Ice Breaking Adalah, Kegiatan yang Dilakukan untuk Mencairkan Suasana

0
451
Icebreaking Adalah

Suntuk kerja berjam-jam di hadapan monitor? Bosan mendengar materi yang dipresentasikan dalam sebuah seminar? Solusinya adalah program icebreaking. Secara singkat dapat dijelaskan bahwa kegiatan icebreaking adalah kegiatan yang dilakukan untuk mencairkan suasana kantor atau sebuah event.

Icebreaking adalah: Mengapa Hal Ini Penting?

Icebreaking bukan kegiatan yang dilakukan hanya untuk sekadar membuang-buang waktu. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, icebreaking merupakan kegiatan yang digunakan untuk mencairkan suasana. 

Dengan melakukan kegiatan icebreaking, peserta diharapkan akan mampu kembali fokus pada pekerjaan maupun event yang sedang diadakan.

Tidak hanya itu, icebreaking juga memiliki beberapa manfaat lain. Manfaat lain dari kegiatan icebreaking yang dapat Anda peroleh adalah sebagai berikut:

Menghangatkan suasana

Manfaat kegiatan icebreaking yang bisa kita dapatkan pada sebuah event adalah untuk menghangatkan suasana. Untuk memperoleh manfaat ini, biasanya kegiatan icebreaking dilakukan di awal acara sebagai pengantar sebelum masuk ke acara inti.

Meningkatkan interaksi antarpeserta acara atau karyawan kantor

Icebreaking merupakan kegiatan yang efektif dalam mendekatkan satu peserta dengan peserta yang lain. Meski tidak semua game icebreaking membutuhkan kerja sama antarindividu, kegiatan ini efektif untuk membantu peserta memulai interaksi dengan peserta icebreaking yang bahkan tidak mereka kenal sebelumnya.

Membantu peserta dalam menggerakkan tubuh

Menghadap layar komputer atau duduk mendengarkan pemateri dalam waktu yang lama tentu dapat membuat tubuh Anda pegal. Dengan melakukan icebreaking, Anda akan menggerakkan tubuh—dan ini dapat membantu untuk meringankan rasa pegal pada tubuh Anda karena aliran darah juga akan lebih lancar.

Cara unik untuk have fun di kantor

Siapa bilang have fun selama bekerja tidak mungkin dilakukan? Dengan icebreaking, Anda bisa have fun bersama dengan rekan kerja Anda. Bahkan, icebreaking adalah kegiatan yang dapat dapat membuat Anda makin akrab dengan kolega.

Berapa Lama Icebreaking Harus Dilakukan?

Sebenarnya, tidak ada aturan tertentu yang mengatur durasi wajib pelaksanaan icebreaking. Biasanya, icebreaking dapat dilakukan sekitar 5 hingga 10 menit. Jika diperlukan, icebreaking juga bisa dilakukan dengan durasi lebih lama dari itu.

Waktu pelaksanaan icebreaking pun bisa dipilih sesuai dengan kondisi kantor atau acara yang sedang dilaksanakan. Misalnya, Anda bisa melakukan kegiatan icebreaking pada saat jam istirahat, atau di tengah-tengah kegiatan apabila dirasa perlu.

Baca juga: 6 Hobi yang Dapat Menghasilkan Uang

Contoh Kegiatan Icebreaking

Berikut adalah contoh kegiatan icebreaking yang sering dilakukan pada beragam situasi.

Menonton video lucu

Kita sering menghabiskan waktu refreshing untuk sekadar menonton kompilasi video lucu yang ada di internet. Nah, konsep yang serupa juga bisa dilakukan sebagai salah satu kegiatan icebreaking

Biasanya, video yang dipertontonkan berupa video lucu atau video motivasi. Siapkan saja beberapa video berdurasi 3-4 menit, dan kejenuhan bekerja bisa ‘mereda’ setelahnya.

Bermain games

Bermain games untuk icebreaking adalah opsi lain dari menonton video. Dengan cara ini, Anda bisa melibatkan anggota tubuh untuk bergerak sehingga bisa menghilangkan penat setelah lama duduk bekerja atau mengikuti jalannya acara.

Untuk bermain games, Anda perlu meluangkan waktu lebih banyak—terlebih jika Anda melibatkan banyak orang. Maka dari itu, perlu perencanaan yang matang dan mungkin sedikit bantuan dari beberapa orang jika peserta icebreaking banyak.

Beberapa contoh games populer yang dapat Anda mainkan saat icebreaking adalah sebagai berikut:

Game sambung kata

Peraturan game ini cukup simpel. Untuk bermain game ini, Anda perlu membuat peserta icebreaking menjadi beberapa tim. Lalu, minta agar salah satu peserta mengucapkan satu kata.

Peserta yang berada di sebelahnya (peserta kedua) wajib mengulang kata yang disebutkan ditambah dengan kata pilihannya. Peserta di sebelah peserta kedua (peserta ketiga) wajib mengulang kata yang disebutkan peserta pertama dan peserta kedua, lalu dipadukan dengan kata pilihannya sendiri. Jika ada yang salah, tim tersebut akan diberi hukuman.

Manfaat dari game ini adalah membantu peserta icebreaking untuk melatih kreativitas, konsentrasi, dan daya ingat. 

Game “Siapa dia?”

Jika Anda merencanakan icebreaking untuk karyawan kantor yang tidak hanya berasal dari satu divisi/departemen, game ini bisa menjadi opsi yang baik untuk membantu peserta saling mengenal rekan kerja mereka.

Mekanisme permainan ini mirip dengan game yang disebutkan sebelumnya. Salah seorang karyawan diminta untuk memperkenalkan diri berikut asal divisinya. Lalu, peserta selanjutnya akan menyebutkan identitas peserta pertama dan memperkenalkan diri. Hal yang serupa juga perlu dilakukan oleh peserta-peserta selanjutnya.

Nah, itulah sekilas informasi mengenai icebreaking. Icebreaking adalah kegiatan yang tidak hanya membantu peserta untuk melepaskan penat. Dengan kegiatan ini, diharapkan peserta juga bisa mendapatkan manfaat lain sebagaimana sudah dijelaskan di atas.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]