5 Langkah Membangun Hidup Minimalis Dengan Kualitas!

2
1440
Hidup Minimalis

Banyak di negara-negara yang sudah maju seperti Jepang mulai menerapkan gaya hidup minimalis. Gaya hidup minimalis ini merupakan gaya hidup yang sederhana yang berlawanan dengan gaya hidup konsumtif yang serba berlebihan. Di Jepang contohnya, masyarakatnya sudah banyak yang mulai menerapkan gaya hidup ini yang menurutnya dapat membuat ketenangan dan kebahagiaan dalam hidup.

Seorang Penulis sekaligus Youtuber Raditya Dika sudah menjalani hidup minimalis. Jadi, Radit sekarang sudah mulai fokus kepada penggunaan barang yang berguna dan dapat digunakan dalam hidup sehari-hari. Tidak lagi terdapat banyak tumpukan barang di sekitarnya lagi. Gaya hidup yang diterapkan Raditya Dika ini juga membuat hidup yang lebih simpel tetapi tetap berkualitas. Lalu, bagaimana sih cara sederhana untuk menerapkan dalam kehidupan kita?

Lakukan Ini Untuk Memulai Hidup Minimalis!

Apa sih hidup minimalis itu? Dengan menerapkan hidup minimalis bukan hanya sekedar mengurangi biaya untuk pembelian barang-barang, tetapi juga mengurangi rasa kepemilikan dari suatu barang. Artinya dengan cara ini rumah atau ruangan kamu dapat lebih rapi dan teratur.

  • Rapikan Tumpukan Barang Yang Tidak Terpakai

Ingat! Yang terpenting barang yang kamu miliki benar-benar dibutuhkan, memiliki barang sedikit tapi lebih berguna dibandingkan barang banyak tetapi kurang berguna. Jadi, jika kamu benar-benar ingin memulai hidup minimalis rapikan barang-barangmu yang memang tidak terpakai dan kamu bisa memberikan kepada orang yang lebih membutuhkan.

Menurut sebagian orang, hal ini mungkin sedikit terlihat sepele. Tapi apabila sudah selesai pasti ruanganmu terlihat lebih luas, maka akan terasa lebih nyaman.

  • Fokus Pada Kebutuhan

Di zaman yang serba mudah dan cepat ini, kita seakan hidup di lingkungan yang menginginkan barang secara lebih instan tanpa pemikiran panjang kedepan. Belum lagi, kalau termakan gengsi. Contoh yang paling sering kamu rasakan pastinya pakaian atau gadget yang membuat kita ingin memiliki saat muncul barang yang baru saat itu juga, padahal sebenarnya barang tersebut tidak benar-benar dibutuhkan. Hal ini perlu kita ubah. Pertimbangkan dahulu secara matang, apakah kamu memang benar-benar butuh, atau hanya keinginan sesaat? Jangan sampai barang tersebut menjadi sebuah tumpukan barang yang tidak berguna. Dengan menerapkan ini uang yang kamu miliki dapat digunakan untuk menabung ataupun melakukan investasi untuk masa depan.

  • Rawat Barang Dengan Baik

Biasanya sebagian orang yang suka merawat barang yang dimilikinya dengan baik tentu rela menyisihkan waktu lebih untuk merawat barang-barangnya tersebut. Kamu juga bisa menerapkan ini dalam kehidupan kamu, mulai dari yang paling mudah seperti merawat handphone milikmu agar tidak cepat rusak karena di charge semalaman, dibersihkan beberapa hari sekali dan lainnya. Pilihan lainnya kamu bisa membeli barang yang kualitasnya lebih baik agar memiliki daya tahan lebih lama.

Hidup Minimalis

  • Perhatikan Penggunaan Waktu

Dari tadi kita berbicara mengenai pengurangan barang, bersih-bersih ruangan dan lainnya. Selain hal-hal tersebut kita perlu mengatur waktu kita agar lebih efektif dan efisien. Hal ini bisa kamu mulai dari memaksimalkan waktu yang ada untuk melakukan kegiatan yang memiliki urgensi lebih tinggi dibanding yang lain. Setelah itu, lakukan kegiatan yang memberi dampak untuk dirimu maupun sekitar. Misalnya belajar hal baru seperti memasak, atau menjadi relawan untuk kegiatan sosial. Kamu juga bisa memanfaatkan waktu untuk melakukan kegiatan yang kamu inginkan, namun belum terealisasikan

Baca juga: 6 Tahap Mengatur Rencana Keuangan Terbaik!

  • Menabung/Investasi

Menabung atau melakukan investasi untuk masa depan juga salah satu gaya hidup minimalis. Karena kamu dapat hidup lebih tenang dengan memiliki tabungan maupun memiliki investasi, apabila nantinya kamu memiliki hutang pun kamu tidak perlu khawatir dengan adanya tabungan atau investasi. Selain untuk membayar hutang, tabungan maupun investasi tersebut juga dapat menjadi pegangan jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tak terduga. Selain itu, kita bisa meminimalisir segala risiko yang ada.

Gaya hidup minimalis bukan hanya sekedar menawarkan hidup yang lebih teratur, melainkan kita dapat menikmati hidup tanpa harus mengikuti tren yang berlebihan.

Dapatkan Hidup Minimalis Dengan Kualitas Bersama Akseleran!

Kamu dapat memulai hidup minimalis dengan menabung sekaligus melakukan pendanaan kepada para UKM yang membutuhkan dana untuk pengembangan usahanya. Tidak hanya itu, kamu akan menikmati bunga hingga 21% per tahun dari hasil menabung itu. Selain itu juga kamu dapat memulainya dengan Rp 100 ribu. Kalo kamu masih ragu juga Akseleran juga bakal memberikan kamu kemudahan dengan kode promo BLOG100 yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan saldo awal senilai Rp 100 ribu.

BLOG100

Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here