Mengenal Lebih Jauh Sejarah Munculnya Hari Pers Nasional

0
308
Hari Pers Nasional

9 Februari adalah hari dimana diperingati sebagai Hari Pers Nasional. Ya pers memang perlu diberikan setidaknya apresiasi terhadap apa yang telah dilakukannya dalam menyebarkan segala macam dan bentuk informasi. Ya di era serba digital seperti sekarang informasi memang semakin mudah untuk didapatkan, namun bukan berarti peran dari pers berkurang karena itu.

Sebagai salah satu kebutuhan pokok dari manusia, informasi memang dapat mempengaruhi kelangsungan hidup seseorang. Sebelum mengenal lebih jauh peran pers dalam penyebaran informasi di Indonesia, terlebih dahulu kamu mengetahui sejarah dari hari pers nasional.

Sejarah Munculnya Hari Pers Nasional

HPN awalnya diselenggarakan untuk merayakan hari jadi dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), ini didasarkan pada keputusan presiden nomor 5 tahun 1985. Keputusan presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari ini menyatakan bahwa pers nasional Indonesia memiliki sejarah untuk memperjuangkan serta memiliki peranan yang penting dalam pelaksanaan pembangunan sebagai pengamalan pancasila. Dewan pers juga kemudian menetapkan HPN ini dilakukan setiap tahun secara bergantian di tiap ibu kota provinsi Indonesia.

Hari Pers Nasional ini biasanya dilaksanakan secara bersama antara pers, masyarakat dan pemerintah. HPN ini awalnya ditetapkan sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985 yang telah digodok, sebagai salah satu butir keputusan kongres ke-28 PWI yang digelar di kota Padang, Sumatera Barat tahun 1978. Kesepakatan itu sesuai dengan yang sudah diatur oleh masyarakat yaitu menetapkan 1 hari khusus untuk memperingati peran dari keberadaan pers nasional. 

Yang terakhir dalam sidang ke-21 dewan pers di bandung pada 19 Februari 1981 akhirnya disetujui oleh Dewan Pers dan disampaikan langsung kepada pemerintah sekaligus menetapkan penyelenggaraan HPN.

Baca juga: Akseleran Untuk Kemajuan UMKM Indonesia

Mengapa Memilih Tanggal 9 Februari Sebagai Hari Pers Nasional?

Sebagian dari para pembaca kadang tentu memiliki pertanyaan mengapa ulang tahun atau HPN jatuh pada 9 Februari. Nah, seperti yang sudah dibicarakan sebelumnya, lahirnya HPN ini tentu terkait dengan PWI. Karena pada 9 Februari bertepatan dengan hari jadinya PWI yang sudah dibentuk sejak tahun 1946. HPN tahun 2020 ini akan diselenggarakan di Provinsi Kalimantan Selatan. 

Agenda Penting Hari Pers Nasional 2020

Dalam acara tersebut banyak agenda penting pada Hari Pers Nasional yang ke-74 tahun 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Banyak menteri di Kabinet Indonesia Maju yang hadir sekaligus menjadi pembicara pada beberapa seminar yang digelar, termasuk juga hadirnya para duta besar negara sahabat. 

Pers selalu mengalami dinamika permasalahannya dari masa ke masa. Tidak hanya pada masa orde baru, namun sebelum orde baru hingga saat ini kebebasan pers kadang menjadi sebuah pertanyaan. Maka dari itu melalui peringatan Hari Pers Nasional ini diharapkan insan pers beserta masyarakatnya juga senantiasa berbenah dan dapat memberikan informasi dengan lebih baik.

Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Melalui Akseleran!

Bagi Anda yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai alternatif investasi dengan imbal hasil hingga 21% per tahun kamu dapat mulai mengembangkan dana di platform P2P Lending Akseleran hanya dengan dari Rp100 ribu saja.

voucher promo akseleran blog blog100

Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]