7 Pilihan Investasi Aman yang Menguntungkan untuk Pemula

0
114
Investasi Aman

Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba investasi aman, ada berbagai pertimbangan yang tentu Anda pikirkan. Mulai dari dana yang harus disediakan, keuntungan yang diinginkan dan tentu saja keamanan produk investasi yang Anda beli. Jika Anda adalah seorang investor konservatif dengan profil risiko rendah, tentu saham bukan pilihan pertama yang ingin Anda miliki.

Lalu, apa saja produk investasi aman untuk pemula, terlebih bagi Anda yang punya profil risiko rendah? Simak beberapa pilihannya berikut ini!

Pilihan Investasi Aman untuk Pemula

Deposito

Pilihan investasi aman pertama yang bisa Anda pilih adalah deposito. Produk perbankan satu ini menawarkan keuntungan investasi yang cukup menjanjikan dan dana yang Anda simpan dilindungi oleh LPS. Cara investasinya pun mudah karena mirip dengan menabung biasa, hanya saja ada jangka waktu sebelum Anda bisa mengambil atau mencairkannya. Ada deposito yang memiliki jangka waktu 3 bulan, 6 bulan sampai 12 bulan.

Beberapa bank yang menawarkan investasi aman berupa deposito dengan bunga tertinggi antara lain adalah BPR (6% p.a), Bank Victoria (4,25% p.a) dan MNC Internasional (5,25% p.a).

Emas

Investasi aman berikutnya yang sering direkomendasikan oleh pakar keuangan adalah emas. Selain bisa dilakukan oleh siapa saja, investasi emas juga sangat aman. Terlebih dengan kemampuan investasi ini dalam menahan nilai aset Anda agar tak tergerus inflasi. Saat ini ada banyak pilihan produk investasi emas digital yang dapat dimulai dengan dana kecil.

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa investasi emas lebih cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Sebab jika dalam jangka pendek, kenaikan harganya mungkin tidak cukup signifikan dalam memberikan keuntungan.

Baca juga: Ingin Mulai Investasi Emas? Berikut Tipsnya!

Reksadana

Bagi para pemula yang memiliki pengetahuan terbatas seputar investasi, reksadana bisa jadi pilihan yang menarik. Dengan menggunakan reksadana, dana yang Anda miliki akan dikelola oleh manajer investasi. Manajer investasi akan memilihkan instrumen yang paling cocok dengan tujuan keuangan serta profil risiko Anda. Dengan begitu, hasilnya bisa optimal seperti yang diharapkan.

Beberapa produk reksadana yang aman dan memberikan keuntungan cukup tinggi antara lain adalah reksadana pasar uang, reksadana campuran dan reksadana saham.

Saham

Meski saham bukan termasuk investasi dengan risiko rendah, tapi jika Anda bisa memilih produk saham yang tepat, investasi ini cukup aman dan dapat memberikan keuntungan yang stabil. Saham-saham blue chip dari perusahaan populer tanah air bisa jadi pilihan untuk dibeli. 

Dengan berinvestasi saham, Anda berpeluang mendapatkan keuntungan dari dua cara. Pertama keuntungan dari dividen atau bagi hasil perusahaan dan yang kedua dari capital gain. Capital gain sendiri merupakan keuntungan yang diperoleh dari selisih antara harga beli saham dengan harga jualnya. Sebelum membeli, Anda bisa mencari tahu emiten perusahaan apa saja yang menjanjikan agar keuntungan yang diperoleh memuaskan.

Obligasi

Dipasarkan di pasar sekunder lewat Bursa Efek Indonesia, obligasi juga merupakan pilihan instrumen yang aman bagi investor pemula. Dengan membeli obligasi, ada berbagai keuntungan yang bisa Anda peroleh mulai dari capital gain di pasar sekunder, tersedia banyak pilihan seri, risiko investasi rendah serta pemberian kupon periodik yang bernilai rata-rata lebih besar dari bunga deposito. Menarik sekali, bukan?

SBN (Surat Berharga Negara)

Seperti namanya, SBN adalah surat berharga yang diterbitkan oleh negara dan dijamin langsung oleh pemerintah. Adanya SBN tidak hanya memungkinkan masyarakat ikut serta dalam pembiayaan pembangunan, SBN juga memberikan keuntungan investasi yang menjanjikan. Anda bisa membeli SBN konvensional dan SBN syariah sesuai preferensi.

P2P Lending

Investasi aman lainnya yang cocok bagi pemula adalah peer-to-peer lending atau P2P lending. P2P lending sendiri merupakan penyedia layanan pinjam meminjam online yang menyediakan modal usaha bagi pelaku usaha maupun masyarakat yang kesulitan mendapatkan akses ke perbankan konvensional.

Jika ingin berinvestasi ke P2P lending, Anda bisa menjadi pendana. Dari uang yang Anda pinjamkan, Anda akan memperoleh keuntungan berupa bunga. Namun perlu diingat bahwa hanya P2P lending yang terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang aman untuk digunakan.

Salah satu perusahaan P2P lending yang bisa Anda manfaatkan adalah Akseleran. Tidak hanya aman dan terdaftar di OJK, Akseleran juga menawarkan keuntungan bersaing bagi para investornya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]