4 Rekomendasi Indeks Saham Berbasis Syariah

0
100
4 Rekomendasi Indeks Saham Berbasis Syariah

Saat ini instrumen pasar modal sudah banyak variasinya, ditambah dengan hadirnya saham syariah. Saham syariah adalah tanda atau surat bukti penyertaan modal seseorang pada perusahaan yang sistemnya bergerak pada prinsip syariah. Dengan adanya saham syariah, investor bisa mendapat keuntungan sekaligus kehalalan dalam berinvestasi. Semua saham syariah yang ada di pasar modal syariah Indonesia, tercatat dalam Daftar Efek Syariah (DES) dan akan diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Nah, untuk mengenal saham syariah yang ingin kamu pilih di pasar modal, berikut ini adalah 4 rekomendasi indeks saham syariah di pasar saham Indonesia yang perlu kamu ketahui.

1. Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI)

ISSI adalah seluruh saham syariah yang tercatat di papan utama dan papan pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan masuk ke dalam Daftar Efek Syariah (DES). Ketika saham sudah masuk ke dalam ISSI, Bursa Efek Indonesia (BEl) tidak perlu lagi melakukan seleksi saham syariah.

Konstituen ISSI diseleksi dua kali dalam setahun, di bulan Mei dan November. Setiap periode seleksi, akan ada saham syariah yang keluar atau masuk menjadi konstituen ISSI.

2. Jakarta Islamic Index (JII)

Konstituen JIl terdiri dari 30 saham syariah yang berkapitalisasi besar dengan likuiditas tinggi. Kriteria likuiditas yang dimaksud, antara lain saham syariah masuk ke dalam konstituen ISSI telah tercatat selama 6 bulan terakhir, kemusiN 60 saham dipilih berdasarkan rata-rata kapitalisasi pasar tertinggi selama 1 tahun terakhir. Dari 60 saham dibeli 30 saham, diambil dari rata-rata nilai transaksi harian di pasar reguler tertinggi. Dari 30 saham yang tersisa itulah yang menjadi saham terpilih.

3. Jakarta Islamic Index 70 (JI70)

Serupa dengan JIl, konstituen JIl70 justru terdiri dari 70 saham syariah yang berkapitalisasi besar dan likuiditas tinggi. Kriteria likuiditas tersebut antara lain saham syariah masuk ke dalam konstituen ISSI telah tercatat selama 6 bulan terakhir, kemudian 150 saham dipilih berdasarkan rata-rata kapitalisasi pasar tertinggi selama 1 tahun terakhir. Dari 150 saham dibeli 70 saham, diambil dari rata-rata nilai transaksi harian di pasar reguler tertinggi. 70 saham yang tersisa akan menjadi saham terpilih.

4. IDX-MES BUMN 17

Terdiri dari 17 saham syariah milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan afiliasi dengan fundamental yang baik. IDX-MES BUMN 17 merupakan kerja sama antara Bursa Efek Indonesia dan Perkumpulan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Kriteria saham yang dimaksud adalah saham syariah masuk dalam konstituen ISSI termasuk dalam saham BUMN atau afiliasinya. Dari saham yang ada, dipilih 17 saham konstituen berdasarkan likuiditas dan fundamentalnya.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut