10 Pilihan Investasi Terbaik yang Menguntungkan

2
2244
Investasi Terbaik

Memilih untuk memulai investasi terbaik adalah sebuah keputusan yang tepat. Investasi dapat menjadi jaminan hari tua dan merupakan langkah mengelola aset dengan tepat. Namun banyaknya jenis investasi mungkin akan membuat investor pemula bingung. Tak dapat dipungkiri jika tren investasi kini mulai menjamur di berbagai kalangan. 

Adanya pendidikan finansial dan kesadaran pengelolaan finansial dengan baik dapat membuat banyak kalangan terutama anak muda untuk melakukan investasi. Bagi Anda yang ingin memulai investasi namun masih bingung menentukan pilihan investasi terbaik hari ini, berikut beberapa rekomendasi yang dapat Anda coba.

Apa itu Investasi?

Sebelum Anda mengenal jenis investasi, Anda harus memahami apa itu investasi. Investasi adalah usaha menanamkan modal ataupun dana dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau profit di waktu yang akan datang. 

Sedangkan menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), investasi merupakan penanaman modal yang biasa dilakukan untuk jangka panjang  dengan membeli seluruh aset atau saham dan hak milik dengan harapan mendapatkan keuntungan. Investasi memiliki beragam jenis yang dapat dipilih berdasarkan kebutuhan. Berikut pembahasannya.

10 Pilihan Investasi Terbaik yang Menguntungkan

Dalam berinvestasi, ada banyak sekali jenis investasi yang dapat dipilih oleh investor. Setiap jenis investasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut jenis pilihan investasi yang dapat Anda pilih.

Investasi Saham

Saham menjadi salah satu jenis instrumen investasi yang banyak diminati. Jika Anda membeli suatu saham yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), maka Anda bertindak sebagai pemegang saham.

Setidaknya Anda akan mendapat dua keuntungan, yaitu dari selisih harga, dan dari dividen yang biasanya dibagikan oleh perusahaan. 

Namun dengan keuntungan yang besar ini, investasi saham juga diimbangi dengan risiko yang juga besar.

Karena itulah investasi ini kurang cocok untuk pemula. Namun jika Anda ingin mencobanya, saat ini banyak sekali materi pelatihan yang bisa Anda pelajari sebelum mencoba berinvestasi. 

Investasi Emas

Investasi emas dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda. Investasi ini merupakan jenis investasi jangka panjang yang mudah dilakukan oleh investor pemula. Nilainya yang cenderung stabil dan naik dari tahun ke tahunnya dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan di masa mendatang. 

Oleh sebab itulah, emas menjadi salah satu instrumen favorit sejak dulu. Emas juga tidak akan terpengaruh oleh adanya inflasi. Kemudahannya dalam membeli dan mencairkan kapanpun dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor.

Terlebih saat ini tersedia banyak platform yang menyediakan cicil emas sehingga tidak perlu modal jutaan rupiah untuk memulai berinvestasi.

Reksadana

Reksadana bisa menjadi salah satu pilihan investasi terbaik untuk pemula. Investasi jenis ini dapat menjadi pilihan yang tepat sebab memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan dengan saham. Modal yang dibutuhkan pun juga tidak terlalu besar, mulai Rp10.000 saja Anda dapat memulai berinvestasi. 

Reksadana sendiri memiliki banyak jenis, diantaranya reksadana saham, obligasi dan pasar uang. Keuntungan memilih reksadana adalah investasi dikelola oleh manajer investasi, sehingga Anda tak perlu khawatir.

Obligasi

Obligasi adalah investasi surat utang yang merupakan bukti transaksi pinjaman yang sudah dilakukan oleh pihak yang menerbitkan obligasi dan pemilik dana. Obligasi sendiri diterbitkan oleh korporasi ataupun pemerintah. 

Investasi ini cocok untuk investor pemula sebab risikonya yang rendah. Meskipun demikian, jika Anda tertarik dengan investasi jenis ini disarankan untuk mempelajarinya lebih lanjut. Guna mendapatkan keuntungan dan terhindar dari risiko yang kemungkinan akan didapatkan.

