Susun Prioritas Finansial Kamu Dengan 4 Cara Ini!

2
999
Prioritas Finansial

Prioritas Finansial – Prioritas merupakan sebuah ukuran kebutuhan yang sudah disusun dalam daftar berdasarkan tingkat kebutuhannya, mulai dari kebutuhan yang sifatnya urgent sampai dengan kebutuhan yang dapat ditunda. Dengan adanya prioritas, kita dapat mengatur kebutuhan sesuai dengan tingkatan prioritasnya. Sehingga, kita dapat memenuhi kebutuhan sesuai dengan kemampuan dan juga sesuai dengan rencana yang lebih matang.

Memiliki pengelolaan keuangan yang baik merupakan impian semua orang, tetapi dengan menentukan prioritas juga tentu akan meningkatkan manajemen keuangan setelah berumah tangga. Kenapa penting untuk yang berumah tangga? Karena pengeluaran saat seseorang sudah memiliki keluarga tentu lebih kompleks dibandingkan seseorang yang masih single. Karena itu, diperlukan suatu rencana yang matang saat mengatur prioritas di dalamnya.

Manfaat Mengatur Prioritas Finansial!

Berbicara mengenai prioritas tentu menyusun skala prioritasnya dengan bijak. Ya, dengan mengelolanya secara bijak maka setiap kebutuhan akan disesuaikan berdasarkan kebutuhannya. Mengelola keuangan dengan bijak juga akan membuat kita untuk hidup lebih hemat dan teratur, semua ini akan membantu mengatur keuangan finansial kita untuk masa depan yang lebih baik.

Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Prioritas Finansial Seseorang

Masing-masing individu memiliki prioritas kebutuhan yang berbeda, apalagi berbicara mengenai keuangan. Tapi apa sih faktor yang mempengaruhi prioritas ini?

  • Pendapatan

Ini salah satu faktor yang utama dalam hal mempengaruhi skala prioritas. Ini dikarenakan pendapatan setiap individu setiap orang berbeda-beda. Semakin besar jumlah pendapatan, maka semakin besar juga dorongan seseorang untuk memenuhi kebutuhannya dengan standar yang lebih tinggi.

  • Status dan Peran dalam Masyarakat

Peran ataupun status seseorang dalam masyarakat tentunya berbeda-beda, ini juga yang membuat perbedaan setiap individu berbeda-beda. Misalkan, prioritas dari orang yang bekerja sebagai pegawai negeri dengan pendapatan yang dihasilkan bulanan berbeda dengan prioritas seorang pedagang dimana pendapatan yang dihasilkannya didapat harian.

  • Status dan Peran dalam Keluarga

Tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya, peran dalam keluarga juga mempengaruhi prioritasnya. Seorang kepala keluarga (ayah atau suami) tentu memiliki prioritas yang berbeda dengan istri dan anaknya. Misalkan, seorang ayah atau suami tentu memiliki prioritas utama untuk menghidupi keluarganya dengan lebih baik dengan bekerja, sementara seorang anaknya memiliki prioritas untuk belajar yang giat untuk menjadi anak yang pintar dan membanggakan kedua orang tuanya.

  • Lingkungan Masyarakat

Dengan lingkungan yang memiliki tingkat ekonomi yang lebih tinggi pastinya memiliki prioritas yang berbeda dengan lingkungan masyarakat ekonomi yang rendah.

Cara Terbaik Menyusun Prioritas!

Untuk menyusun prioritas dengan baik dan benar kamu perlu mempertimbangkan 5 hal ini terlebih dahulu.

  • Atur Tingkat Urgensi

Ini adalah hal yang harus kamu utamakan terlebih dahulu dibandingkan kebutuhan lainnya. Kenapa harus mengutamakan hal ini terlebih dahulu? Dengan memilih yang urgensi terlebih dahulu, kamu akan memiliki waktu lebih untuk mengatur prioritas lainnya.

  • Kemampuan Diri

Jika kamu sudah merencanakan pilihanmu dengan baik dan tepat, namun tidak didukung dengan kemampuan yang sesuai maka hal yang kamu lakukan akan sia-sia. Untuk menentukan prioritas, kamu perlu mengetahui kemampuan diri kamu, mengetahui kemampuan dari segi keahlian, ekonomi atau usaha yang nantinya akan dilakukan. Karena itu kamu juga perlu mengatur kemampuan diri kamu sendiri.

  • Sortir Sesuai Kebutuhan Dari Semua Daftar

Jika kamu sudah memiliki daftar prioritas, maka kamu perlu menyortirnya dan menentukan mana yang menjadi prioritas. Menuntaskan prioritas yang ada terlebih dahulu, jangan menambahkan kebutuhan baru lainnya karena apabila kamu menambahkannya lagi maka akan merusak daftar yang ada.

Baca juga: 5 Langkah Membangun Hidup Minimalis Dengan Kualitas!

  • Pertimbangan Untuk Masa Depan

Masa depan perlu kamu persiapkan sedini mungkin, karena itu kamu perlu mempertimbangkan juga prioritas kebutuhan yang sifatnya jangka panjang.

Jadikan Akseleran Sebagai Prioritas Finansial Untuk Masa Depan Kamu!

Sudah tau kan cara menyusun skala prioritas finansial kamu? Yuk persiapkan prioritas  finansial masa depan bersama Akseleran. Karena di Akseleran kamu dapat membantu para UKM yang membutuhkan dana dalam pengembangan UKMnya.

BLOG100

Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here