Ini Manfaat Memiliki Dana Darurat

1
790

Pengelolaan dana yang baik sangat penting untuk bertahan di masa sulit, termasuk saat kondisi ekonomi tidak menentu seperti karena pandemi. Alokasi dana darurat harus diperhitungkan dengan matang agar Anda siap menghadapi segala kemungkinan di masa mendatang. Yuk, kita bahas pentingnya dana darurat dan manfaat proteksi di masa pandemi!

Pengertian dana darurat adalah dana yang disimpan untuk keadaan darurat; baik itu kecelakaan, kerusakan rumah, atau bahkan ketika terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara mendadak. Kenapa sih harus punya dana darurat? Manfaatnya apa? Ada beberapa manfaat memiliki dana darurat yaitu sebagai berikut:

Terhindar dari Berhutang

Dalam berkehidupan, ada banyak pengeluaran yang sering kali tidak kita duga. Contoh umumnya adalah biaya berobat jika sakit, atau mengalami kecelakaan perlengkapan rumah tangga rusak, anggota keluarga yang jatuh sakit, atau biaya sekolah anak. Tetapi, beberapa orang juga bisa terlilit utang karena ketidakmampuan dalam mengelola keuangan. Dengan menyiapkan dana darurat, tidak perlu berhutang dengan keluarga atau bahkan rentenir.

Finansial Aman Terjaga

Jika memiliki dana darurat, bisa dipastikan kondisi finansial akan terjamin. Namun, Jangan disalahartikan, dana darurat berbeda dengan tabungan. Menyiapkan tabungan berguna saat ingin membeli sesuatu, seperti rumah, mobil, atau biaya liburan ke luar negeri. Sedangkan dana darurat berbeda, dana darurat hanya digunakan di saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga tidak perlu mengambil dari tabungan. Cukup gunakan dana darurat yang sudah disimpan. Dengan begitu, pengeluaran tetap bisa ditanggung.

Siap dalam Krisis

Salah satu keuntungan dari dana darurat adalah melakukan proteksi terhadap krisis yang mungkin saja terjadi. Contoh nyata adalah saat pandemi seperti sekarang banyak terjadi pemutusan hubungan kerja akibat dari ekonomi yang memburuk, atau contoh lainnya adalah mengalami kecelakaan, hingga biaya rumah sakit yang melonjak tinggi. Menyiapkan dana darurat penting untuk dilakukan agar siap membayar tanggungan yang mendesak.

Melindungi Investasi

Dengan memiliki dana darurat, investasi yang kita miliki tidak akan terganggu akan terganggu. Itu artinya tidak harus menjual, menggadaikan, atau mengagunkan aset-aset yang sudah perusahaan Anda miliki. Dengan demikian, investasi yang sudah perusahaan Anda kucurkan bisa terlindungi.

Kerja Lebih Produktif

Setiap orang yang bekerja tentu tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan uang dan memenuhi kehidupannya. Bisa dipastikan bahwa kebanyakan orang tertekan dalam pekerjaan karena hanya fokus pada tanggungan serta pengeluaran per bulan. Belum lagi kebutuhan hidup yang semakin hari semakin mahal, bisa saja melebih jumlah gaji setiap bulannya. Maka dari itu, memiliki dana darurat berimbas baik pada efektivitas serta produktivitas dalam bekerja. Tidak perlu cemas akan pengeluaran mendadak, dana darurat yang sudah dikumpulkan bisa digunakan untuk membayar biaya-biaya tersebut. Anda pun jadi bisa bekerja dengan lebih nyaman tanpa beban pikiran.

Kalau tadi sudah melihat banyaknya manfaat atau keuntungan mempunyai dana darutat, berikut ini beberapa langkah untuk mempersiapkan kebutuhan dana darurat untuk bisnis kamu.

Tentukan Jumlah yang Dibutuhkan

Kalkulasikan jumlah modal kerja yang kamu butuhkan untuk bisnis seandainya bisnismu tak bisa beroperasi selama sebulan. Angka tersebut adalah targetmu untuk simpanan dana darurat.

Siapkan Akun Khusus Penyimpanan Dana Darurat

Pisahkan akun untuk penyimpanan dana darurat dengan rekening operasional bisnismu. Buatlah rekening baru khusus untuk dana darurat. Usahakan platform yang kamu pilih untuk penyimpanan dana darurat ini memiliki karakteristik cepat dan mudah penarikannya.

Rutin Mengisi Saldo Dana Darurat

Saat bisnis berjalan normal, rutinlah melakukan top up di saldo dana daruratmu. Tentukan setiap minggu atau bulannya, berapa yang bisa kamu sisihkan dari pemasukan untuk dialokasikan ke saldo dana darurat.

Pertimbangkan Alternatif Sumber Pendanaan

Jika danamu tidak mencukupi untuk melewati kondisi darurat, cobalah melihat peluang pendanaan yang tersedia. Mulai dari perbankan, fintech P2P Lending, bantuan pemerintah, hingga teman atau keluarga. Apa pun yang kamu kamu pilih selalu cek kemampuan finansialmu, jaminan legalitas serta gunakan sesuai peruntukannya.

 

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

 

Penulis: Raymas Putro I Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.