeda. Tapi satu kesamaan yang mereka semua miliki adalah bahwa rekening deposito berjangka menghasilkan keuntungan lebih dari rekening tabungan biasa.

Risiko dalam berinvestasi di deposito berjangka adalah apakah bank tempat Anda menitipkan uang Anda stabil atau tidak. Misalnya, jika manajemen bank salah menangani keuangannya dan akhirnya tutup, Anda mungkin tidak bisa mendapatkan jumlah yang dijaminkan.

Secara keseluruhan, deposito berjangka adalah investasi dengan risiko yang relatif rendah sehingga aman untuk dicoba oleh para pemula.

Pilihlah Jenis Investasimu!

Daftar pilihan investasi untuk pemula tidak berakhir di sini, masih banyak jenis lainnya. Berdasarkan pemaparan di atas, dapat Anda ketahui bahwa setiap jenis investasi menawarkan tingkat risiko dan imbalan yang berbeda. Satu jenis investasi mungkin cocok dan bekerja baik untuk investor tertentu, tapi mungkin tidak cocok untuk investor yang lain.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].