Ekonomi Digital Adalah: Cara Memanfaatkan dan Tantangannya

2
4741
Ekonomi Digital Adalah

Bagi sebagian besar orang, transformasi digital mengacu pada adopsi teknologi digital untuk mengubah layanan atau bisnis. Hal ini dilakukan dengan mengganti proses manual yang sifatnya non-digital menjadi teknologi digital yang lebih canggih. Tidak hanya dalam aktivitas sehari-hari, ekonomi global juga sedang mengalami transformasi digital yang sangat cepat.

Apa Sebenarnya yang Dimaksud dengan Ekonomi Digital?

Ekonomi digital adalah serangkaian aktivitas ekonomi yang dihasilkan dari miliaran koneksi online setiap harinya. Koneksi ini menghubungkan individu, bisnis, perangkat, data dan proses. Tulang punggung dalam ekonomi digital adalah hiperkonektivitas yang berarti meningkatnya keterkaitan antar individu, organisasi dan mesin yang dihasilkan dari internet, teknologi seluler dan internet of things (IoT).

Dengan adanya ekonomi digital, berbagai aktivitas yang berhubungan dengan ekonomi bisa dijalankan secara otomatis dengan cara yang lebih cepat dan efisien. Misalnya saja pembayaran yang bisa dilakukan secara online dari rumah, hadirnya toko online dan marketplace dan masih banyak lagi.

Apa Saja Manfaat Ekonomi Digital bagi Kehidupan?

Ekonomi digital adalah sebuah kemajuan yang akan membawa manfaat bagi kehidupan. Beberapa keuntungan adanya dari perkembangan ekonomi digital antara lain adalah:

  • Ketersediaan Informasi yang Lebih Besar. Internet memungkinkan konsumen memiliki lebih banyak informasi dan pilihan. Mereka juga akan lebih mudah mencari merek terbaik yang mereka inginkan serta membandingkan harga dari satu toko dengan toko lain
  • Lebih menghemat waktu. Sebelumnya jika Anda ingin membeli perlengkapan kantor, Anda harus ke kota untuk membelinya. Sekarang pemesanan dan pembayaran bisa dilakukan dari rumah dan Anda tinggal menunggu saja. Ini tentu sangat menghemat biaya dan waktu
  • Menghemat biaya. Bagi sebuah perusahaan, adanya ekonomi digital membantu menghemat sewa gedung karena sebagian aktivitas bisa dilakukan melalui internet. Ekonomi digital juga memungkinkan perusahaan memotong aspek ritel dan mengirim barang sesuai dengan kebutuhan pelanggan langsung dari pabrik atau gudang supplier/produsen, bukan dari toko. Ini memungkinkan biaya yang lebih rendah dan menghasilkan harga jual yang lebih murah
  • Menurunkan hambatan. Di beberapa sektor industri, ekonomi digital memudahkan perusahaan baru untuk masuk. Jika Anda memiliki ide inovatif yang menarik, Anda bisa menciptakan produk baru yang menantang perusahaan tradisional. Hadirnya ekonomi digital telah membawa banyak layanan baru yang tidak terbayangkan sebelumnya mulai dari layanan pesan antar ke rumah untuk bahan makanan sampai aplikasi kencan.

Bagaimana Cara Memanfaatkannya?

Saat ini hampir semua sektor industri bisa memanfaatkan keuntungan dengan adanya kemajuan di bidang teknologi digital. Yang perlu kamu lakukan sebagai seorang pengusaha adalah memilih layanan yang tepat dan paling sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk memaksimalkan ekonomi digital antara lain:

  • Gunakan aplikasi untuk mempermudah kegiatan operasional. Keberadaan aplikasi kasir, pembukuan dan pengiriman barang bisa mengefisienkan kegiatan operasional
  • Buat situs untuk meningkatkan brand awareness. Adanya situs dan optimasinya akan memudahkan orang menemukan bisnis Anda di internet
  • Sediakan layanan pesan antar. Jika bisnis Anda bisa menggunakan layanan pesan antar, segera berikan layanan itu untuk menarik lebih banyak pelanggan
  • Iklankan produk dari media sosial. Anda bisa menggunakan media sosial atau iklan berbayar di media sosial untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Baca juga: Mengenal Financial Technology dalam Perekonomian Indonesia

Tantangan yang Dihadapi di Era Ekonomi Digital

Di balik segala kemudahan yang ditawarkan oleh ekonomi digital, kita juga masih memiliki sejumlah tantangan yang perlu diatasi seperti:

  • Keamanan berinternet. Cyber security masih menjadi ancaman bagi sebagian besar pengguna internet di Indonesia. Dibutuhkan peningkatan keamanan agar para pengguna internet bisa mengakses semua layanan ekonomi digital tanpa khawatir peretasan dan pencurian data
  • Sumber daya manusia yang kurang memadai. Tantangan selanjutnya dalam inovasi ekonomi digital di Indonesia adalah kurangnya sumber daya manusia yang paham penerapan teknologi. Rendahnya literasi digital juga masih membuat banyak sektor sulit masuk ke kancah digital
  • Regulasi yang masih belum mumpuni. Agar semua kegiatan dalam ekonomi digital bisa berjalan dengan lancar, diperlukan regulasi yang melindungi hak penyedia layanan maupun penggunanya.

Ekonomi digital adalah hal yang perlu dipahami dengan baik, bukan hanya oleh pelaku industri tapi juga para konsumen yang menggunakannya. Siap terjun ke ranah ekonomi digital?

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

2 COMMENTS

Comments are closed.