Obligasi sendiri dikeluarkan oleh perusahaan ataupun instansi pemerintah yang digunakan sebagai bentuk peminjaman uang yang akan dibayarkan kembali dalam bentuk uang pokok dan bunga yang disebut dengan kupon.

Selain keuntungan dari kupon, obligasi cenderung memiliki nilai yang stabil. Sehingga investasi ini cocok sekali untuk pemula, namun perlu diingat jika jenis investasi harus disesuaikan dengan tujuan investasi Anda.

Baca juga: Kenali Perbedaan Saham dan Obligasi agar Investasimu Lebih Optimal

Investasi Properti

Pilihan investasi yang menguntungkan selanjutnya adalah investasi properti. Investasi ini juga dikenal dengan real estat merupakan pembelian dengan tujuan memperoleh laba dari investasi (ROI), melalui hasil sewa, dan penjualan kembali.

Properti akan sangat menguntungkan di masa yang akan datang sebab kebutuhan manusia akan properti tetap saja ada.

Perlu dipertimbangkan jika investasi properti ini juga dikenal sebagai investasi minim resiko dan terdapat jaminan keuntungan yang tinggi. Karena properti merupakan kebutuhan primer yang dicari banyak orang, rasanya tidak mungkin jika tidak ada properti yang tidak terjual. 

Bagaimana? Tertarik memulai investasi jenis ini?

Deposito

Deposito adalah simpanan uang pada bank yang pencairannya hanya bisa dilakukan dalam jangka waktu tertentu saja. Jenis investasi ini merupakan salah satu jenis investasi paling minim risiko sebab keuntungannya bisa langsung dapat dikalkulasikan.

Selain itu deposito juga dapat digunakan untuk rencana jangka pendek maupun jangka panjang.

Surat Utang Negara (SUN)

Banyak orang yang belum mengenal investasi jenis ini. Surat Utang Negara adalah surat pengakuan utang yang dijamin pembayaran bunga dan pokoknya oleh negara sesuai dengan masa berlakunya.

Anda bertindak sebagai investor yang memberikan pinjaman kepada pemerintah.

Untuk investasi ini bentuknya ada dua jenis, yaitu:

  • Surat Perbendaharaan Negara (SPN), untuk jenis ini memiliki jangka waktu investasi maksimal 12 bulan.
  • Obligasi negara, jenis ini cocok untuk investasi jangka panjang karena jangka waktu di atas 12 bulan.

Peer to Peer Lending (P2P Lending)

Peer to peer lending adalah jenis investasi berbasis crowdfunding yakni investor (lender) akan memberikan pinjaman dalam mata uang rupiah pada debitur (borrower) dengan return yang lebih tinggi.

Untuk mendapatkan keuntungan dengan risiko yang lebih minim, pastikan untuk memilih P2P yang telah memiliki lisensi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Exchange Traded Fund (ETF)

Investasi Exchange Traded Fund (ETF) atau dana pertukaran dagang singkatnya adalah reksadana yang dijual belikan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Komponen investasi ETF terdiri dari reksadana dan saham. Dalam pengelolaan dana menggunakan prinsip reksadana sedangkan dalam hal jual beli menggunakan prinsip atau mekanisme saham.

ETF dapat dilakukan oleh investor pemula karena cukup mudah dilakukan, rendah biaya dan minim risiko, serta memiliki cakupan yang luas.

Cryptocurrency

Cryptocurrency menjadi salah satu jenis investasi yang banyak diincar setelah bitcoin pertama kali dikenalkan pada 2008. Mata uang kripto sendiri adalah mata uang digital yang menggunakan teknologi blockchain.

Ada beberapa jenis mata uang kripto yang bisa dipilih, di antaranya yakni Bitcoin, Litecoin, Ethereum, Eos dan Dogde.

Itulah pembahasan mengenai pilihan investasi terbaik yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda. Tak perlu khawatir jika belum memiliki modal yang besar, Anda dapat memulai investasi cicil emas dan membeli reksadana dengan modal puluhan ribu saja.

Investasi apapun itu yang akan Anda pilih nantinya pastikan sesuai dengan tujuan dan bidang investasi yang dikuasai. Dengan begitu keuntungan yang Anda harapkan akan Anda dapatkan.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

2 COMMENTS

Comments are closed.